fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Technology

Begini Cara Mengatasi Sinyal Indosat Hilang dengan Mudah

Rianda

Saat ini aktivitas manusia telah beralih menjadi daring atau online. Baik pekerjaan, sekolah, kuliah hingga belanja dan lain sebagainya. Oleh sebab itu sinyal merupakan salah satu penunjang dalam melakukan aktivitas. Namun akan repot jika sinyal hilang padahal sedang sangat dibutuhkan. Bagi pengguna Indosat, ada beberapa cara mengatasi sinyal Indosat hilang.

Namun sebelum mempraktikkan cara mengatasi sinyal Indosat yang hilang, baiknya ketahui terlebih dahulu penyebab hilangnya sinyal. Hal ini dilakukan agar penanganan yang dilakukan tepat. Berikut penjelasannya lebih lengkapnya:

Penyebab Sinyal Hilang

Perlu diketahui bahwa sinyal yang hilang memiliki berbagai penyebab yang menyertainya. Berikut beberapa penyebab sinyal indosat yang hilang:

  • Adanya perbaikan jaringan.
  • Sedang terjadi cuaca buruk.
  • Aliran listrik yang padam.
  • Pemasangan sim card yang kurang pas.
  • Kerusakan sistem perangkat.

Cara Mengatasi Sinyal Indosat Yang Hilang

Setelah mengetahui penyebabnya, barulah dapat dilakukan tindakan yang tepat untuk mencoba memperbaiki sinyal yang hilang. Berikut ini merupakan beberapa cara mengatasi sinyal Indosat hilang yang dapat dilakukan:

1. Cari Tahu Apakah Ada Perbaikan Jaringan Atau Tidak

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu mencari tahu apakah sedang ada perbaikan jaringan atau tidak. Jika masalah sinyal hilang disebabkan oleh adanya perbaikan jaringan dari pusat, maka satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah menunggu hingga jaringan selesai diperbaiki. Setelah jaringan selesai diperbaiki biasanya sinyal dapat berjalan dengan lancar lagi.

2. Hidup Matikan Mode Pesawat

Jika ternyata tidak ada perbaikan jaringan maka cobalah dengan cara menghidupkan lalu mematikan fitur mode pesawat yang ada pada perangkat. Cara ini fungsinya untuk merefresh jaringan pada perangkat. Lakukan cara ini hingga sinyal muncul kembali. Cara ini biasanya cukup ampuh, maka pengguna Indosat perlu mencobanya.

3. Ubah APN Indosat

Hilangnya sinyal biasanya juga dapat diakibatkan karena salah dalam membuat setting APN. Untuk memperbaikinya cobalah untuk mengembalikan APN ke pengaturan default. Adapun pengaturan default APN untuk jaringan Indosat sebagai berikut:

APN INDOSAT 4G

  • Name APN: INDOSAT.
  • APN Akses: internet.
  • Proxy: kosongkan.
  • Port: kosongkan.
  • Username: kosongkan.
  • Password: kosongkan.

APN INDOSAT DEFAULT

  • Name APN: ISAT WAP.
  • APN Akses: internet.
  • Proxy: kosongkan.
  • Port: kosongkan.
  • Username: indosat.
  • Password: indosat.

4. Kunci Jaringan 4G

Apabila sinyal INDOSAT hilang pengguna dapat mengunci jaringan dengan menggunakan kode tertentu. Adapun cara menguncinya dengan ketik pada dial kode *#*#4636#*#* setelah itu akan muncul pilihan dan pilihlah Enable 4G. Jika tidak bisa menggunakan kode ini, pengguna bisa mencoba kode *#673644# lalu hidupkan 4G.

5. Disable Kartu SIM

Cara mengatasi sinyal INDOSAT hilang juga dapat dilakukan dengan disable kartu SIM. Caranya cukup mudah, pengguna hanya perlu masuk ke menu “pengaturan” kemudian cari menu “koneksi”. Setelah itu pilih menu “pengelolaan kartu SIM” selanjutnya geser tombol untuk disable kemudian geser lagi untuk enable kartu SIM. Tujuannya agar sinyal kembali refresh.

6. Restart Perangkat

Penyebab sinyal hilang bisa saja berasal dari sistem perangkat yang error. Cara paling mudah untuk mengatasi hal ini yaitu dengan restart perangkat yang digunakan. Dengan restart perangkat maka seluruh sistem operasi akan ditutup dan dihidupkan kembali, sehingga error yang terjadi akan diperbarui termasuk sinyal yang hilang akan muncul kembali.

7. Cek Kartu SIM

Sinyal hilang bisa diakibatkan karena kartu SIM yang digunakan telah rusak, sehingga tidak terdeteksi oleh perangkat. Jika hal ini yang terjadi, maka lakukanlah pergantian kartu. Bisa dengan langsung membeli kartu baru di konter terdekat. Namun jika tidak ingin mengganti nomor maka ganti kartunya saja dengan mengunjungi gerai INDOSAT.

8. Hubungi Call Center Atau Datangi Gerai INDOSAT

Jika berbagai cara di atas telah dilakukan namun sinyal belum juga muncul. Langkah terakhir yaitu dengan menghubungi call center INDOSAT untuk menanyakan mengapa sinyal INDOSAT hilang. Nanti pihak call center akan membantu dalam menyelesaikan masalah yang terjadi.

Demikianlah beberapa cara mengatasi sinyal INDOSAT hilang yang dapat dilakukan. Pertama cari tahu terlebih dahulu penyebab hilangnya sinyal agar kemudian dapat diatasi dengan cara yang tepat. 

Baca Juga