fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

cPanel

10 Jenis Menu Metrics cPanel: Kelebihan dan Kekurangannya

Yanti puspita

Fitur Menu Metrics cPanel ini memiliki fungsi untuk memeriksa hasil analisis statistik domain berupa grafik dan data statistik dari website. Dari fitur Matrics ini, kamu akan lebih mudah memantau performa sehingga nantinya, kamu dapat dengan mudah mengoptimalkan websitemu.

Perlu kamu ketahui bahwa pada artikel kali ini kita akan menjelaskan kepada kamu tentang. 10 Jenis Menu Metrics cPanel besarta kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

10 Jenis Menu Metrics cPanel

Dengan Menu Metrics cPanel ini, kamu dapat dengan mudah memantau setiap aktivitas di website, baik itu dari pengunjung, bandwidth, kesalahan yang mempengaruhi jumlah trafik atau pengunjung dari websitemu. Berikut ini fungsi dasar jenis Menu Metrics yaitu:

1.      Menu Metrics cPanel Visitors

Ketika kamu mengklik Menu Metrics Visitors, yang akan kamu lihat adalah informasi tentang pengunjung yang telah memasuki situs web. Dan juga akan menampilkan hingga 1.000 entri terbaru di log Apache untuk situs web domain tertentu.

2.      Menu Metrics cPanel Errors

Fitur Errors ini berfungsi untuk menampilkan maksimal 300 entri baru pada error log website yang terdeteksi. Dengan fitur ini, kamu juga dapat menggunakan aplikasi untuk mendapatkan informasi jika ada link rusak atau masalah file hilang dll.

3.      Menu Metrics cPanel Bandwidth

Menu Metrics selanjutnya bandwith. Bandwidth adalah jumlah maksimum transfer data yang dapat di kirimkan suatu situs web kepada pengunjung dalam jangka waktu tertentu. Nah dengan adanya fitur bandwidth ini memungkinkan kamu untuk memantau bandwidth website kamu setelah di akses oleh pengunjung.

Data yang di tampilkan adalah data penggunaan bandwidth bulanan serta total penggunaan bandwidth. Data ini akan mencakup total bandwidth yang di gunakan dari HTTP (web) dan POP (mail).

4.      Raw Access

Jika kamu ingin mengetahui siapa pengunjung websitemu, gunakan fitur Raw Access. Fungsi dari fitur Raw Access adalah untuk melihat siapa saja yang telah mengunjungi website kamu tanpa menampilkan grafik. Kamu dapat menggunakan menu Raw Access Log ini untuk mengunduh versi zip yang menampilkan siapa yang mengunjungi situs webmu.

5.      Awstats

Dengan menggunakan Menu Metrics cPanel Awstats, kamu akan lebih mudah memantau statistik jumlah kunjungan dan juga bandwidth yang di gunakan dalam bentuk grafik. Selain dapat melihat jumlah pengunjung, kamu juga dapat melihat:

  • Dari negara mana pengunjung tersebut berasal
  • Browser yang di gunakan
  • Sistem operasi
  • Mesin pencari
  • Alamat IP
  • Bandwidth
  • Link
  • Jumlah halaman
  • Dan data statistik lainnya yang dapat di lihat

Kemudian data statistik yang di tampilkan ada pada periode harian, bulan ke tahun. Bahkan ada statistik pengunjung per jam.

6.      Analog Stats

Pada fitur Awstats, data statistik yang di tampilkan berbentuk grafik, namun pada fitur Analog Stats hanya akan menampilkan data aktivitas pengunjung dalam bentuk numerik. Untuk fungsinya sebenarnya sama saja, yaitu memiliki fungsi utama untuk menampilkan statistik pengunjung websitemu.

7.      Webalizer

Fitur Webalizer menampilkan data statistik yang lebih kompleks dalam bentuk grafik. Webalizer adalah program analisis file log server web yang gratis dan cepat. Laporan data yang di hasilkan sangat detail dalam format HTML yang dapat di lihat menggunakan browser standar.

