fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

WordpressWebsite

5 Cara Menonaktifkan Komentar di WordPress

Yanti puspita

Apakah kamu bertanya-tanya bagaimana cara menonaktifkan komentar di wordpress? Meskipun komentar adalah cara terbaik untuk berinteraksi dengan pengunjung situs, beberapa pemilik situs web tidak menginginkan komentar di situs mereka.

Nah, pada artikel kali ini kita akan menjelaskan kepada kamu tentang cara menonaktifkan komentar di wordpress. Penasaran kan? Mari simak ulasan di bawah ini!

5 Cara Menonaktifkan Komentar di WordPress

Cara menonaktifkan komentar di wordpress adalah hal wajib yang harus di lakukan. Karena beberapa orang tidak menyukai semua komentar yang ada. Misalnya, banyak pemilik usaha kecil menggunakan WordPress untuk membangun situs web mereka.

Situs bisnis ini seringkali tidak memiliki bagian blog dan umumnya memiliki halaman statis seperti layanan, tentang kami, kontak, dll. Berikut ini 5 cara menonaktifkan komentar di wordpress yaitu:

1.      Cara Menonaktifkan Komentar di WordPress pada Postingan dan Halaman yang Dipublikasikan

Jika kamu ingin menggunakan cara menonaktifkan komentar di wordpress, lakukan cara ini. Setelah itu, semua komentar pada halaman dan postingan blog yang ada akan menjadi tidak aktif.

  • Pertama, hapus semua komentar di setiap postingan dan halaman
  • Buka area admin WordPress
  • Masukkan Komentar. Akan ada tabel dengan setiap komentar yang telah di terima
  • Pilih semua komentar dengan mencentang kotak di sudut kiri atas tabel
  • Pilih Pindah ke Sampah dari kotak drop-down Tindakan Massal
  • Klik Apply

Bulk actions

Perhatikan bahwa setelah ini, formulir komentar masih ada dan pengunjung masih dapat mengomentari postingan dan halamanmu. Untuk menonaktifkan form komentar di bagian bawah setiap postingan dan halaman. Ada dua cara untuk melakukan ini.

Opsi pertama adalah menggunakan Tindakan Massal

  • Pilih Postingan > Semua Postingan. Akan ada tabel dengan semua postingan yang di publikasikan
  • Centang kotak di sudut kiri atas tabel untuk memilih semua postingan
  • Pilih Edit dari kotak drop-down Tindakan Massal
  • Cari Komentar, lalu klik Larang.
  • Pilih Perbarui untuk menerapkan perubahan
  • Kemudian, untuk menonaktifkan komentar dari setiap halaman, pilih Halaman > Semua Halaman dan lakukan hal yang sama.

Ingat, halaman baru di WordPress memiliki komentar yang di nonaktifkan secara default. Jika masih ada komentar, mungkin pengaturannya sudah berubah. Untuk memperbaikinya, ikuti langkah yang sama untuk halamanmu. Cara kedua ialag dengan menggunakan pengaturan Automatically close comments on posts older than … days.

Pilih Pengaturan > Discussion

Pada Discussion > Pengaturan komentar lainnya, temukan Automatically close comments on posts older than. Isi dengan angka nol untuk menonaktifkan komentar pada semua postingan.

Pengaturan Discussion

Pengaturan ini lebih ringkas di bandingkan opsi pertama. Sayangnya, cara ini tidak berhasil untuk halaman. Jika ada komentar di suatu halaman dan kamu ingin menonaktifkan banyak komentar, ikuti opsi pertama.

2.      Cara Menonaktifkan Kolom Komentar di WordPress untuk Postingan Baru

Langkah pertama menjelaskan cara menghilangkan kolom komentar di blog atau website kamu untuk postingan dan halaman lama, namun pengunjung tetap bisa memberikan komentar pada artikel yang baru di terbitkan. Untungnya, kamu dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan pengaturan tertentu.

  • Dari area admin WordPressmu, buka Pengaturan > Discussion.
  • Pada Default post settings, hapus centang Izinkan orang mengirim komentar pada kiriman baru.
  • Setelah menerapkan pengaturan ini, situs WordPress kamu tidak lagi mengizinkan pengunjung untuk memberikan komentar pada postingan baru.

3.      Cara Menonaktifkan Kolom Komentar di WordPress Banyak Postingan dan Halaman

Jika kamu tetap ingin memiliki kolom komentar, kamu bisa menonaktifkan komentar hanya pada postingan dan halaman tertentu saja. Langkah-langkahnya sangat mirip dengan cara pertama. Bedanya, kamu hanya perlu memilih beberapa postingan dan halaman saja, tidak semuanya.

