fbpx

Pengertian Tentang Search Engine Marketing

Dalam sebuah , beriklan merupakan suatu strategi yang harus dijalankan dalam mencapai keberhasilan bisnis tersebut. Dalam menjalankan sebuah iklan ini memang banyak sekali cara yang bisa anda gunakan, mulai dari pasang banner, buat pamflet, atau memanfaatkan media sosial. Bahkan pada saat ini juga anda akan sangat mudah memasang iklan pada perusahaan mesin pencarian seperti ,yahoo, dan bing.

Memasang iklan pada mesin pencarian ini merupakan cara yang memang bisa dibilang efektif untuk meningkatkan conversion dan menumbuhkan atau merek produk anda. Beriklan pada mesin pencarian ini juga sering disebut dengan atau biasa disingkat dengan SEM. Maka pada artikel ini kami akan membahas tentang search engine marketing yang bisa langsung anda praktekan.

Pengertian Tentang Search Engine Marketing

Search engine marketing merupakan salah satu cara untuk alat promosi pada . Dan pada pembahasan artikel kali ini kami akan membahas tentang search engine marketing dan kenapa perlu digunakan?

Apa Maksud dari Search Engine Marketing

Search engine marketing atau biasa disingkat dengan SEM merupakan salah satu strategi marketing dalam meningkatkan visibilitas website pada mesin pencarian. Apabila anda sedang mencari suatu kata kunci di pencarian google anda akan menemukan banyak website-website pada satu halaman pencarian google.

Pada kerja SEM merupakan pemasang iklan yang memilih sebagian kata kunci yang memang berkaitan pada produk yang dijualnya. Dan pada saat orang mencari kata kunci tersebut mesin pencari itu akan menampilkan halaman berbayar pada bagian teratas.

Selain muncul di pencarian teratas SEM juga akan menampilkan iklan anda pada atau website yang sudah bekerja sama dengan advertiser. Pada saat orang-orang mengunjungi website anda tidak semua orang melakukan pembelian. Oleh karena itu google akan menampilkan iklan anda pada aplikasi atau website yang mereka kunjungi setelahnya. Dengan cara seperti itu diharapkan para calon pembeli bisa berkeinginan untuk membeli produk anda.

Perbedaan SEM dengan SEO

Saat anda mendengar istilah SEM, mungkin beberapa orang dari anda akan teringat dengan istilah yang memang agak mirip. Ternyata SEO dengan SEM ini berbeda, perbedaannya terletak di biaya yang dikeluarkan.

Baca Juga :  Konfirmasi Pembayaran Hosting di Dewabiz

Apabila anda menggunakan SEM, anda diharuskan untuk membayar kepada mesin pencari seperti google, yahoo dan bing. Agar bisa menampilkan iklan pada hasil pencarian. Dan untuk SEO anda tidak dikenakan biaya untuk membayar pada mesin pencari.

SEO merupakan cara untuk mengoptimasi yang dilakukan oleh pemilik dari website tersebut supaya bisa muncul pada halaman pertama dari hasil pencarian dan aktivitas tersebut memang alami yang dilakukan oleh pemilik website. Pada mesin pencari hanya melakukan aturannya dalam memberikan hasil pencarian yang terbaik kepada pencari dengan aturan dan faktor yang sudah ditetapkan oleh mesin pencari tersebut.

Menggunakan cara strategi marketing SEM dan SEO ini bisa anda manfaatkan untuk strategi marketing bisnis anda. SEO ini akan berfungsi untuk mendatangkan pengunjung dengan jangka waktu yang panjang untuk website anda, dan SEM akan berfungsi dalam mendorong conversion.

Kenapa Harus Menggunakan SEM?

Bisa Meningkatkan Conversion

Pada pembahasan di atas sudah dijelaskan bahwa SEM ini fokus untuk mendorong conversion. Sedangkan SEO akan lebih fokus pada pengunjung organik dengan berbagai kata kunci yang sesuai pada bisnis anda, SEM akan menargetkan kata kunci yang lebih spesifik. Dalam menggunakan SEM anda harus banyak menggunakan kata kunci yang mempunyai intensi pembelian supaya pengunjung yang datang merupakan pengunjung yang memang berniat untuk membeli. Dengan harapan conversion anda lebih tinggi.

