fbpx

Pengertian Konten Marketing dan Cara Kerjanya

Konten , dikalangan para pebisnis ada istilah yang mengatakan bahwa “content is king” yang bisa diartikan oleh kita “konten adalah raja” . Sebenarnya apa yang dimaksud konten adalah raja tersebut?

Sangat wajar sekali kalau dikalangan para pebisnis online konten merupakan raja. konten yang dimaksud ini adalah konten yang menyampaikan pesan atau memberikan informasi yang akurat dan jelas serta audiens bisa tertarik untuk melihat serta mereka bisa membeli atau menggunakan produk dan jasa kita. Jadi dalam hal ini bahwa konten ini sangat sekali diperlukan dalam bidang marketing apapun.

Coba bayangkan, apabila anda mempunyai sebuah produk dan ingin di pasarkan di dunia namun anda tidak membuat konten yang menarik untuk memikat audiens apakah produk itu akan tersampaikan dan mereka tahu? Mungkin untuk sekedar tahu tentang produk itu mereka tahu dan melihat, tapi informasi untuk produk itu tidak tersampaikan dengan secara komprehensif.

Atau begini, apabila anda menggunakan marketing namun kontennya tidak ada atau tak teratur, maka SEO itu akan tersia-siakan. Jadi apapun itu bentuk marketingnya baik untuk jualan, website news, dan lain sebagainya, bahwa konten inilah yang akan menghidupkan dan mematikan -bisnis tersebut.

Apa sebenarnya content marketing itu?

Setelah diatas tadi disampaikan tentang konten, maka untuk selanjutnya anda harus paham tentang content marketing yang  akan dipakai oleh anda untuk memikat para pelanggan anda. Ada yang mengatakan bahwa konten marketing merupakan cara marketing atau teknik marketing yang melibatkan berbagai elemen pembuat dan distributor konten yang penting, relevan, dan konsisten dengan tujuan menarik audiens untuk dikonversikan mereka menjadi .

Bisa disederhanakan oleh kita, bahwa tujuan content marketing itu membuat sebuah informasi yang relevan dan jelas sehingga bisa mendatangkan konsumen. Atau apapun itu anda semua pasti paham, dan pada intinya konten marketing ini harus mendatangkan konsumen.

Perlu anda tahu, bahwa pada content marketing ini terdapat 2 bagian yang memang sangat penting untuk anda kuasai dan jalankan. Bagian itu adalah relevan dan konsisten, apabila anda ingin memasarkan sesuatu barang atau jasa maka buatlah content marketing yang relevan dengan bisnis anda dan jangan sekali-kali membuat sebuah konten yang sembarang yang tak relevan sekalipun itu akan menarik daya konsumen. Konten yang relevan itu adalah konten yang memang berhubungan dengan produk dan jasa anda. Misalnya bisnis anda adalah pedagang kopi asli indonesia, maka buatlah konten yang memang ada kaitannya dengan kopi.

Baca Juga :  Metode-Metode Mudah Dalam Membuat Website Untuk Pemula

Dalam membuat sebuah konten yang relevan, cobalah anda untuk membuat mengurutkan konten yang dari terpenting sampai yang tidak penting untuk dibaca atau dilihat oleh target konsumen anda. Dan bisa membuat sebuah jadwal atau urutan konten yang prioritas dan yang tidak prioritas.

Konsisten, setelah anda membuat konten-konten pemasaran yang relevan maka anda harus konsisten membuat itu. Karena anda tidak bisa mengandalkan 1 konten saja untuk memikat audiens tersebut. Membuat content marketing itu harus banyak sampai orang-orang dan anda bisa mendapatkan manfaat dari banyaknya konten-konten marketing yang anda buat secara konsisten. Dan menurut kami, konsisten inilah yang memang susah untuk dijalankan oleh para pebisnis online.

Bagian kedua content marketing adalah tujuan yang tercapai yakni mendatangkan konsumen. Harus dievaluasi kembali, bahwa anda membuat sebuah konten bukan hanya memberikan informasi dan menghibur para audiens. Tapi konten-konten itu harus menggerakan para audiens untuk membeli produk dan jasa anda. Tanpa tujuan ini konten anda akan sangat tidak bermanfaat untuk profit-profit bisnis anda dalam marketing. Karena dalam marketing, anda menjual orang lain membeli.