  • Buka area admin WordPressmu, lalu Posts > All Posts
  • Pilih postingan yang ingin di nonaktifkan komentarnya, lalu centang kotaknya
  • Klik Edit dari kotak drop-down, lalu klik Apply
  • Pastikan kamu telah memilih postingan yang benar di Bulk Edit
  • Pilih Jangan izinkan di kotak drop-down, lalu klik Perbarui

4.      Nonaktifkan Komentar di WordPress pada Satu Postingan atau Halaman

Ketiga cara yang di bahas di atas menjelaskan cara menonaktifkan komentar di blog atau website secara massal. Namun, kamu juga dapat melakukan ini pada satu postingan atau halaman satu per satu. Harap di perhatikan bahwa cara ini mungkin menimpa pengaturan global apa pun yang telah di terapkan.

Cara ini memungkinkan kamu mengontrol kolom komentar dan mengubah pengaturan setiap postingan dan halaman dengan lebih fleksibel. Ada dua cara untuk melakukan ini, dan yang pertama adalah melalui editor postingan atau halaman WordPress. Langkah-langkahnya akan tetap sama, baik menggunakan Gutenberg atau editor klasik.

  • Di panel kanan, gulir ke bawah hingga kamu menemukan Discussion
  • Hapus centang Izinkan komentar
  • Simpan perubahan kamu dengan mengklik Publikasikan atau Perbarui

Jika kamu menggunakan editor Gutenberg dan Discussion tidak tersedia, klik tombol tiga titik di pojok kanan atas. Buka Preferensi > Pengaturan dokumen. Periksa Discussion, dan opsi sekarang akan muncul. Jika kamu menggunakan editor klasik, buka kotak Discussion dengan memilih Screen Options dan mencentang kotak Discussion.

5.      Cara Menonaktifkan Komentar di Media

Saat kamu mengunggah file media ke situs websitemu, maka WordPress secara otomatis akan membuat halamannya sendiri. Halaman ini dapat menerima komentar seperti postingan atau halaman biasa. Namun, situs web hampir tidak pernah memerlukan kolom komentar di file media.

Ada dua cara untuk menonaktifkan komentar di file media. Kamu dapat menonaktifkan semua orang, seperti yang di lakukan untuk postingan dan halaman di cara ke 4.

  • Di area admin WordPressmu, buka Media > Library
  • Dapatkan salah satu file media, lalu pilih Edit
  • Pada menu Discussion, hapus centang Allow comments
  • Klik Update

Haruskah Kamu Menghilangkan Comment di WordPress?

Setelah menjelaskan cara menonaktifkan komentar di WordPress, kami akan menjelaskan alasan mengapa kamu harus melakukannya. Inilah mengapa kamu harus menonaktifkan komentar di WordPress yaitu:

·         Spam

Secara umum, spam adalah konten buatan pengguna. Seringkali orang mengirim spam dengan niat jahat, yang juga dapat merugikan penerimanya. Spam juga dapat berdampak negatif pada reputasi situs di mesin pencari.

Di WordPress sendiri, spam komentar merupakan salah satu masalah paling umum yang di hadapi pemilik situs, blog pribadi, situs web eCommerce besar, dll dapat terpengaruh oleh spam. Untuk menghilangkannya, sebagian besar pemilik website menerapkan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menonaktifkan kolom komentar di blognya.

·         Komentar Dapat Menimbulkan Risiko Keamanan

Komentar spam terkenal karena risiko keamanan yang di timbulkannya. Beberapa komentar bahkan menyertakan tautan jahat yang dapat memasang virus, mengumpulkan informasi pribadi, dan mencuri uang dari siapa pun yang mengekliknya.

Meskipun pengunjung situs biasanya tahu untuk tidak berinteraksi dengan tautan spam, kehadiran mereka di situs kamu dapat berdampak negatif pada kredibilitasnya. Jika kamu tidak melindungi situs websitemu dari risiko keamanan dalam komentar.

Bagaimana pengunjung dapat mempercayai merekmu secara keseluruhan? Jadi, salah satu cara untuk melindungi websitemu dari potensi serangan adalah dengan menonaktifkan bagian komentar di blog atau websitemu.

Penutup

Sekian penjelasan dari kami tentang 5 cara menonaktifkan komentar di wordpress. Dengan adanya penjelasan di atas kami berharap kedepannya kamu bisa memperbaiki hal-hal yang tidaj di inginkan.

Baca Juga