fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

cPanelTechnology

mengenal CyberPanel

Yanti puspita

Mengenal CyberPanel – CyberPanel merupakan salah satu control panel terbaik yang memiliki berbagai keunggulan. Misalnya pada level arsitektur, CyberPanel mendukung teknologi OpenLiteSpeed untuk kecepatan optimal. Terlepas dari hal itu, pada arikel kali ini kita akan menjelaskan kepada kamu mengenal CyberPanel, cara menggunakan beserta kelebihan.

Mengenal Cyberpanel Dan Cara Menggunakannya

Mengenal CyberPanel adalah hal wajib karena, ini adalah alternatif selain cPanel, yang dapat di gunakan untuk mengelola server. Panel ini bersifat open source dan mendukung teknologi OpenLiteSpeed pada versi berbayar. Dan teknologi Litespeed pada versi komersial atau premium. Berikut ini beberapa cara menggunakan cyberpanel yang bisa kamu lakukan yaitu:

·         Cara menginstal CyberPanel

Untuk menginstal CyberPanel itu tidak mudah. Yaitu pastikan server kamu memiliki hal berikut:

  • Penyimpanan server minimal 10 GB
  • Versi Python 3.x di instal di server
  • RAM minimal 1 GB
  • Sistem Operasi CentOS 7.x, CentOS 8.x, Ubuntu 18.04 atau Ubuntu 20.04

Kamu bebas memilih CentOS atau Ubuntu sebagai sistem operasi CyberPanelmu. Menambahkan Domain/Addon Domain di CyberPanel

Hal pertama yang perlu kamu lakukan setelah menginstal CyberPanel ialah menghubungkan domainmu ke VPS. Jika sudah login, maka kamu harus menambahkan nama domainmu sendiri ke CyberPanel. Berbeda dengan panel lain yang memiliki menu tambahkan domain, CyberPanel memerlukan beberapa langkah untuk menambahkan domain.

Bagaimanapun, ini masih cukup mudah untuk di lakukan. yang perlu kamu lakukan hanyalah membuka menu Buat Website, masukkan informasi domainmu, dan pilih beberapa fitur lainnya. Tak perlu menunggu lama, nama domain baru kamu sudah berhasil di tambahkan.

·         Konfigurasi SSL di CyberPanel

Situs web yang aman sangat penting untuk membangun kredibilitas atau kepercayaan pengunjung. Maka dari itu mengaktifkan SSL adalah tindakan keamanan standar yang harus kamu ambil. CyberPanel memungkinkan pengguna menginstal Let’s Encrypt SSL dengan mudah, sertifikat standar untuk keamanan situs web.

Menariknya, dengan SSL ini, kamu dapatkan secara gratis. Menggunakannya juga sangat mudah, yaitu cukup buka menu SSL untuk mengeluarkan sertifikat SSL. Mengaktifkan Let’s Encrypt memungkinkan kamu mengakses situs website menggunakan protokol HTTPS.

·         Cara Install WordPress di CyberPanel

WordPress ialah sistem manajemen konten populer yang di gunakan untuk berbagai jenis situs website. Tak heran, CyberPanel juga menawarkan kemudahan instalasi WordPress bagi pengguna. Kamu dapat menggunakan fitur WordPress Auto Installer untuk menginstal WordPress. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menginstal WordPress hanya dengan satu klik.

·         Staging WordPress di CyberPanel

Jika kamu ingin memodifikasi situsmu dengan aman, kamu dapat mengaturnya. Mengapa? Karena Staging pada dasarnya ialah upaya untuk membuat ulang situs website yang aktif. Tujuannya agar kamu dapat melakukan perubahan pada halaman duplikat lalu menyebarkannya ke situs yang aktif.

Dengan cara ini, kamu tidak perlu khawatir mendapat masalah jika pengeditan situs WordPress kamu tidak berjalan sesuai rencana. Karena kamu bisa memperbaikinya di balik layar terlebih dahulu. Staging juga tidak sulit di CyberPanel, hanya dua langkah utama. Yaitu:

  • Pertama, buat halaman demo WordPress
  • Kedua, sinkronkan presentasi dengan situs website langsung

·         Membuat Akun Email CyberPanel

Menggunakan email dengan nama domain yang unik dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap websitemu. Di CyberPanel, kamu dapat membuat akun email menggunakan domain situs websitemu sendiri. Kamu tinggal membuat email pada halaman Buat Akun Email.

Ya, pastikan pengaturan SSL server email kamu sudah benar untuk menghindari kesalahan saat menggunakan email. Jadi untuk mengakses email yang di hasilkan kamu bisa mengakses alamat https://Domain:8090/rainloop atau gunakan menu Access Webmail di panel kontrol CyberPanel.

