fbpx

Cara Menambah Kapasitas Upload WordPress di Website

diketahui mempunyai fitur peng-upload media yang mana ini menjadikan kegiatan meng-upload file menjadi jauh lebih mudah untuk dilakukan, tanpa harus menggunakan FTP atau File Manager. Semua file media yang ingin Bizzie punya di , akan bisa Bizzie upload dengan mudah hanya dengan beberapa kali klik saja.

Akan tetapi, yang mungkin perlu kita ketahui bahwa, media upload ini menggunakan PHP untuk meng-upload file ke . Namun sayangnya, ada batasan upload untuk ukuran file maksimal. Dalam hal ini Bizzie bisa memeriksa batas upload maksimal WordPress Bizzie dia halaman admin, atau dengan klik menu Media – Add New.

Batasan ini pun nyatanya bisa berbeda-beda, dimana semuanaya tergantung dari penyedia layanan atau konfigurasi WordPress Bizzie. Biasanya, batasan upload file maksimal ini sangat lebih dari cukup untuk penggunaan WordPress normal. 

Akan tetapi bagaimana jika misalnya Bizzie mau meng-upload file video yang berkualitas tinggi atau file PDF yang berukuran besar yang akan melebihi batas tersebut? Bila Bizzie mencoba meng-upload file yang berukuran lebih besar dari batas upload maksimal, maka biasanya Bizzie akan melihat pesan  seperti this file exceeds the maximum upload size for this site. Seperti apa cara menambah WordPress?

Cara Menambah Kapasitas Upload WordPress

Semakin berkembangnya milik Bizzie, maka penting untuk menambah kapasitas upload file WordPress. Bakan diketahui, tidak jarang para pengguna WordPress mengalami error saat mengunggah file karena memang batas maksimum ukuran file sudah melampaui limit WordPress.

Batasan inilah yang sering menjadi hambatan bagi pengguna WordPress khususnya yang baru mulai berkembang.  Yang mana pada akhirnya harus mengurungkan niatnya untuk melakukan upload, yang pada akhirnya memperlambat perkembangan website. Lalu bagaimana solusinya dan cara menambah kapasitas upload WordPress?

Baca Juga :  Inilah Cara Mengetahui Versi Wordpress Mudah dan Cepat 

1. Menambah Maximum File Upload di cPanel

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, batas maximum file upload size ini diatur oleh masing-masing layanan hosting yang Bizzie gunakan. 

Itulah mengapa, perlu tahu apakah Bizzie bisa mengubahnya sendiri atau tidak. Untuk memperoleh jawaban ini, jangan ragu untuk menanyakannya pada bagian Costumer service layanan hosting Bizzie.

Sementara untuk cara menambah kapasitas upload WordPress yang pertama ini bisa Bizzie terapkan yaitu jika layanan hosting Bizzie memakai cPanel dan juga mengizinkan pengguna mengubah pengaturan PHP untuk menambah limit upload WordPress. Caranya:

  • Pertama silakan akses  dan pilih menu Select PHP version pada kolom Software.
  • Selanjutnya silahkan klik link Switch to PHP Options.
  • Kemudian ubah nilai post_max_size dan upload_max_filesize. Disini sesuaikan dengan file yang akan Bizzie unggah.
  • Kemudian, klik Save untuk menyimpan.

2. Edit File wp-Config.php

Cara menambah kapasitas upload WordPress lainnya yaitu dengan mengedit file wp-Config.php. Metode ini bisa menjadi pilihan lain jika yang Bizzie gunakan sebelumnya belum berhasil. 

  • Pertama Bizzie dapat menambahkan baris kode berikut ini pada file wp-Config.php. define(‘WP_MEMORY_LIMIT’, ‘128M’);
  • Untuk bisa mengakses file tersebut, maka silahkan gunakan File Manager atau FTP. Lokasi file ini biasanya itu ada di direktori yang sama dengan direktori utama website. 
  • Kemudian tambahkan baris kode di atas ke baris akhir kode. 
  • Lakukan dengan hati-hati, dan pastikan jiak semua kode yang Bizzie masukkan sudah benar.

3. Melalui .htaccess

Rata-rata penyedia hosting akan memperbolehkan Bizzie mengubah pengaturan PHP melalui file .htaccess. Caranya,

  • Pertama Bizzie bisa menambahkan nilai php_value upload_max_filesize ke dalam file .htaccess jika ingin menambah memory limit upload file WordPress Bizzie.
  • Selanjutnya, Bizzie bisa menggunakan menggunakan file manager atau menggunakan FTP untuk mengedit file.htacces. 
  • Kemudian Bizzie bisa menemukan file.htacces di direktori yang sama dengan file WordPress, yaitu di folder public_html.
  • Lalu klik kanan pada file tersebut lalu pilih menu Edit.
  • Setelah itu, masukkan kode ini.
Baca Juga :  Youtube Dashboard : Pengertian dan Cara Menggunakannya

php_value upload_max_filesize 128M 
php_value post_max_size 128M 
php_value max_execution_time 300 
php_value max_input_time 300

  • Jika nanti kode Bizzie letakkan di sana, klik tombol Save Changes untuk menyimpan perubahan, dan selesai

Baca Juga Artikel Berikut : Fakta Menarik tentang WordPress yang Belum Banyak Diketahui

4. Konfigurasi File php.ini

File php.ini ini biasanya berisi instruksi untuk menentukan batas waktu file, ukuran unggahan maksimum, dan batas sumber daya. 

File ini pun juga bisa Bizzie konfigurasikan saat masih berada di localhost server atau misalnya jika Bizzie menggunakan Bizzie juag bisa mencari file php.ini dan mengubah nilai upload_max_filesize dengan nilai yang Bizzie inginkan. 

Namun, apabila misalnya Bizzie menggunakan shared hosting, maka biasanya penyedia layanan hosting tidak memperbolehkan Bizzie untuk mengedit file php.ini.  Untuk memastikannya, lalu bagaimana cara menambah kapasitas upload WordPress menggunakan ini?

  • Pertama temukan file php.ini yang mana bisa Bizzie akses melalui File Manager di kontrol panel hosting, FTP, atau SSH pada direktori utama. 
  • Jika Bizzie tidak menemukan file tersebut, maka silakan dibuat file php.ini baru dan masukkan code di bawah ini:

upload_max_filesize = 128M
post_max_size = 128M
max_execution_time = 300

  • Setelah Bizzie selesai, silakan simpan file tersebut dan masuk ke dashboard admin WordPress, lalu pilih menu Media – Add New untuk melihat perubahan.

Bagaimana? Mudah bukan? Bizzie bisa menggunakan cara-cara menambah kapasitas upload WordPress di atas jika Bizzie memanng ingin menunjang pengembangan website tanpa khawatir lagi tidak bisa mengupload file berukuran besar. Jika Bizzie mengikuti persis seperti panduan di atas, maka Bizzie akan lihat jika hasilnya berhasil.

Baca Juga Artikel Berikut : Cara Setting WP Super Cache Agar Lebih Cepat