fbpx

Mengapa Nama Domain di Internet itu Penting?

Ketika berselancar di , tentu Anda tak akan asing dengan istilah domain. Jadi apa sebenarnya domain itu? Apakah nama domain penting? Penasaran? Simak penjelasannya berikut ini.  

Apa Itu Domain?

Nama domain merupakan nama unik yang digunakan untuk mengingat dan mengidentifikasi server komputer. Nama domain dianggap sebagai sebuah identitas  yang digunakan untuk menampilkan fungsi teknis agar memberikan kemudahan kepada pengguna internet.

Saat memutuskan memasuki dunia berbasis online, baik sebagai content creator, memulai , promosi dan pengenalan lembaga dan lain-lain, pasti anda membutuhkan sebuah wadah untuk menampungnya. Nah, dalam internet dapat berupa atau .

Dalam website ada sebuah istilah yang disebut sebagai domain. Nama domain biasa disebut juga alamat website.  Nah, website ini dapat dianalogikan sebagai rumah anda di dunia maya. 

Sama seperti rumah pada umumnya, pasti ada istilah alamat atau jalan yang menspesifikkan letak rumah tersebut. Begitu pula dengan website yang anda miliki, ada sebuah alamat yang digunakan agar para pengunjung mengetahui cara berkunjung ke rumah anda. 

Seperti Apa Cara Kerja Domain?

Alamat dalam internet ini dahulu berupa kombinasi angka panjang yang dipisahkan titik dan disebut sebagai alamat Internet Protokol (IP). Kalau dalam dunia nyata serupa dengan titik ordinat. 

Namun, seiring berjalannya waktu, kombinasi angka ini kemudian dapat diwakili dengan sebuah atau sekumpulan kata untuk memudahkan pengunjung untuk berkunjung ke website anda. Contohnya .co.id,  gmail.Com dan sebagainya. 

Alamat yang mulanya berupa angka yang sulit diingat dan kemungkinan dapat tertukar dengan alamat website lain, kini dapat dikonversi menjadi kata yang lebih mudah diingat dan diidentifikasi. 

Nah nama inilah yang disebut sebagai nama domain. Yang mana nama domain ini berupa nama unik yang menjadi identitas website anda. Agar mudah dikenali, baiknya nama domain harus disinkronkan dengan visi dan misi, isi dan tujuan website yang anda miliki. 

Baca Juga :  Apa itu Histats? Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya

Cara kerjanya kurang lebih seperti ini. Pengunjung akan memasukkan nama domain ke mesin pencariannya, kemudian server pada komputernya akan mengirimkan sekumpulan server yang dinamakan SND atau Sistem Nama Domain. Lalu SND akan memberikan respon dengan memberikan alamat IP yang berupa kombinasi angka ke komputer pengunjung. Dan akhirnya pengunjung akan sampai pada website anda. 

Pentingnya Nama Domain di Internet

Dari ulasan di atas, tampaknya pembaca sedikit mulai memahami pentingnya nama domain di internet. Namun, selain itu, masih banyak alasan lain yang membuat nama domain itu penting dimiliki, bukan hanya untuk website pribadi, website bisnis maupun lembaga juga penting memilikinya. Berikut informasinya:

1. Mengikuti Perkembangan Zaman

Zaman yang kian lama kian berkembang membuat manusia perlu upaya untuk beradaptasi agar mampu bertahan dan bersaing. Reformasi yang berkembang pesatpun perlu diikuti oleh kepekaan akan hal tersebut. 

Saat ini, sudah hampir seluruh aktivitas manusia memanfaatkan dunia maya. Informasi yang mulanya hanya dapat diperoleh melalui media cetak kini dapat diakses hanya dengan sekali klik.   Dan tentu anda juga perlu beradaptasi dengan hal ini.

Baik pendidikan, belanja, kesehatan dan aspek lainnya mulai menggunakan website untuk berbagi informasi. Jika anda tidak mulai menyesuaikan diri maka brand yang anda rintis bisa saja tenggelam dan tak dikenal khalayak. 

Baca Juga : Ekstensi Domain: Pengertian, Jenis-jenis, dan Fungsinya

2. Media Promosi dan Pemasaran

Di era yang serba digital ini, semua orang  mulai beralih menggunakan akses internet sebab lebih mudah dan cepat, tak terkecuali pada transaksi jual beli. Banyak pengusaha yang mulai melebarkan sayap dengan melakukan penjualan secara online sebab jangkauan lebih besar jika dibandingkan dengan hanya berjualan secara offline.

Baca Juga :  Apa Itu SSID? Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Settingnya

Dalam memulai , tentu perlu melalui banyak tahapan agar produk yang ditawarkan dapat diketahui dan diakses oleh konsumen. Salah satunya dengan membuat katalog yang dapat memudahkan konsumen mengetahui harga dan cara pembayaran  produk yang anda tawarkan.

 Cara yang sering digunakan dalam pembuatan katalog adalah melalui website. Dengan menggunakan nama domain, orang-orang akan mudah mengingat dan kemungkinan akan mengunjungi websitemu kembali ketika ingin repeat order. 

3. Akan Terlihat lebih Profesional 

Dengan menggunakan website, brand yang anda rintis secara online  akan terlihat lebih profesional,  apalagi ketika menggunakan nama domain. Anda akan terlihat profesional dalam hal komunikasi dan pelayanan di sebuah situs. Yang pada akhirnya akan berdampak positif terhadap reputasi brand anda. 

4. Membangun Kepercayaan Pengunjung

Nama domain yang diperoleh dengan mengeluarkan effort  berupa mengeluarkan sejumlah biaya akan membuat calon yakin akan brand anda. Dimana keseriusan anda dalam merintis akan lebih terbukti. Hal ini akan membangun citra atau image brand yang positif. 

5. Memberikan Ruang pada Brand anda untuk Berekspresi

Dengan memiliki nama domain sendiri, anda bebas berekspresi dan menarik perhatian pengunjung. Nama domain yang unik dan mampu menggambarkan secara garis besar tentang brand anda akan menjadi nilai jual tersendiri. 

Menggunakan nama domain yang menarik dan bagus juga dapat meningkatkan traffic atau total pengunjung yang masuk dalam website anda. Semakin banyak yang berkunjung, semakin dikenal brand anda, akan semakin besar pula brand yang anda miliki. 

Lantas, bagaimana cara mendapatkan nama domain? Di Indonesia sendiri, tak sedikit platform yang mulai menawarkan layanan untuk mendaftarkan nama domain dengan harga yang cukup terjangkau. Anda dapat menyewa layanan domain ini sesuai jangka waktu yang anda inginkan dan dapat diperpanjang. 

Demikian sedikit ulasan terkait pentingnya nama domain di internet. Terakhir, agar tak hilang dari peradaban, Anda perlu beradaptasi dan melihat semua peluang.

Baca Juga : Cara Menghubungkan Domain ke Hosting dengan 2 Langkah Mudah!