fbpx

Apa Itu Content Creator? Pengertian dan Cara Kerjanya

Anda sering membuka media sosial seperti , TikTok ataupun ? Saat membuka salah satu dari aplikasi itu, pasti sering melihat orang membagikan atau foto baik di feed atau story mereka. Nah, mereka itulah yang disebut dengan content creator. 

Lantas apakah semua orang yang upload ke media sosial bisa dikatakan sebagai content creator? Tentu tidak, karena content creator tidak sekedar orang yang membuat konten saja. 

Lantas apa yang dimaksud dengan content creator? Apa saja yang ia kerjakan? dan benarkah ia sangat berpengaruh dalam strategi marketing?

Baca juga: Langkah-langkah Sosial Media Marketing [Lengkap]

Apa Itu Content Creator? 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, content creator adalah orang yang membuat konten untuk berbagai platform media sosial. Konten yang dibuat biasanya berupa foto, video, tulisan, ebook, infografik dan sebagainya. 

Mereka biasanya membuat konten-konten tersebut untuk kepentingan pemasaran, hiburan hingga pendidikan. Jenis content creator sendiri juga terbagi menjadi berbagai macam mulai dari penulis, pembicara dan juga visualizer. Sedangkan untuk media atau saluran publikasinya bisa berupa Website, , Inc, media sosial hingga aplikasi. 

Berbeda dengan pengguna medsos biasa, content creator harus bisa menciptakan konten dengan konsep dan tujuan yang jelas. Karena tak sekedar hiburan semata, tujuan mereka kadang juga berkaitan dengan marketing atau awareness. 

Baca juga: Pengertian Tentang Search Engine Marketing

Cara Kerja Content Creator 

Content creator adalah orang yang menghubungkan antara brand dengan target pasar (dalam hal ini audience). Untuk menggaet target, ia menggunakan trik berupa pendekatan intens hingga sangat mengenal audience mereka. Selain itu, content creator juga mempunyai cara sebagai berikut:

  1. Mampu menciptakan konten menarik 
Baca Juga :  Mengenal Visual Code Studio dan Bahasa Pemrograman yang Digunakan

Cara kerja content creator sudah pasti adalah membuat konten. Namun konten yang dimaksud disini adalah konten menarik dan memiliki tujuan untuk mengambil emosi audience. 

  1. Memiliki peran penting dalam pengenalan brand 

Content creator bisa juga dikatakan sebagai duta brand karena membantu dalam hal visibilitas market. Dengan konten yang mereka buat akan membuat citra brand semakin baik sehingga target pasar tercapai. 

  1. Paham trend dan selalu mengikuti apa yang baru 

Content creator dituntut untuk selalu  up to date dan mengikuti trend yang sedang booming. Mereka juga harus pandai dalam menyusun strategi serta selektif dalam menganalisis

  1. Sangat mengenal audience mereka

Content creator juga sangat mengenal audience mereka. Sebagai sasaran target, data audience seperti usia, gender, hobby hingga lokasi harus sangat dipahami oleh content creator. Sehingga ketika nanti menciptakan konten,  audiens akan secara otomatis menyukai bahkan mengikuti karena merasa sejalan. 

Baca juga: 9 Cara Untuk Membuat Konten Mendapatkan Klik Banyak

Tips Menjadi Seorang Content Creator 

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menjadi content creator? Jika iya, scroll ke bawah untuk membaca tips menjadi content creator pada poin di bawah ini! 

  • Pahami Audience 
  • Rajin membaca 
  • Selalu buat konten asli dan unik 
  • Jangan lupa untuk selalu menilai konten buatan sendiri 
  • Buat banyak jejaring bersama content creator lain
  • Selalu ciptakan konten sebagai solusi 
  • Haus pengetahuan 
  • Tulis ide dalam buku 
  • Jangan lupa untuk kurasi konten orang lain 

Jadi itulah pengertian, cara kerja dan bagaimana tips menjadi seorang content creator. Anda yang berniat untuk menekuni bidang ini bisa mempelajarinya secara seksama. 

Intinya menjadi content creator harus memiliki kreativitas tinggi dan kaya akan ide baru dan segar. Anda juga dituntut untuk tidak cepat puas dan mau terus belajar hal baru. Selamat mencoba! 

Baca Juga :  Rekomendasi 10+ Template Wordpress Adsense yang Bisa Kalian Coba!