Membangun Brand Awareness

Bukan hanya meningkatkan conversion saja, SEM ini bisa bermanfaat dalam meningkatkan brand awareness pada perusahaan anda. Menurut riset google sebanyak 80 persen SEM bisa meningkatkan brand awareness. Sekalipun tidak di klik, orang-orang akan melihat iklan tersebut pada hasil pencarian sehingga membuat merek anda diingat saat mencari kata kunci yang sama. Dengan SEM ini iklan anda juga bisa muncul pada aplikasi dan website yang bekerja sama dengan google.

Biaya menyesuaikan budget anda

Untuk melakukan iklan pada google yang memang sudah menjadi perusahaan besar kemungkinan orang-orang akan berpikir bahwa biaya iklannya akan besar juga dengan nama google yang sudah menjadi perusahaan ternama. Namun faktanya anda bisa menyesuaikan budget iklan dengan biaya yang bisa murah. Google biasanya memiliki paket yang bisa anda pilih dari yang termurah sampai yang termahal.

Efektif menjangkau pelanggan lokal

Anda bisa menargetkan pelanggan lokal dengan kemungkinan conversionnya lebih tinggi. SEM bisa menargetkan audiens yang lokasinya dekat dengan anda. Apabila anda memiliki toko fisik, dengan SEM ini merupakan langkah yang tepat dalam mengiklankan atau mempromosikan bisnis anda kependuduk lokal. Seperti, menargetkan kata kunci dengan contoh seperti dibawah ini!

  • Laundry di Ciamis
  • Rumah makan di Tasikmalaya
  • Atau toko elektronik di Bandung
Baca Juga :  Inilah 4 Tips SEO WordPress 2019

Dasar-dasar pada Search Engine Marketing (SEM)

1. Riset Keyword

Seperti halnya SEO, SEM juga butuh riset keyword . sebelum anda memilih kata kunci yang akan digunakan untuk strategi SEM, anda harus melakukan riset keyword terlebih dahulu.

Langkah yang harus anda lakukan adalah mengidentifikasi dan membuat sebuah daftar yang isinya kata kunci yang sesuai pada bisnis anda dan mungkin dipakai oleh calon pelanggan saat mencari produk. Cara melakukan riset keyword tersebut bisa dengan google trends, ahrefs, dan ubersuggest.

2. Pengelompokan pada keyword

Apabila anda sudah mendapatkan daftar kata kunci yang memungkinkan potensial dari riset keyword sebelumnya, yang harus anda lakukan selanjutnya adalah membuat suatu struktur kampanye dengan kata kunci yang dikelompokan dalam beberapa kategori.

Untuk membuat strategi SEM jangan pernah anda mendaftarkan keyword yang asal-asalan untuk suatu iklan pada hasil pencarian. Maka kelompokan kata kunci tersebut dengan kategori tertentu. Contohnya apabila anda memiliki pakaian yang menjual macam-macam pakaian seperti celana,jaket,topi dan baju. maka buatlah kata kunci berdasarkan jenis produk.

Pada setiap kelompok kata kunci, masukkanlah kata kunci yang relevan. Contohnya kata kunci seperti celana jeans, celana panjang, celana jeans wanita, celana jeans pria, dan sebagainya. Maka terapkan cara ini pada kelompok kata kunci yang lainnya.

Kesimpulan

Dengan penjelasan yang singkat di atas kami harapkan anda bisa paham tentang search engine marketing ini, mulai dari SEM, manfaat SEM, dan alasan kenapa menggunakan SEM. Kemungkinan penjelasan diatas tidaklah begitu sempurna dan masih banyak kata yang harus diperbaiki. Namun, bagi anda yang ingin tahu tentang gambar search engine marketing penjelasan diatas bisa mendukung untuk menambah pengetahuan anda.

Itulah yang bisa kami bahas pada artikel kali ini, besar harapan dengan pembahasan SEM ini bisa bermanfaat bagi anda yang sudah menjalankan bisnis dan membantu dalam masalah periklanan. Dan jangan lupa dewabiz.com sebagai layanan hosing dan domain murah siap menjadi partner apabila anda membutuhkan hosting dan domain.