8.      Webalizer FTP

Sebelumnya kita sudah membahas Webalizer yang hanya menampilkan data statistik pengunjung website. Nah, jika website kamu di kunjungi orang yang menggunakan FTP, fitur FTP Webalizer akan menampilkan data statistik menggunakan FTP. Data yang di tampilkan tentang aktivitas saat menggunakan FTP seperti:

  • Upload file melalui FTP
  • Bandwidth yang digunakan di FTP
  • Siapa pengguna FTP
  • File apa saja yang diakses melalui FTP dan lainnya

9.      Metrics Editor

Metrics Editor memungkinkan kamu memilih program metrik untuk memproses file log dan jenis statistik yang ingin di gunakan untuk melihat statistik. Di sini kamu dapat memilih antara statistik analog, awstats, atau webalizer yang akan menampilkan analisis lalu lintas untuk domain akunmu.

10. Resource Usage

Dengan fitur Resource Usage, kamu dapat dengan mudah mengetahui penggunaan CPU dan memori hosting yang di gunakan. Dengan demikian, jika resource terlalu banyak, kamu bisa langsung menganalisa apa yang paling banyak memuat server hosting.

Kelebihan Menu Metrics cPanel

Sebagai platform manajemen hosting yang memberikan banyak kemudahan, Menu Metrics inimenawarkan berbagai kelebihan, seperti:

·         Tampilan Dashboard yang Mudah Dipahami dan Digunakan

Tampilan dashboard Menu Metrics cPanel sangat mudah di pahami. Dan di gunakan karena setiap menu yang ada di dashboard memiliki panduan lengkap beserta cara penggunaan dan fungsi menu yang ada.

·         Fitur Lengkap dan Mendukung Otomatisasi

cPanel dapat menyediakan fitur yang mengotomatisasi, menyederhanakan, mengoptimalkan server dan website kamu dalam waktu singkat

·         Memiliki Layanan Dukungan 24 Jam

cPanel menyediakan layanan support responsif yang selalu aktif 24 jam dan siap membantu pengguna yang mengalami permasalahan. Selain itu, Menu Metrics cPanel juga menyediakan dokumentasi yang berisi tutorial cPanel lengkap yang dapat di akses melalui link ini.

·         Memiliki Tingkat Struktur

Menu Metrics juga dapat di akses oleh banyak pengguna dalam satu lisensi. Di sini admin utama dapat memberikan batasan pada setiap pengguna. Terdiri dari 3 level yaitu administrator, agen, dan pengguna. Setiap level dapat di batasi hanya untuk dapat mengakses menu tertentu saja.

Kekurangan Menu Metrics cPanel

Sebenarnya tidak ada kekurangan yang berarti dari Menu Metrics cPanel karena hampir semua fitur cPanel sangat membantu dalam pengelolaan hosting. Satu-satunya hal yang bisa menjadi kendala jika ingin menggunakan cPanel adalah harga lisensinya yang cukup mahal.

Hal ini dapat di atasi jika pengguna menggunakan layanan hosting yang menyertakan lisensi cPanel pada salah satu paket yang di sediakan. Setiap pilihan paket di Dewabiz di lengkapi dengan lisensi cPanel yang dapat di gunakan untuk mengelola websitemu.

Cara Melihat Statistik Website di Menu Metrics cPanel

Saat kamu membeli hosting, kemungkinan besar hosting tersebut akan di sertakan dengan Menu Metrics cPanel untuk mengelola berbagai kebutuhan websitemu. Nah, jika kamu ingin melihat statistik website, kamu juga bisa mengaksesnya melalui cPanel.

Karena cPanel ini memiliki menu yang beragam, salah satunya untuk mengetahui statistik dan performa website. Nah di sini Dewabiz akan memberikan contoh penggunaan salah satu fitur cPanel pada cara berikut ini:

  • Langkah pertama adalah login ke Menu Metrics cPanel kamu
  • Kemudian masuk ke bagian menu cPanel Metrics dan klik AWStats
  • Di sini kamu akan diarahkan ke halaman yang berisi daftar domain yang kamu miliki, lalu pilih domain yang ingin di periksa statistiknya, klik ikon kaca pembesar.
  • Jika sudah, halaman statistik AWStats akan di tampilkan di browser kamu. Di sini kamu akan mendapatkan data statistik website yang dapat kamu berupa data bulanan, mingguan bahkan harian.

Penutup

Demikian penjelasan tentang 10 Jenis Menu Metrics cPanel besarta kelebihan dan kekurangannya. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi kamu dan menambah wawasanmu.

Baca Juga