fbpx

Inilah Cara Membuat Custom Type WordPress

Adanya memberikan kemungkinan bagi bizzie melakukan kategori pada setiap sebagai halaman dan posting. Secara umum, dengan melakukan cara wordpress sudah cukup memudahkan bizzie untuk merapikan isi website. 

Namun, saat ini ada satu pertanyaan yang sering muncul yaitu bagaimana ketika bizzie terdiri dari beberapa konten? Untuk jawaban tepatnya yaitu bizzie bisa melakukan pengelompokan konten supaya menjadi satu jenis. 

Maka dari itu, supaya tetap tertata rapi bizzie bisa melakukan cara membuat custom type wordpress. Saat ini banyak sekali cara membuat custom type wordpress yang bisa dipilih dan digunakan oleh bizzie. 

Pada kesempatan kali ini juga akan dibahas mengenai cara membuat custom type wordpress. Sedangkan untuk bizzie yang penasaran dengan beberapa caranya bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini. 

Cara Membuat Custom Type WordPress Secara Mudah dan Cepat 

Saat ini ada dua cara membuat custom type wordpress yang bisa dipilih oleh bizzie. Cara membuat custom type wordpress yang pertama bisa dengan bantuan dan manual. 

Dengan adanya dua cara tersebut bisa mempermudah bizzie untuk membuat custom type pada wordpress. Selain itu, untuk langkah-langkah yang dilakukan juga tidak panjang dan hanya membutuhkan beberapa pengaturan saja. 

Akan tetapi, kedua cara membuat custom type wordpress mempunyai kekurangan masing-masing Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai cara membuat custom type wordpress adalah:

1. Cara Membuat Custom Type WordPress Menggunakan Plugin 

Seperti yang sudah disebutkan pada sebelumnya, bahwa untuk cara membuat custom type wordpress bisa menggunakan plugin. Ketika menggunakan cara tersebut ada satu format yang dapat digunakan yaitu custom post type UI. 

Saat ini banyak sekali macam-macam plugin yang menyerupai custome post type UI. Akan tetapi, bizzie tetap disarankan untuk menggunakan custom post type UI karena plugin tersebut bisa melakukan update secara berkala. Menariknya lagi untuk beban biaya bulanannya juga tidak mahal yaitu Rp.800.000,00 setia penggunanya. 

Baca Juga :  Wix vs WordPress - Mana yang Lebih Baik?

Sebelum menggunakan plugin yang satu ini, pastikan terlebih dahulu bizzie sudah melakukan install serta mengaktifkan terlebih dahulu. Pada saat proses pengaktifan sudah selesai, bizzie bisa langsung saja mencari menu “CPT UI” yang berada di bagian kiri wordpress. 

Berikan klik pada bagian menu tersebut dan “add/edit post types”. Di dalam menu tersebut bizzie bisa melakukan pembuatan custom post type yang pertama. Satu langkah yang bisa dilakukan lagi yaitu mengisi beberapa kolom yang ada di bagian tersebut. 

Supaya bizzie tidak bingung mengenai beberapa kolom yang harus diisi bisa, maka akan dijelaskan satu persatu di bawah ini. Fungsi dari setiap masing-masing kolom yaitu:

  • Basic Settings 

Pada kolom basic settings ini juga terdapat tiga kolom lagi yang harus diketahui oleh bizzie. Untuk tiga kolom yang tersebut adalah post type slug, plural label dan singular label. 

Di bagian bawah kolom menu “singular label” kali ini bizzie akan diberikan menu “auto populate”. Ketika memberikan klik di bagian kolom tersebut, bizzie juga tidak perlu mengisikan kolom satu persatu. 

Tiga kolom yang ada di menu “basic settings” ini akan diisi secara otomatis yang mempunyai dasar dari nama custom type wordpress. Cara membuat custom type wordpress yang selanjutnya tinggal memberikan klik pada “add post type” sudah muncul di sidebar. 

  • Additional Label 

Ketika berada di menu “additional label” bizzie dapat menentukan nama sub menu yang ada di dalam custome. Bahkan, dengan adanya menu tersebut bizzie diberi kemudahan ketika ingin mengganti “add item” menjadi “add recipe”. 

  • Settings 

Pada menu “settings” bizzie bisa melakukan pengaturan pada setiap custom type yang ingin dibuat. Selain itu, bizzie juga bisa saja membuat custom type dengan tampilan bersembunyi dari menu navigasi website. 

Baca Juga :  Cara Melacak HP Hilang yang Sudah di Reset Khusus Android

2. Cara Membuat Custom Type WordPress Secara Manual 

Membuat custome type secara manual ini dibagi lagi menjadi dua cara. Untuk dua cara membuat custom type wordpress secara manual yang bisa digunakan adalah:

  • Melakukan pengeditan file functions.php sesuai dengan tema yang dimiliki oleh bizzie. 
  • Membuat plugin yang sesuai dengan custom post type. 

Ketika ingin menggunakan cara membuat custom type wordpress ini ada satu catatan penting. Pada saat melakukan edit file functions.php mempunyai satu kekurangan yang harus diketahui oleh bizzie. 

Satu kekurangan yang didapatkan adalah ketika melakukan update tema, maka untuk pengaturan tipe posting custome akan hilang. Selain itu, juga bisa terjadi ketika melakukan pergantian tema.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Popup di WordPress

Maka dari itu, bizzie perlu melakukan edit file functions.php setiap ada perubahan tema yang terjadi. Sebelum membuat custom type bizzie bisa mengenal beberapa jenis file functions.php terlebih dahulu. 

Pada dasarnya untuk file tersebut dijadikan tindakan sebagai tema pada wordpress. Artinya semua pengaturan yang berhubungan dengan sudah tertata rapi di dalam file tersebut. 

Selain itu, bizzie juga bisa melakukan akses pada menu “appearance” dan “ editor” pada . Ketika berada di menu “themes files” di sebelah kanan layar bisa memilih langsung “theme functions”. 

Ada tiga kode khusus yang harus dimasukkan pada satu file di cara membuat custom type wordpress kali ini. Saat proses pemasukan kode baris sudah selesai bisa langsung menyimpan perubahan file tersebut. 

Jangan lupa bizzie memberikan klik pada “update file” yang berada di bagian bawah halaman editor tema. Dengan memberikan klik di bagian tersebut, maka semua proses perubahan sudah berhasil disimpan. 

Sekian penjelasan mengenai macam-macam cara membuat custom type wordpress. Besar harapan dengan penjelasan di atas dapat membantu bizzie ketika ingin membuat custome type.

Baca Juga : Cara Menggunakan Gutenberg WordPress Aman dan Cepat