fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

cPanel

Cara Membuka Port CSF di WHM/cPanel

dewabiz

Dalam dunia internet dan pengelolaan server, keamanan menjadi salah satu aspek yang tidak boleh diabaikan. Salah satu cara untuk meningkatkan keamanan server adalah dengan menggunakan firewall yang dapat mengontrol lalu lintas data yang masuk dan keluar dari sistem. ConfigServer Security & Firewall (CSF) adalah salah satu solusi populer yang dapat digunakan untuk melindungi server Anda dari ancaman yang beragam.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara rinci langkah-langkah yang diperlukan untuk membuka port dengan CSF di WHM (Web Host Manager). WHM adalah sebuah kontrol panel web hosting yang digunakan oleh administrator server untuk mengelola akun hosting dan konfigurasi server.

Sebelum kita mulai, penting untuk dicatat bahwa CSF tidak disediakan atau diinstal oleh cPanel, yang merupakan penyedia layanan kontrol panel hosting web terkemuka. CSF dikembangkan dan didukung oleh ConfigServer, yang menawarkan berbagai alat keamanan untuk server. Anda dapat merujuk ke pengembangan mereka di ConfigServer Security and Firewall untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut atau mengatasi masalah yang mungkin timbul.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk membuka port dengan CSF di WHM:

  1. Masuk ke WHM sebagai pengguna ‘root’:
    Sebagai langkah pertama, Anda perlu masuk ke WHM menggunakan akun root Anda. Ini memberikan akses penuh ke pengaturan dan konfigurasi server.
  2. Arahkan ke “Beranda / Plugin / ConfigServer Security & Firewall”:
    Setelah masuk ke WHM, cari opsi “Plugin” dan pilih “ConfigServer Security & Firewall” dari daftar yang tersedia. Ini akan membawa Anda ke panel kontrol CSF di WHM.
  3. Klik tombol “Firewall Configuration”:
    Di dalam panel kontrol CSF, Anda akan melihat beberapa opsi konfigurasi. Cari dan klik tombol “Firewall Configuration” untuk mengakses pengaturan firewall.
  4. Konfigurasi Port TCP Masuk:
    Di bagian konfigurasi firewall, cari opsi yang berlabel “Izinkan port TCP masuk”. Ini adalah tempat di mana Anda dapat menentukan port TCP mana yang akan dibuka untuk lalu lintas masuk. Masukkan nomor port yang sesuai ke dalam kotak teks yang tersedia di bawah opsi ini.
  5. Konfigurasi Port TCP Keluar:
    Selanjutnya, cari opsi yang berlabel “Izinkan port TCP keluar”. Ini adalah tempat di mana Anda dapat menentukan port TCP mana yang akan dibuka untuk lalu lintas keluar dari server. Masukkan nomor port yang sesuai ke dalam kotak teks yang tersedia di bawah opsi ini.
  6. Konfigurasi Port UDP Masuk:
    Di bawah opsi “Izinkan port UDP masuk”, Anda dapat menentukan port UDP mana yang akan dibuka untuk lalu lintas masuk. Sama seperti sebelumnya, masukkan nomor port yang sesuai ke dalam kotak teks yang tersedia di bawah opsi ini.
  7. Konfigurasi Port UDP Keluar:
    Terakhir, cari opsi yang berlabel “Izinkan port UDP keluar”. Ini adalah tempat di mana Anda dapat menentukan port UDP mana yang akan dibuka untuk lalu lintas keluar dari server. Masukkan nomor port yang sesuai ke dalam kotak teks yang tersedia di bawah opsi ini.
  8. Klik tombol “Ubah”:
    Setelah Anda selesai mengonfigurasi port TCP dan UDP sesuai kebutuhan Anda, gulir ke bagian bawah halaman dan klik tombol “Ubah” untuk menyimpan pengaturan Anda.
  9. Klik tombol “Firewall Restart”:
    Terakhir, setelah Anda menyimpan pengaturan Anda, pastikan untuk mengklik tombol “Firewall Restart” untuk menerapkan perubahan yang Anda buat pada konfigurasi firewall.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dengan cermat, Anda dapat membuka port dengan CSF di WHM dan meningkatkan tingkat keamanan server Anda. Penting untuk diingat bahwa membuka port tertentu dapat meningkatkan kerentanan keamanan, jadi pastikan untuk hanya membuka port yang diperlukan dan perlu sesuai kebutuhan aplikasi atau layanan yang Anda jalankan di server Anda.

Baca Juga