fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

WordpressWebsite

Cara Membuat Slug WordPress

Yanti puspita

Slug wordpress atau CMS lainnya akan terisi secara otomatis sesuai dengan judul yang kamu buat. Namun menurut kami, sebaiknya kamu juga memeriksa slug secara manual untuk memastikan kebenarannya dan sesuai dengan aturan SEO.

Pada artikel kali ini kita akan membahas apa itu slug wordpress dan cara membuatnya secara manual maupun secara SEO Friendly.

Cara Membuat Slug WordPress

Secara sederhana, slug wordpress adalah URL halaman atau postingan yang kamu buat. Slug di maksudkan untuk memberikan deskripsi singkat dan berguna tentang suatu halaman atau postingan, serta membantu mesin pencari mengindeks halaman tersebut.

Biasanya, slug akan di buat secara otomatis oleh WordPress dari judul halaman atau postingan. Tetapi kamu juga dapat membuatnya secara manual untuk mematuhi aturan SEO yang di sarankan.

·         Atur Permalink pada Slug WordPress

Untuk membuat slug WordPress, kamu harus login ke dashboard WordPressmu. Setelah login, masuk ke bagian “Pengaturan” dan pilih menu “Tautan Perma”.

Pada halaman permalink, kamu akan melihat beberapa opsi untuk mengatur struktur slug. Pilih opsi “Post name” dan simpan perubahan yang di buat.

·         Mengatur Slug di Post / Page

Setelah mengatur opsi permalink, kamu dapat membuat slug untuk postingan baru melalui editor halaman WordPress. Gunakan Gutenberg atau classic Editor.

Cara Membuat Slug WordPress yang SEO-Friendly

Lalu bagaimana cara membuat slug wordpress yang bagus? Berikut beberapa cara membuat slug yang SEO Friendly yaitu:

·         Gunakan Slug yang Singkat dan Jelas

Beberapa pengaturan default membuat permalinkmu mengikuti judul artikel yang panjang. Jika ini terjadi, gantilah dengan slug yang lebih pendek namun lebih jelas. Misalnya artikel kami yang berjudul 11 ​​Kelebihan WordPress yang Harus di Ketahui, hanya menggunakan tag “kelebihan wordpress”.

·         Pastikan Ada Kata Kunci

Menggunakan slug wordpress yang tidak menyertakan kata kunci adalah kesalahan besar. Karena mesin pencari memberikan rekomendasi kepada pengguna berdasarkan kata kunci. Artinya, jika slug untuk artikel kamu tidak mengandung kata kunci, artikel tersebut mungkin tidak mendapat peringkat dalam hasil pencarian.

Hal ini pasti akan menyebabkan kamu kehilangan kesempatan mendapatkan pengunjung dari trafik organik. Sebaliknya, penggunaan kata kunci yang tepat akan membawa hasil yang baik. Misalnya kelebihan kata kunci wordpress pada contoh artikel sebelumnya bisa menduduki peringkat pertama mesin pencari.

·         Gunakan Hanya Kata-Kata Penting

Ingatlah bahwa slug wordpress di gunakan oleh mesin pencari seperti Google ketika merekomendasikan artikel. Untuk membantu mesin pencari bekerja dengan baik, gunakan kata kunci yang penting. Seperti dengan, dan, ke, yang, pada sebaiknya dihindari.

Misalnya, jika kamu membuat artikel dengan judul “Cara membuat kue yang enak dan cepat”, gunakan tag “cara cepat membuat kue”. Dengan cara ini, pengguna dan mesin pencari dapat dengan mudah menemukan konten yang relevan.

·         Jangan Gunakan Nomor Tahun

Ada kalanya kamu menulis artikel yang berkaitan dengan tahun tertentu. Sekalipun judul artikel menggunakan nomor tahun, sebaiknya jangan memasukkan nomor tersebut sebagai slug. Misalnya artikel kami yang berjudul “Platform Blog Terbaik 2019”.

Seperti yang terlihat, slug yang di gunakan tidak menggunakan nomor tahun seperti pada judulnya. Dengan cara ini, artikel kita bisa mendapat peringkat bagus di mesin pencari.

·         Gantilah Slug dengan Benar

Mengganti slug itu mudah. Namun, kamu tetap harus menerapkannya dengan bijak, terutama pada artikel yang sudah pernah di terbitkan sebelumnya.