·         Membuat Database CyberPanel

CyberPanel tidak kalah dengan panel kontrol lain seperti cPanel yang menawarkan pengelolaan database yang mudah. Kamu dapat mengelola database, mulai dari:

  • Membuat
  • Menghapus
  • Dan menampilkan daftar database dari menu Database CyberPanel

Alternatifnya, kamu juga dapat mengakses databasemu melalui phpMyAdmin.

·         Backup Data di CyberPanel

Langkah-langkah melakukan backup data sangat penting untuk menghindari terjadinya kerusakan atau kehilangan data pada website. CyberPanel juga memiliki fitur cadangan data yang hebat. Bahkan, hanya dengan beberapa langkah, kamu sudah bisa membuat file backup dan mengunggahnya untuk di amankan.

·         Migrasi dari cPanel ke CyberPanel

Bagi pengguna cPanel yang ingin upgrade ke CyberPanel, silakan saja. Karena CyberPanel menyediakan kemudahan migrasi otomatis melalui cPanel Auto Import. Langkah transfer hanya bisa di lakukan dalam dua langkah. Yaitu:

  • Pertama, buat file backup website lengkap di cPanel
  • Kedua, pulihkan file cadangan di CyberPanel

·         Update CyberPanel ke Versi Terbaru

Kami sangat menyarankan menggunakan CyberPanel versi terbaru. Sebab performa dan keamanan yang di tawarkan jauh lebih baik. Untuk memperbarui, kamu perlu mengakses server melalui terminal SSH. Setelah terhubung ke terminal SSH, kamu dapat memperbarui CyberPanel dengan menjalankan satu baris perintah.

Ketahui Kelebihan CyberPanel

Jika di perhatikan dan di bandingkan dengan panel lainnya, tentu panel ini memiliki beberapa kelebihan. Hal ini tercermin dari fitur dan teknologi yang di gunakannya. Berikut ini adalah kelebihan cyberpanel yaitu:

·         Tampilannya Sederhana dan Mudah Di Pahami

CyberPanel ini memiliki fungsi manajemen file berbasis website dan tentu saja menarik serta user friendly. Tampilannya sederhana dan mudah di pahami oleh siapa saja, baik pemula maupun profesional. Manajer file adalah fitur yang cukup penting bagi pengembang web dan blogger. Pasalnya dengan menggunakan fitur ini, kamu dapat mengatur berkas file pada website.

·         Ringan

Bagi kamu yang menginginkan control panel yang relatif ringan untuk pengelolaan server, Cyberpanel adalah pilihan yang tepat. Panel ini sangat ringan untuk di gunakan pada VPS (Virtual Private Server) atau dedicated server.

Salah satu faktor yang membuat dashboard ini bekerja cepat adalah penggunaan teknologi OpenLiteSpeed di versi gratis dan LiteSpeed di versi berbayar. Apabila menyewa server Exclusive atau VPS menggunakan versi panel gratis ini, kamu akan mendapatkan kuota 1 nama domain menggunakan LiteSpeed dan sisanya menggunakan OpenLiteSpeed.

·         Memiliki fungsi pemulihan cadangan

Tentu saja, saat menentukan panel kontrol, fitur ini penting karena dapat memudahkan proses migrasi. Nantinya ketika kamu menggunakan panel ini, kamu akan mendapatkan kedua fitur tersebut di dashboard admin. Tentu saja ini akan memudahkan kamu untuk melakukan migrasi melalui panel lainnya.

·         Support Multi PHP

Tentunya bagi pengembang website, ketersediaan versi PHP sangat penting agar proyek dapat berfungsi secara maksimal. Cyberpanel mendukung Support multi PHP sehingga kamu dapat memilih versi PHP mana yang di jalankan di situs website atau aplikasimu.

·         Ada Versi Berbayar dan Gratis

Berbeda dengan Plesk atau cPanel yang harus membayar biaya berlangganan untuk menginstal di server. Panel kontrol ini menawarkan pilihan versi berbayar atau gratis, yang di kenal sebagai versi perusahaan.

Bagi kamu yang perlu mengelola website pribadi atau belajar, kamu bisa menggunakan versi gratisnya. Jika kamu sudah mencobanya dan di rasa cocok dan memerlukan lebih banyak fitur pada panel kontrol, kamu dapat membeli lisensi Enterprise.

Penutup                         

Demikian penjelasan dari kita tentang mengenal CyberPanel, cara menggunakan beserta kelebihannya yang bisa kita sampaikan. Kita harap penjelasan di atas dapat membantu kamu memahaminya.

Baca Juga