fbpx

Apa itu Flowchart? Pengertian,Fungsi dan Jenisnya

Anda pasti ingin tahu apa itu ? ,fungsi dan jenisnya pada di jaman sekarang. Flowchart adalah yang mendefinisikan proses, sistem, atau algoritma dan . Flowchart banyak digunakan di berbagai bidang untuk mendokumentasikan, memeriksa, merencanakan, dan meningkatkan proses suatu sistem.

Flowchart umumnya terdiri dari simbol-simbol flowchart seperti bentuk bangunan dua dimensi. Simbol-simbol tersebut kemudian dituangkan dalam diagram yang detail dan jelas.Salah satu bentuk simbol flowchart yang paling umum adalah persegi panjang, oval, dan panah. Simbol ini mendefinisikan langkah-langkah bersama dengan panah yang menentukan jalan.

Simbol ini mendefinisikan langkah-langkah bersama dengan panah yang menentukan jalan. Flowchart dapat berkisar dari diagram sederhana yang digambar dengan tangan hingga diagram komputer yang kompleks dari banyak proses, langkah, dan alur kerja.Flowchart ini juga merupakan salah satu flowchart yang paling banyak digunakan, banyak digunakan oleh orang-orang di berbagai bidang.

Untuk membuat flowchart, Anda perlu melakukan analisis langkah demi langkah dari semua langkah dan proses yang perlu diikuti dengan prosedur yang benar.Pada dasarnya, fungsi utama dari flowchart adalah untuk menggambarkan setiap proses yang ada dalam suatu sistem.

Berikut beberapa fungsi flowchart yaitu :

1. Kelola alur kerja sesuai dengan namanya,

Salah satu fungsi dari flowchart adalah untuk mengatur alur kerja atau workflow yang ada pada suatu sistem dan proyek. Bagan alur membantu Anda mengelola integritas dan validitas proses dan sistem ini.

Baca Juga :  Cara Instal Theme WordPress Melalui Dashboard dan Manual Zip

2. Dokumentasi

proses Fungsi lain dari flowchart adalah dokumentasi dan penyimpanan semua proses yang berlangsung dalam suatu sistem dan proyek. Diagram alur adalah alat yang baik untuk memenuhi semua dokumentasi dan penyimpanan tersebut karena lebih efisien dan terorganisir.

Baca Juga Berikut : Manfaat SEO secara Umum untuk Blogger Pemula

3. Lakukan perbaikan proses

Selain untuk mengatur alur kerja dan proses pendokumentasian, flowchart juga biasa digunakan untuk mengungkap kelemahan dan kekurangan dalam sebuah proyek. Cara diagram alur membantu proses ini adalah dengan memecah setiap langkah dalam sistem menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan lebih rinci. Ini memudahkan Anda untuk menemukan dan memperbaiki serta memperbarui bagian yang tidak berfungsi dengan benar.

Flowchartnya sendiri juga memiliki jenis yang berbeda-beda, lebih spesifik tergantung subjeknya.

Berikut adalah jenis diagram alur yaitu :

1. Bagan Alir Sistem

Sekarang jenis flowchart ini dapat didefinisikan sebagai diagram yang menunjukkan keseluruhan alur kerja suatu sistem. Selain itu, diagram alir sistem juga menggambarkan urutan dan detail dari setiap prosedur dan proses dalam sistem.

2. Bagan Alir Dokumen

Bagan alir dokumen, juga sering disebut sebagai bagan alir kertas, adalah diagram yang digunakan untuk menelusuri aliran bentuk dari satu bagian ke bagian lain. Bagan alir menunjukkan alur dari satu bagian ke bagian lain, termasuk memproses, merekam, dan menyimpan laporan.

3. Bagan Alir skema

Flowchart ini sebenarnya hampir mirip dengan sistem flowchart. Tugasnya adalah untuk menggambarkan proses dalam sistem dan jaringan.Yang membedakan kedua flowchart tersebut adalah simbol yang digunakan. Pada flowchart skema terdapat gambar komputer dan perangkat digital lainnya. Tujuan dari simbol-simbol tersebut adalah untuk memudahkan komunikasi dengan orang-orang yang belum memahami simbol-simbol flowchart.

Baca Juga :  Begini Panduan Cara Instal Candy CBT di Cpanel Hosting

4. Bagan Alir Program

Diagram alir program mewakili aliran saat menulis program atau algoritma. Fungsinya untuk menggambarkan proses dengan cepat saat berkolaborasi dengan orang lain. Flowchart pemrograman ini juga menganalisis logika di balik program untuk memproses kode pemrograman. Diagram alur pemrograman dapat bekerja dengan cara yang berbeda.

Misalnya menganalisis kode, memvisualisasikannya, mengerjakannya, dan membantu mengetahui struktur untuk melihat bagaimana pengguna menavigasi dalam suatu alat. Itulah apa itu flowchart?pengertian,fungsi dan jenisnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca Juga Artikel Berikut : Apa itu SEO Off Page? Pengertian, Manfaat dan Cara Optimasinya