fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

9 Daftar Wilayah Jaringan 5G di Indonesia, Siapa Tahu Ada Kota Anda

Wiliam

Perkembangan teknologi yang semakin maju kian memudahkan orang untuk berinteraksi satu sama lain. Salah satu bentuknya lewat penerapan jaringan 5G di Indonesia yang hadir dengan segudang kelebihan untuk pengguna internet. Sebagai informasi, jaringan 5G pun sudah resmi masuk ke Indonesia. Karena itulah, ada beberapa wilayah jaringan 5G di Indonesia yang dapat dinikmati oleh masyarakat Tanah Air.

Menariknya, jaringan 5G mulai beroperasi secara komersial di seluruh Indonesia. Jaringan tersebut bergerak seluler yang berbasis teknologi IMT 2020. Lantaran termasuk teknologi baru, tentunya jaringan 5G akan semakin mendorong kemajuan di dunia digital di Indonesia. Bahkan sudah dipastikan bahwa layanan jaringan 5G lebih cepat dengan kapasitas penggunaan yang jauh lebih besar.

Mana Saja yang Termasuk Wilayah Jaringan 5G di Indonesia?

Sebelum membahas mana saja yang termasuk wilayah jaringan 5G di Indonesia, sudahkah Bizzie mengenal teknologi jaringan tersebut? Sekedar informasi, jaringan 5G adalah representasi jenis jaringan baru yang didesain secara khusus untuk menghubungkan hampir seluruh orang dengan segala sesuatu, termasuk objek, mesin, dan perangkat. Teknologi berupa jaringan 5G ini memberikan kecepatan data puncak yakni multi Gbps yang lebih tinggi.

Selain itu, jaringan 5G juga mempunyai tingkat latensi yang begitu rendah. Dengan jaringan yang mempunyai kapasitas lebih besar, internet jaringan 5G menjadi lebih handal dan mampu memberikan pengalaman kepada pengguna yang lebih seragam. Selain itu, jaringan tersebut jelas memungkinkan pengguna baru tertarik menggunakannya serta dapat menghubungkan industri modern di Indonesia.

Bagi masyarakat biasa, wilayah jaringan 5G di Indonesia mempunyai potensi besar menjadikan kawasan tersebut ke arah yang lebih maju. Sebab jaringan 5G mempunyai potensi yang besar untuk meningkatkan cara pengguna memakai internet dalam aktivitas sehari-hari. Jaringan ini membuat aktivitas online seperti streaming, panggilan video, gaming, dan mendownload berkas jauh lebih lancar dan cepat.

Sekedar informasi, kecepatan rata-rata internet jaringan 5G di Indonesia pada saat ini sebesar 64.3 Mbps untuk kecepatan mendownload. Sedangkan, untuk kecepatan mengunggah atau upload dengan jaringan internet 5G mencapai angka 19.6 Mbps. Walaupun begitu, kecepatan internet di Indonesia masih tergolong lebih rendah daripada negara terdepan, yaitu Korea Selatan yang mempunyai kecepatan 449,31 Mbps untuk download dan 36.1 Mbps untuk upload.

Meskipun jaringan internet 5G di Indonesia belum mencapai tingkat perkembangan seperti di negara lain, pemerintah terus mendorong pengembangan wilayah jaringan 5G di Indonesia dan teknologi tersebut. Dengan begitu, besar harapan semua masyarakat di Indonesia bisa menikmati akses internet yang lebih cepat dan merata. Hal ini akan berpengaruh terhadap aktivitas dan efisiensi dalam kehidupan sehari-hari.

Sampai beberapa waktu lalu, terdapat sejumlah wilayah jaringan 5G di Indonesia yang mempunyai akses ke jaringan tersebut, di antaranya:

1.      Bandung

2.      Jabodetabek

3.      Medan

4.      Batam

5.      Makassar

6.      Denpasar

7.      Surakarta

8.      Surabaya

9.      Balikpapan

Tak hanya kota-kota tersebut, pemerintah Indonesia telah menetapkan rencana pengembangan jaringan 5G yang tertulis dalam Peraturan Menteri. Dalam peraturan tersebut, salah satu rencananya adalah semua ibukota provinsi di kawasan pulau Jawa dan lima tujuan wisata super prioritas akan terhubung dengan jaringan internet 5G. Kelima destinasi yang dimaksud adalah Danau Toba, Labuan Bajo, Borobudur, Mandalika, dan Likupang.

Menurut rencana pemerintah, wilayah jaringan 5G di Indonesia bisa mencakup seluruh daerah pada tahun 2023 ini. Untuk mendukung rencana tersebut, sudah ada beberapa operator seluler yang sudah mendapat izin resmi dari pemerintah agar dapat menyediakan layanan internet 5G secara komersial di Indonesia. Adapun operator yang telah diizinkan menyediakan layanan 5G antara lain:

1. Telkomsel

Provider pertama yang sudah mendapat izin menyediakan jaringan 5G adalah Telkomsel. Terdapat beberapa wilayah jaringan 5G di Indonesia yang sudah terhubung dengan Telkomsel adalah Jabodetabek, termasuk sejumlah kawasan perumahan seperti Pondok Indah, Alam Sutera, Pantai Indah Kapuk, Kelapa Gading, Widya Chandra, dan Bumi Serpong Damai. Telkomsel juga telah menyediakan layanan internet 5G Hotspot di sejumlah gerai GraPARI.

2. XL Axiata

Tak hanya Telkomsel, XL Axiata juga sudah mendapat izin menghadirkan jaringan internet 5G di Indonesia. Namun, provider XL Axiata menawarkan layanan jaringan internet 5G dengan cakupan yang relatif terbatas. Daerah jaringan internet 5G di Indonesia yang disediakan oleh XL Axiata antara lain Bandung, Jl Margonda, kawasan Gedung Sate, Depok, dan sejumlah titik XL Center di beberapa kota yakni Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Bandung.

3. Indosat Ooredoo

Indosat Ooredoo juga siap bersaing dalam menyediakan layanan internet 5G di Indonesia karena sudah mendapatkan izin secara resmi dari pemerintah. Sayangnya cakupan wilayah jaringan 5G di Indonesia untuk Indosat Ooredoo masih tergolong terbatas. Sebab Indosat Ooredoo masih menyediakan jaringan internet 5G di beberapa kota besar saja seperti Makassar, Jakarta, Surabaya, dan Solo.

Meskipun wilayah cakupan jaringan 5G di Indonesia akan semakin diperluas, tampaknya jaringan tersebut tidak menjadi pengganti dari 4G. Mengingat, pemerintah Indonesia masih aktif meminta pihak operator mengganti jaringan lama yakni 3G menjadi 4G. Oleh sebab itu, Bizzie yang berencana membeli ponsel dengan sinyal 4G tak masalah lantaran layanannya masih bertahan lama.

Itulah pembahasan seputar dimana saja wilayah jaringan 5G di Indonesia yang disediakan juga oleh beberapa operator di Tanah Air. Bagi Bizzie yang ingin merasakan kecepatan 5G tak ada salahnya mengganti kartunya sekarang juga. 

Baca Juga