fbpx

Langkah-langkah Sosial Media Marketing [Lengkap]

.com. – Sosial Media Marketing. Pada saat ini, sosial media tidak akan lagi dipandang sebelah mata untuk strategi pemasaran. Pasalnya, pada sosial media itu kaya dengan beragam hobi dan karakter. Bahwa untuk saat ini sosial media sangat diperhitungkan bagi citra perusahaan dan memperkenalkan produk dan jasa yang dilayani.

Dengan banyaknya sosial media dan sangat digemari oleh banyak kalangan baik anak-anak maupun orang dewasa. Maka dengan itulah sosial media sekarang telah menjadi ujung tombak untuk sebuah strategi marketing. Oleh karena itu, anda sebagai pelaku pada era digital ini sangat wajib bagi anda untuk belajar dan menguasai sosial media marketing. Karena dengan sosial media marketing inilah anda bisa menemukan konsumen yang tepat dan tertarget.

Pengertian Sosial Media Marketing 

Pada saat ini siapa sih yang gak tahu facebook, instagram, twitter, dan media sosial lainnya. Media sosial yang disebutkan tadi bisa anda gunakan untuk membuat sebuah iklan pada platform media tersebut. Jadi social media marketing merupakan suatu produk yang dipromosikan pada platform sosial media untuk mendapatkan konsumen yang tepat dengan strategi marketing yang tepat.

Definisi sederhana untuk sosial media marketing ini adalah suatu kegiatan yang mempromosikan jasa atau produk pada platform sosial media. Namun untuk menjalankan sebuah pada sosial media harus mempunyai ilmu dan strategi yang lengkap. Karena percuma apabila anda membuat akun bisnis namun tidak bisa menjalankan akun itu tepat sasaran, bisa jadi angka kerugian selalu menghantui anda.

Media Sosial yang Populer 

Apabila anda akan menjalankan sebuah strategi marketing pada media sosial, alangkah baiknya anda melakukan kajian suatu informasi dalam penggunaan dan kepopuleran media sosial di Indonesia. Sekalipun media sosial ini merupakan skala global dan tidak kenal dengan perbatasan geografis, namun kepopuleran dari setiap negara untuk suatu media sosial berbeda – beda. Apabila menjadi sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia, tapi tidak untuk di korea selatan. Maka dengan data seperti kita harus memahami betul tentang informasi penggunaan media sosial ini.

Baca Juga :  Cara Membuat Blog Berbahasa Inggris Paling Mudah dan Cepat

Pada tahun 2018 We Are Social memberikan data, bahwa media sosial yang paling populer di Indonesia ada 10 platform diantaranya sebagai berikut!

  • YouTube
  • Facebook
  • WhastApp
  • Instagram
  • LINE
  • BBM
  • Twitter
  • +
  • FB Messenger
  • LinkedIn

Itulah media sosial yang paling populer di Indonesia pada tahun 2018 .

Dalam menjalankan sosial media marketing anda tidak perlu melakukan promosi disemua platform diatas, cukup satu saja yang menjadi fokus anda untuk pemasaran produk dan jasa. Oleh karena itu, penting sekali anda untuk melihat data-data dari platform media sosial diatas dan melakukan kecocok media sosial dengan produk dan layanan yang anda promosikan. Dengan anda melakukan sebuah riset mengumpulkan data seperti ini, diharapkan bisa memberikan suatu promosi yang tepat sasaran pada calon konsumen untuk produk dan jasa anda.

Strategi Pemasaran di Media Sosial

Melakukan suatu tindakan apapun harus dengan strategi, apalagi ini akan melakukan suatu pemasaran layanan atau suatu produk. Maka anda harus merancang dan membuat suatu strategi untuk mengelola media sosial sebagai alat pemasaran bisnis anda. Mengelola dan menjalankan media sosial tanpa strategi apapun itu tidak akan mendapatkan hasil yang positif dan hasil yang akan anda dapatkan adalah hasil negatif. Oleh sebab itu, menjalankan suatu bisnis pada media sosial harus merancang, menyusun, dan membuat suatu strategi yang matang, agar nanti saat dijalankan bisa tepat sasaran dalam mempromosikan suatu jasa dan produk.

