fbpx

Cara Menggunakan Gutenberg WordPress Aman dan Cepat

Kini perkembangan juga mengalami perubahan yang sangat cepat dan pesat. Perkembangan ini juga berdampak pada . Semenjak adanya versi 5.0 pada wordpress menjadikan teknik edit gutenberg ini sebagai default editor. 

Semua para pengguna website wordpres tentunya sudah mengerti mengenai cara menggunakan gutenberg wordpress. Pada saat menggunakan teknik gutenberg akan diberikan penawaran fitur yang lebih modern. Bahkan untuk penawaran ini juga lebih tinggi dibandingkan editor sebelumnya. 

Contoh mudah dari fitur pada teknik gutenberg adalah “block. Maka dari itu dengan adanya fitur “block” ini dapat memudahkan para pengguna untuk masuk pada jenis konten

Pada kesempatan kali ini akan diberikan penjelasan secara lengkap mengenai cara menggunakan gutenberg wordpress. Sedangkan untuk bizzie yang ingin menggunakan cara menggunakan gutenberg wordpress bisa menyimak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini. 

Mengenal Lebih Dekat Dengan Cara Menggunakan Gutenberg WordPress

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara menggunakan gutenberg wordpress pada wordpress lebih baik memahami dalam segi terlebih dahulu. Untuk pengertian dari gutenberg adalah salah satu alat editor pada wordpress. Ketika menggunakan gutenberg mempunyai konsep based user interface (UI). 

Maka dari itu, untuk pembuatan konten dengan menggunakan cara menggunakan gutenberg wordpress ini akan otomatis menggunakan sistem blok. Untuk editor gutenberg ini sudah mulai dirilis pada bulan Desember 2018. Pada waktu tersebut juga bersamaan dengan peluncuran wordpress dengan versi terbaru. 

Tidak dipungkiri juga ketika para pengguna wordpress dengan versi lama akan merasa kebingungan. Satu langkah yang bisa diambil untuk para pengguna yang sudah lama yaitu harus melakukan adaptasi dengan beberapa fitur baru. 

Macam-Macam Cara Menerapkan Editor Gutenberg WordPress 

Sebenarnya untuk menggunakan cara menggunakan gutenberg wordpress terbilang sangat mudah dan sederhana. Bahkan untuk cara mengaksesnya pun cukup membuat artikel pada halaman baru. 

Baca Juga :  Cara Membuat Website Dari Nol Sampai Jadi – Lengkap dan Mudah

Pembuatan halaman baru ini bisa langsung mengklik pada menu “post” “add new”. Ketika sudah berada di halaman editor bisa langsung menerapkan beberapa langkah atau cara menggunakan gutenberg wordpress adalah:

1. Menambahkan Blok Baru 

Cara menggunakan gutenberg wordpres pertama yang bisa diambil adalah mengklik tombol “+” untuk menambah blok baru. Setelah itu bisa langsung memilih tipe blok sesuai dengan bizzie inginkan. Contoh mudahnya seperti paragraph, image, html dan masih banyak lainnya. 

Ada juga cara menggunakan gutenberg wordpress lain yang bisa dipergunakan untuk menambah blok. Cara lainnya yaitu mengetikkan “/nama blok”. Misalnya ingin menambah blok gambar, maka untuk penulisannya yaitu “/image”. 

Untuk mempermudah dalam proses pencarian pada jenis blok, gutenberg telah membagi kepada beberapa kategori. Beberapa kategori yang bisa dipilih adalah common blocks, formatting, layout dan masih banyak lainnya. 

Selain itu, juga dapat melakukan pencarian blok secara manual. Untuk pencarian secara manual bisa melalui kolom “search for a block”. Akan tetapi ketika masih merasa kesulitan lagi bisa menggunakan cara lain. 

Cara lain yang bisa dipergunakan juga adalah dengan masuk ke dalam kategori “most used”. Dengan beberapa cara tersebut, bizzie bisa memilih mana yang menurutnya paling mudah untuk dipergunakan. 

2. Memulai Membuat Tulisan 

Cara menggunakan gutenberg wordpress selanjutnya adalah bisa membuat tulisan. Untuk membuat tulisan bisa membuat blok dengan judul “paragraph”. Pada kolom tersebut bisa langsung mengisi tulisan sesuai dengan keinginan. 

Bagian atas blok format ini juga terdapat beberapa tools yang bisa dipergunakan. Untuk beberapa tools tersebut adalah mengatur posisi, memberi cetak tebal atau miring dan juga menyisipkan

Sedangkan untuk menu pada tombol link juga terdapat beberapa tools tambahan yang bisa dipilih. Beberapa tools yang bisa dipilih adalah sorotan kata, coretan teks dan garis bawah. 

Jenis blok yang digunakan pada kali ini berbeda dengan sebelumnya. Bahkan bizzie tidak bisa menggunakan paragraph, tapi tools block heading. Untuk menemukan blok heading ini bisa ditemukan pada kategori common blocks. 

Baca Juga :  Mudah! Cara Membuat Multisite dengan Subdomain

Pada blok heading bizzie bisa memilih tingkatan heading yang akan dibuat. Untuk pilihan heading bisa dimulai dari dua sampai dengan empat. Ketika ingin mengatur tingkatan heading juga bisa langsung masuk pada tab block sidebar. 

Baca Juga : Tutorial Install WordPress di Cpanel Melalui Softaculous

3. Menyisipkan Gambar 

Blok lain yang bisa bizzie pilih adalah pada kategori  image atau sering disebut dengan blok gambar. Di saat akan melakukan pemilihan block image, akan diberikan tiga pilihan yaitu:

  • Upload : proses memasukkan atau menyisipkan gambar. Untuk memasukkan atau menyisipkan bisa mengambil gambar yang berasal dari
  • Media Library : bizzie dapat mengambil gambar yang sebelumnya sudah pernah diupload oleh orang lain. 
  • Insert From : teknik pengambilan gambar yang berasal dari . Sehingga ketika ingin menyisipkan atau memasukkan gambar bisa memberikan URL lengkapnya. 

4. Menambah Beberapa Pilihan Tombol

Pada cara menggunakan gutenberg wordpress kali ini menjadi salah satu fitur yang tidak akan ditemukan pada clasic editor. Untuk menemukan tools “buttons” ini bisa langsung masuk pada kategori “layout elements”. 

Ketika bizzie ingin mengatur style, warna dan link tombol bisa melakukan perubahan melalui konfigurasi pada tab block sidebar, Di dalam menu tersebut akan diberikan lagi banyak pilihan menu. Bizzie bisa menggunakan beberapa menu yang ada di dalamnya. 

Beberapa cara menggunakan gutenberg wordpress yang sudah disebutkan di atas ini akan mempermudah proses edit. Pilih saja salah satu cara menggunakan gutenberg wordpress yang menurut bizzie paling mudah ketika diterapkan secara langsung. 

Nah, itu dia penjelasan mengenai beberapa cara menggunakan gutenberg wordpress. Besar harapan dengan penjelasan mengenai cara menggunakan gutenberg wordpress. tersebut bisa membantu para bizzie.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Popup di WordPress

Leave a Comment

Your email address will not be published.