Mengubah slug akan menghasilkan alamat URL yang berbeda. Artinya artikel dengan slug yang di ubah tidak bisa di buka lagi menggunakan alamat URL sebelumnya.

Dari segi sistem, WordPress memang akan mencoba mengalihkan ke URL baru. Namun, dalam beberapa situasi hal ini tidak berjalan dengan baik. Sebagai solusinya, kamu dapat melakukan pengalihan manual dengan benar.

Fungsi Slug Website

Kami telah menyebutkan sebelumnya bahwa slug membantu pengunjung memahami konten halaman sebelum membaca semua informasi. Ternyata, di sisi lain, slug juga menunjang kinerja website agar lebih SEO Friendly lho. Untuk lebih jelasnya fungsi slug adalah:

·         Membuat URL lebih User-Friendly

Ini seperti tugas kuliah yang di simpan di laptop. Namun, nama masing-masing dokumen tidak terstruktur dengan benar seperti “Doc1zbsdk546”. Sebelum membukanya, kamu mungkin bingung tugas apa saja yang ada di dokumen tersebut.

Ini berbeda dengan dokumen “tugas-biografi-pahlawan”. Kamu dapat langsung mengenali bahwa dokumen tersebut berisi tugas biografi sang pahlawan.

Hal yang sama berlaku untuk slug. Penulisan slug yang jelas, ringkas, ringkas dan deskriptif dapat membantu pengunjung internet menebak informasi yang terdapat pada suatu halaman website bahkan sebelum mereka membukanya.

·         Mengoptimalkan Sisi SEO

Kamu juga dapat mengoptimalkan situs website melalui slug. Caranya mudah, masukkan kata kunci agar tidak hanya pengunjung, mesin pencari juga lebih mudah memahami isi halaman websitemu.

Cara Mengatur Slug Website

Faktanya, slug website bisa di katakan membantu pengunjung blog atau website untuk mengunjungi konten tertentu dan membantu mesin pencari untuk lebih memahami konten setiap halaman di website atau blog Anda.

Hal ini menunjukkan bahwa SEO memang cukup di pengaruhi oleh slug ini. Lalu bagaimana cara untuk mengatur slug website agar lebih SEO Friendly? Inilah beberapa di antaranya:

1.      Bagian Permalink

Cara pertama untuk menyiapkan slug adalah menyiapkan permalink. Yaitu dengan mengeklik “Pengaturan (Setting) – Permalinks” kemudian pilih “Nama Postingan”.

2.      Bagian Post

Cara mengatur slug yang kedua adalah melalui post. Posting adalah tempat kamu akan mempublikasikan konten. Kamu hanya perlu menuliskan judul konten terlebih dahulu, namun menyimpannya sebagai draft. Lalu pilih “Settings – Permalinks” nanti kamu bisa mengedit atau merubah slugnya.

3.      Bagian Page

Page adalah halaman pada sebuah website atau blog yang biasanya berisi informasi, biodata, tentang kami dan informasi kontak.

4.      Bagian Kategori dan Tag

Kategori dan tag juga dapat di gunakan untuk mengatur slug website. Dengan cara ini yaitu:

Bagian Kategori

Misalnya website tipscantik.com mempunyai halaman yang berisi menu atau kategori “Masker”. Jadi maksudnya “Masker” memuat segala sesuatu yang berhubungan dengan masker kecantikan wajah, baik itu bahan yang di gunakan maupun cara penggunaannya.

Cara mengaturnya adalah dengan memilih menu “Postingan – Kategori – Edit”. Setelah itu, ubah slug yang di inginkan, dan klik “Update”. Selesai.

Bagian Tag

Kemudian untuk mengatur slug untuk tag, caranya adalah dengan memilih menu “Post – Tag” dan ubah slug yang di inginkan. Selesai.

5.      Bagian Author

Terkadang sebuah blog atau website bisa di jalankan oleh beberapa admin atau penulis sekaligus. Namun kamu tidak perlu khawatir karena ternyata slug juga bisa di setting melalui menu “Author”, caranya adalah dengan menginstall “Edit Author Slug” lalu masuk ke bagian “User – All User – Edit” halaman dan pilih nama pengguna yang di inginkan dan klik “Perbarui Profil “.

Kesimpulan

Sekarang sudah tahu kan apa itu slug website, cara mengunakan, manfaat dan cara mengaturnya? Jika iya berati kamu sudah membaca keseluruhan artikel yang kami buat.

Baca Juga