fbpx

Cara Verifikasi Google Search Console Dengan Mudah

Salah satu langkah yang paling tepat guna optimasi SEO dalam wordpress adalah dengan cara memasang tool Google Search Console di . Pada di bawah ini terdapat pembahasan bagaimana cara verifikasi google search console atau dulunya beristilah Google Webmaster Tools dengan sangat mudah. 

Sebagai informasi supaya Anda tidak merasa bingung, sebenarnya Google Search Console serta Google Webmaster Tools itu sama. Atau bisa dibilang bahwa Google Search Console adalah nama baru dari istilah lamanya yakni Google Webmaster Tools. Di dalam Google Search Console sendiri terdapat banyak fitur yang bisa membantu para penggunanya.

Inilah Cara Verifikasi Google Search Console yang Lengkap

Sebelum mengetahui bagaimana cara verifikasi google search console, ada baiknya Anda mengetahui tentang Google Search Console itu sendiri. Adapun Google Search Console adalah alat yang berasal dari Google serta 100% gratis dipakai guna memonitor performa dari Anda dalam mesin pencari populer Google. Nantinya Google Search Console memberikan laporan tentang kata kunci apa yang akan membawa pengunjung dalam situs Anda.

Laporan lainnya adalah eror di dalam situs, permasalahan keamanan sampai masalah untuk indeks ke situs Anda. Jika ingin tahu performa situs di mesin pencari google sampai ranking website pada kata kunci tertentu, maka Anda wajib memasang Google Search Console dalam situs. Selain itu Anda tak perlu situs WordPress, sebab para pengguna blogger ataupun blog di wordpress.com juga dapat memakai Google Search Console. 

1. Mendaftarkan diri dalam Google Search Console

Sebelum tahu tentang cara verifikasi google search console, pertama-tama Anda wajib mendaftarkan diri dalam situs Google Search Console. Cara lengkapnya antara lain :

Baca Juga :  Cara Riset Keyword Youtube Untuk Mendatangkan Banyak Viewers

Pertama, daftarkan dahulu di website Google Search Console, lanjutnya dengan ketuk mulai sekarang.

Berikutnya Anda perlu login ke dalam akun yang hendak didaftarkan dalam tools Google Search Console.

Setelah itu Anda akan diarahkan pada laman untuk memilih salah satu cara verifikasi google search console untuk situsnya. Sebagai informasi terdapat dua pilihan yakni memakai URL Prefix atau Domain.

Kemudian pastikan Anda mengisi nama situs dengan benar, kalau memakai maka tuliskan https, apabila website menggunakan https://www otomatis Anda perlu mengisikan dengan https://www/

Baca Juga Berikut : Syarat Daftar Google Adsense Untuk Blogger

Berikutnya untuk tahap verifikasi google webmaster nantinya Anda dihadapkan kepada metode verifikasi URL ataupun domain situs dalam Google Search Consol. Jumlahnya terdapat lima cara verifikasi google search console. 

Cara tersebut antara lain verifikasi dengan unggah file html ke root folder, meta tag di situs, verifikasi memakai , menggunakan Google Tag Manager dan terakhir memakai DNS. Namun cara yang paling mudah adalah dengan menambahkan meta tag serta konfigurasi DNS.

Jika Anda mendaftar dalam Google Search Console memakai akun Gmail yang sebelumnya telah terhubung dengan akun Google Analytics dalam situs yang sama, maka berikutnya Anda hanya perlu memilih verifikasi menggunakan Google Analytics.

Pada cara verifikasi google search console ini nantinya membahas cara paling mudah dan dapat digunakan untuk kalangan blogger . Anda dapat menerapkan langkah di bawah ini untuk website yang ada.

2. Cara untuk Verifikasi Google Search Console

Agar bisa menerapkan langkah verifikasi Google Search Console, Anda wajib memenuhi persyaratan antara lain mempunyai akun google.com, dan mempunyai domain yang statusnya aktif, apabila belum bisa membelinya dalam penyedia domain tersebut.

Masuk dalam Google Search Console

Untuk cara verifikasi google search console yang pertama Anda perlu masuk ke dalam Google Search Console. Adapun untuk konfigurasi google search console terbilang mudah, Anda bisa mengetuk ini lalu masukkan domain Anda. Kemudian tekan Continue atau artinya lanjutkan.

  • Mengkonfigurasi DNS untuk Google Search Console
Baca Juga :  Cara Mengatasi Gambar di Web Yang Tidak Muncul

Sesudah itu nantinya Anda mendapatkan instruksi yang berasal dari Google guna melakukan verifikasi DNS dalam domain. 

Mengkonfigurasi DNS record

Apabila Anda hanya mempunyai domain maka bisa langsung mengikuti tutorial untuk konfigurasi DNS record domain yaitu:

  1. Masuk dalam bagian TXT
  2. Tepat di kolom hostname isilah nama domain
  3. Dalam kolom destination isi dengan txt record yang diperoleh pada tahap ke dua.

Cara verifikasi google search console selanjutnya apabila Anda mempunyai domain + hosting maka bisa ikut tutorial di bawah ini:

Masuk dalam menu bernama zone editor yang terletak di , lalu klik manage di Domain yang ingin anda proses

Klik add record

Dalam kolom destination, isilah dengan txt record yang diperoleh pada tahap ke dua.

  • Lalu silahkan klik Verifikasi pada halaman Google Search Console anda.

Guna mengetahui pengaturan Anda sudah benar atau belum, perlu untuk memastikan TXT domain milik Anda mengarah ke TXT record yang ada dalam informasi Google tepat di setep ke dua memakai tools dns checker. Adapun contoh dari tools dns tools checker itu ada dalam link https://dnschecker.org/

Berikutnya dalam cara verifikasi google search console yaitu masukkan nama domain Anda lalu memilih katgori TXT. Setelah itu pastikan sudah mengarah dengan tujuan TXT record yang telah diinformasikan pihak Google yang sudah Anda ketahui di ste ke dua. Sesudah itu Anda hanya perlu menantikan propagasi DNS dalam waktu maksimal 1 x 24 jam hingga domain berhasil mengarah.

Itulah cara verifikasi google search console terlengkap yang dapat Anda terapkan secara langsung untuk situs. Apabila merasa kesulitan segera hubungi pihak ahli untuk hasil lebih maksimal.

Baca Juga Artikel Berikut : Apa itu Google Keyword Planner