Berikut ini untuk menjalankan strategi marketing pada media sosial

1. Riset Pengguna Sosial Media

Diatas sudah kami singgung bahwa untuk memulai strategi marketing ini harus melalui riset terlebih dahulu. Dan juga harus mengenal produk dan jasa anda. Apakah jasanya itu untuk kalangan dewasa, remaja, atau anak-anak. Apabila anda juga mempunyai produk harus mengenal dulu produknya disasarkan kepada siapa, apakah diberikan kepada orang dewasa, remaja, atau anak-anak.

Maka disinilah pentingnya suatu riset sosial media, karena sosial media tidak digunakan oleh semua kalangan, contohnya, apabila facebook itu dominannya digunakan oleh orang dewasa, maka anda harus mempromosikan produk untuk orang dewasa bukan produk untuk anak-anak. Begitupun pada media sosial yang lainnya.

Oleh sebab itu, riset ini sangat penting untuk dilakukan, supaya anda nanti pada saat mempromosikan barang dan jasa anda tidak melenceng dan tepat sasaran. Apabila target promosi itu telah tepat sasaran maka produk anda 70% persen akan diminati.

Baca Juga :  Cara Membuat Website Sekolah Termudah

2. Buat Tujuan Marketing

Sebagus apapun strategi dan selengkap apapun data yang telah anda punya, maka itu tidak akan berarti apabila anda tidak mempunyai suatu tujuan marketing yang jelas. Sebelum memulai suatu kampanye atau promosi pada sosial media, sebaiknya anda membuat suatu capaian yang ingin anda raih pada saat mempromosikan bisnis anda.

Tujuan yang telah disusun akan menjadi suatu acuan dan aturan agar strategi sosial media marketing anda yang terarah dan meraih suatu kesuksesan. Mungkin bagi sebagian orang ada yang bingung untuk membuat tujuan apa yang harus didapatkan karena belum tahu medan. Tapi alangkah baiknya, dengan data yang besar pada media sosial dan ada suatu riset bahwa 87.13 persen waktu yang dihapus di pada penggunaan sosial media ini.

Oleh sebab itu, anda harus memanfaatkan data ini untuk membangun suatu produk dan bisnis anda. Baru lama kelamaan anda juga akan tahu tujuan apa selanjutnya yang harus dicapai pada sosial media marketing ini.

3. Menggunakan Metrik yang Jelas

Penggunaan metrik ini untuk suatu evaluasi pada sosial media marketing anda. Dengan menggunakan metrik anda akan tahu berapa persen tujuan anda pada sosial media marketing yang diraih. Metrik pada penggunaan promosi atau suatu kampanye media sosial terbagi menjadi 3 bagian

1. Reach

Reach ini merupakan para user yang melihat postingan anda

2. Engagement

Engagement merupakan banyak tidaknya suatu interaksi pada postingan atau konten yang anda buat.

3. Hashtag dan Keyword

Penggunaan hastag dan tertentu untuk performa konten anda di sosial media

4. Riset Pada Kompetitor

Selain riset pada pengguna sosial media, anda juga perlu melihat dan melakukan riset pada kompetitor anda. Dengan melakukan suatu riset ini diharapkan bisa memenangkan pada kompetisi sosial media marketing.

Maka apabila anda belum melakukan riset ini, cobalah sekarang anda action dan terapkan strategi yang berbeda dengan yang lainnya.

5. Buatlah Konten yang Relevan

Langkah selanjutnya setelah anda riset dari berbagai kalangan media sosial.  Saatnya anda membuat suatu konten yang relevan serta menarik untuk mempromosikan produk dan layanan anda. Konten-konten yang relevan dan menarik biasanya akan menjadi magnet untuk audience membeli produk atau menggunakan jasa anda.

Itulah langkah-langkah untuk strategi pemasaran pada sosial media, semoga bisa membantu anda dalam menjalankan bisnis pada era digital ini.