fbpx

Cara Mudah Membuat Popup di WordPress

Saat ini dunia di bidang tidak dapat terelakkan lagi melalui perkembangan jaman dan kemajuan yang semakin mengganas. Salah satu platform yang seringkali dimanfaatkan dan digunakan oleh para pebisnis untuk memasarkan produknya atau jasanya adalah

WordPress dipilih karena kemudahan tampilan yang ditawarkan dan tidak memungut biaya sebagaimana jika harus membuat website lainnya. Dengan berbagai macam keunggulannya maka WordPress dipilih sebagai salah satu platform paling direkomendasikan sejauh ini. Ketika menggunakan WordPress terutama bagi seorang pebisnis yang sedang menawarkan produknya atau jasanya tentu kontak atau narahubung merupakan hal yang wajib. 

Agar para bisa dengan mudah menghubungi jika berminat dengan produk ataupun jasa yang ditawarkan. Biasanya fitur ini muncul secara pop up dan pada artikel kali ini kita akan bersama-sama membahas cara membuat popup di wordpress. Simak beberapa cara berikut ini untuk mengetahui bagaimana cara membuat popup di wordpress langkah demi langkah untuk WordPress Bizzie.

Langkah pertama: Instal Plugin WordPress yang Bizzie butuhkan

Jika Bizzie ingin memulai cara membuat popup di wordpress maka silahkan lakukan penginstalan dan aktifkan 2 . Bizzie perlu popup maker yang tentunya hal ini memiliki versi gratis yang bisa Bizzie nikmati. Sehingga tidak perlu takut jika ingin menggunakan fasilitas popmake ini. Bizzie bisa menggunakannya dengan bantuan tutorial dari WPForms. Silahkan pilih tombol download yang berwarna biru. Ini akan mengungkapkan formulir unggah plugin. 

Pada langkah ini silahkan Bizzie memilih tombol ‘Pilih File’ sekaligus memilih file plugin yang sudah didownload sebelumnya. Setelah itu, silahkan klik tombol ‘Instal Sekarang’. Secara otomatis WordPress menginstalnya untuk Bizzie. Sukses instalasi akan selesai. Setelah terinstal, silahkan pilih tulisan ‘Activate Plugin’ jika ingin memulai menggunakan plugin. Silahkan Bizzie konfigurasi pengaturan agar bisa sesuai dengan kebutuhan Bizzie. 

Baca Juga :  Tools Copywriting Versi Bahasa Indonesia yang Akan Mudahkan Penulis

Langkah kedua: Membuat WPForms Sederhana

Baca Juga Artikel Berikut : Ketahui Ini! 6 Rekomendasi Plugin WordPress Terbaik

Langkah kedua dari cara membuat popup di wordpress  yaitu membuat WPForms sederhana. Hal ini perlu ketelitian lebih lanjut. Apabila Bizzie telah membuat formulir kontak, Bizzie dapat melewati langkah ini. Untuk membuat formulir Bizzie, buka WPForms dan pilih Tambah Baru kemudian klik . Bizzie akan menggunakan formulir kontak sederhana

Setelah formulir selesai untuk dimuat, maka isilah beberapa kolom formulir tersebut yaitu:

  • Nama depan
  • Nama keluarga
  • Surel
  • Komentar

Jika Bizzie ingin menarik atau melepas bidang tambahan maka silahkan lihat sisi kiri jendela pratinjau. Setelah itu, silahkan Bizzie menghapus bidang tersebut kemudian pilih ikon tempat sampah merah disebelah kanan. 

Setelah Bizzie selesai membuat formulir, Bizzie perlu mengklik tombol simpan untuk menyimpan perubahan Bizzie. Formulir kontak Bizzie sekarang siap digunakan. Kini formulir sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah membuat popup di WordPress secara teknik. 

Langkah ketiga: Membuat Popup melalui Popup Maker

Langkah ini adalah langkah paling krusial dalam cara membuat popup di wordpress yaitu membuat popup di Popup Maker. Plugin Bizzie diinstal dan diaktifkan. Setelah itu kita bisa masuk ke plugin Popup Maker secara langsung untuk membuat popup Bizzie. Plugin yang ada di WordPress ini gratis dan cukup mudah. Silahkan buka dasbor WordPress Bizzie dan buka Popup Maker » Add Popup , dan Bizzie akan melihat layar pengeditan popup muncul.

Silahkan masukkan nama untuk popup Bizzie. Bizzie bisa juga memasukkan judul opsional sesuai dengan keinginan Bizzie. Pengunjung Bizzie akan dapat melihat judul tampilan opsional ini. Kini Bizzie bisa memasukkan formulir tersebut ke dalam popup Bizzie dengan cara menekan tombol tambah formulir. 

Kemudian layar sisipan formulir akan muncul. Di sini, Bizzie dapat memilih formulir yang ingin Bizzie masukkan ke dalam popup ini dengan memilihnya dari menu dropdown. Setelah formulir dipilih, klik tombol Tambah Formulir berwarna biru untuk menambahkannya ke popup Bizzie. Setelah itu, secara otomatis Bizzie kemudian akan melihat kode pendek unik yang memberi tahu popup formulir mana yang akan Bizzie gunakan.

Baca Juga :  Cara Mengaktifkan Mode Debug WordPress

Langkah keempat: Menyesuaikan Popup Sesuai Dengan Keinginan Bizzie

Ketika sudah mengetahui secara pasti bagaimana cara membuat popup di wordpress maka selanjutnya menyesuaikan popup tersebut sesuai dengan keinginan Bizzie. Hal ini tentu saja untuk menyempurnakan tutorial cara membuat popup di wordpress. Sekarang sesuaikan beberapa pengaturan popup dengan menggulir ke bawah dan Bizzie bisa memulainya dengan menu Pemicu. Pemicu ini yang akan memberi tahu kapan popup Bizzie harus dibuka. Silahkan Bizzie bisa pilih tombol biru dengan tulisan Tambahkan Pemicu Baru. 

Silahkan lihat jendela opsi pemicu yang timbul, silahkan buka dropdown dan pilih Time Delay/Auto Open. Silahkan Bizzie  untuk mengatur waktu sesuai dengan keinginan. Selanjutnya ketika sudah memilih, maka pilih tulisan untuk melanjutkan. Secara otomatis, maka popup ini akan muncul di setiap halaman situs WordPress Bizzie dan untuk semua orang di semua perangkat. Bizzie dengan mudah bisa menyesuaikan pengaturan ini untuk menargetkan suatu hal tertentu seperti orang, perangkat, tempat tertentu (seperti postingan atau halaman), dan lainnya di bagian Penargetan. 

Silahkan rapikan tampilan popup Bizzie dengan mengklik Display  di bawah pengaturan popup. Mulai dari dropdown Tema Popup, silahkan selanjutnya pilih tema untuk popup Bizzie. Pilihlah Tema Popup mana pun yang Bizzie suka. Setelah memilih tema popup yang menarik menurut Bizzie, maka silahkan lanjutkan dan publikasi WPForms Bizzie. Gulir ke atas pada halaman ke atas dan klik tombol terbitkan atau publish untuk membuat formulir sembulan WordPress Bizzie hidup.

Nah, itu dia beberapa cara membuat popup di wordpress dan langkah yang bisa Bizzie jalankan jika ingin membuat popup melalui plugin khusus Popup Maker. Jika Bizzie menginginkan bentuk dan tema lain maka silahkan ulangi proses tersebut hingga mendapatkan hasil yang sesuai keinginan Bizzie.

Baca Juga Artikel Berikut : Inilah Cara Membuat Daftar Isi Blog Pada WordPress