Bentuk – bentuk untuk Content Marketing

Berikut ini kami akan sajikan untuk anda bisa gunakan dalam menjalankan bisnis dan membuat sebuah konten marketing yang relevan dan konsisten.

Ebook 

Ebook ini bisa anda manfaatkan untuk keperluan content marketing, karena tidak jarang banyak sekali para pebisnis harus menggunakan ebook untuk membuat sebuah content marketing yang panjang dan dijelaskan secara gamblang disana apakah itu berupa teknik dan produk. Namun biasanya orang yang membuat content marketing dalam bentuk ebook ini adalah mereka yang menawarkan jasa atau pelatihan-pelatihan yang memang pelatihan itu dalam bentuk bisnis juga. Cara menggunakan ebook ini anda membuat sebuah persyaratan apakah itu berupa atau yang lainnya, yang penting anda mendapatkan data mereka untuk dikonversi dimasa yang akan datang.

Blog 

Alat content marketing yang sering digunakan adalah . platform ini memang akan bisa membuat banyak content marketing untuk diinformasikan dalam bentuk artikel. Selain itu, bahwa membuat content marketing dengan blog ini artikel anda akan bertahan kurang lebih 1 tahun dibandingkan bentuk-bentuk konten yang lainnya.

Baca Juga :  Semrush vs Ahrefs vs Moz - Mana yang Lebih Baik?

Email 

Alat untuk content marketing dengan email sudah digunakan dari dulu dan dengan bentuk email content marketing ini terbilang efektif dan efisien dibandingkan dengan media lainnya seperti twitter dan facebook. Bentuk-bentuk untuk pemasaran dalam email ini beragam caranya, ada newsletter, email, dan promosi ebook.

Video 

Dalam penggunaan video untuk sebuah content marketing akan menghabiskan waktu yang lebih lama untuk para audiens. Namun penggunaan video ini untuk sebuah content marketing ini lebih banyak disukai, karena mereka tidak usah membaca dan mereka hanya diminta untuk mendengarkannya. Video ini bisa dipublikasikan di facebook, youtube, atau blog.

Sosial Media 

Bentuk content marketing di dalam sosial media ini cakupannya sangat luas dan beragam. Namun apabila anda sudah memahami tentang sosial media, efektivitas untuk marketing anda akan terasa manfaatnya.

Itulah bentuk-bentuk content marketing yang bisa anda gunakan dalam membuat sebuah pemasaran yang efektif dan efisien untuk sebuah produk dan jasa anda. Selain itu, anda juga tida perlu menggunakan semua bentuk content marketing ini. Tapi saran kami anda kuasai satu content marketing diatas agar anda fokus dan konsisten.

Pentingnya Content Marketing Untuk Bisnis

Content marketing memang bukan istilah baru di dunia , namun dinegara indonesia ini masih rendah tingkat kepopuleran content marketing dibandingkan dengan negara lain.

Ada 6 poin yang memang menjadi sebuah alasan mengapa anda harus menggunakan teknik content marketing diantaranya adalah sebagai berikut!

Investasi Untuk Jangka Panjang 

Contents marketing bisa bertahan bertahun-tahun untuk anda, karena content marketing tidak mati oleh waktu selama content itu masih relevan dengan produk anda.

Meningkatkan Pada Brand Awareness Bisnis Anda

Apabila anda membuat sebuah konten, berarti anda memberikan informasi kepada pembaca atau audiens

Bisa Mendapatkan Kepercayaan Konsumen

Dengan membuat sebuah content marketing berarti anda memberikan informasi. Dan biasanya para pembeli akan mencari tahu informasi produk di internet atau mesin pencarian

Selain itu, anda juga akan mendapatkan manfaat seperti, mendapatkan lebih banyak pengunjung, meningkatkan kualitas SEO, dan Konversi para pelanggan.

Itulah seputar pembahasan tentang content marketing beserta bentuk – bentuknya. Dan perlu anda tahu bahwa dewabiz.com siap menjadi partner anda untuk membuat sebuah content marketing yang berkualitas.