fbpx

Syarat Daftar Google Adsense Untuk Blogger

Bizzie punya yang ingin didaftarkan supaya bisa cuan? Tenang, kali ini akan membahas bagaimana syarat daftar agar bisa diterima. Sebab, banyak blog yang gagal karena tidak masuk kriteria pihak review google adsense. Untuk itu, jangan lewatkan informasi penting satu ini ya.

Agar bisa berpartisipasi dalam Adsense  sebagai publisher, Bizzie harus memiliki blog dengan ketentuan serta kebijakan yang telah disepakati oleh pihak google selaku penyelenggara. Terlebih jika masih pemula, sebaiknya jangan terburu-buru mengajukan diri. Perhatikan syarat mutlak yang menjadi persyaratan wajib agar permohonan yang diajukan bisa diterima.

Keuntungan Terdaftar Google Adsense

Bagi Bizzie yang sudah lama berkecimpung dalam dunia tulis menulis, terkhusus blog pastinya sudah tahu seperti apa google adsense itu. Tujuan adsense sendiri adalah menayangkan iklan dari sebuah produk atau brand kepada masyarakat dengan media blog. Tentunya, jika iklan sudah ditayangkan di blog, Bizzie akan mendapatkan uang sebagai imbalan dari iklan tersebut.

Pembayaran yang akan didapatkan pemilik blog ini didasarkan pada klik yang didapatkan. Sistem ini biasa disebut dengan istilah Pay per Click (PPC) atau Bayar per Klik (BPC). Dibandingkan media lain, blog dijadikan media iklan terbaik yang mampu menarik minat pelanggan dengan cepat. Begitu banyaknya pemilik blog yang saat ini berusaha untuk bisa terdaftar sebagai salah satu mitra google adsense. Namun, beberapa diantaranya mengalami kegagalan karena ketidaktahuan mereka mengenai persyaratannya.

Syarat Google Adsense

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh Bizzie sebelum mengajukan permohonan google adsense. Berikut ini informasinya:

1. Memakai Top Level Domain (.com, .net, .org)

Sebelum mengajukan permohonan, sebaiknya Bizzie telah menggunakan top level seperti (com), (net), (org). dengan top level ini lebih besar peluangnya untuk diterima pihak adsense. Sebisa mungkin untuk menghindari blog yang menggunakan subdomain atau subdirektori. Memang ada beberapa blog semacam ini (gratisan) berhasil mendaftar, namun peluangnya kecil. Berbeda jika memiliki hosting sendiri, peluang untuk disetujui akan semakin besar.

Baca Juga :  Daftar Lengkap Google Trends Terpopuler 2022

2. Gunakan Domain Baru

Syarat kedua adalah sebisa mungkin untuk menggunakan domain terbaru. Bizzie bisa mengeceknya di Archive.org untuk tahu apakah situs yang dimiliki ini benar-benar baru atau sudah lama. Hal ini penting, mengingat domain lama yang sudah pernah didaftarkan adsense sebelumnya kecil kemungkinan untuk diterima kembali. Kecuali, domain lama ini memiliki kualifikasi tertentu yang dibutuhkan google, maka pihaknya pasti dengan senang hati mengabulkan permohonan Bizzie.

3. Pemilik Domain Sepenuhnya

Proses pendaftaran adsense mengharuskan calonnya untuk memverifikasi kepemilikan domain. Hal ini dilakukan dengan cara memasukkan kode iklan di antara header situs Bizzie. Untuk itu pastikan Anda memiliki akses root ke situs yang dimiliki sebelum melakukan pendaftaran google adsense ini. Apabila akses ini tidak dimiliki, maka proses pendaftaran adsense tidak bisa dilakukan karena Anda tidak bisa memverifikasi situs.

4. Publikasikan Konten Terbaik

Berikutnya syarat yang harus Bizzie penuhi adalah konten yang menarik dan juga terbaik. Google adsense akan memperhatikan pengalaman pengguna dan menjadi salah satu syarat untuk bisa lolos. Pengalaman yang baik ini tentunya bisa menjadi salah satu nilai manfaat yang diberikan kepada pembaca yang melihat konten kita. Setiap konten atau kata kunci memiliki nilai per klik yang berbeda. Pastikan akun Bizzie berisi konten bermanfaat agar tidak terjadi banned nantinya.

Baca Juga Artikel Berikut : Cara Menampilkan Dokumen Google Drive ke Website

5. Minimal Usia

Tidak semua umur diperbolehkan untuk mendaftar google adsense. Perusahaan memberikan kebijakan  yaitu mensyaratkan penayang iklan berusia minimal 18 tahun. Lantas bagaimana dengan blogger yang usianya dibawah 18 tahun? Nah, pihak google memberikan solusi yaitu orang tua yang mengelola akun anak mereka dan pembayaran dilakukan kepada pemilik akun dalam hal ini orang tua.

Baca Juga :  10 Website Terbaik untuk Membuat Logo Online Gratis!

6. Usia Blog Minimal 6 Bulan

Bukan hanya usia pemilik saja yang menjadi salah satu persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mendaftar adsense, tapi umur blog juga termasuk di dalamnya. Semakin banyaknya pendaftar membuat pihak google adsense lebih selektif dalam memilih mitra. Pasalnya, banyak diantara pendaftar yang memiliki kualifikasi buruk dan bisa dibilang belum layak untuk menampilkan iklan. Enam bulan usia blog dijadikan sebagai standar untuk bisa ikut bergabung karena pada masa ini blog sudah banyak memiliki konten.

7. Periksa Bahasa yang Didukung

Ada beberapa bahasa yang tidak didukung oleh pihak adsense, seperti bahasa daerah dan beberapa bahasa dari negara lain. Penting untuk Anda mengetahui bahasa apa saja yang disetujui agar proses pendaftaran lebih besar peluangnya. Sebelum menggunakan bahasa tertentu, pastikan untuk mengeceknya terlebih dahulu.

8. Periksa Kategori Konten

Google adsense tidak sembarangan dalam menerima situs dengan konten tertentu. Seperti: pornografi, konten obat-obat terlarang, seputar alkohol dan tembakau, konten terkait cara meretas dan artikel yang yang menawarkan program kompensasi dan konten menyimpang lainnya. Jadi, sebelum mendaftarkan diri, pastikan konten Bizzie tidak termasuk ke dalam konten di atas. 

Adapun syarat penunjang lain yang memperluas peluang Bizzie untuk diterima yakni menggunakan bawaan dari blogger atau gunakan template lain yang tidak menggunakan read more. Tujuan dari penggunaan template ini agar konten bisa dibaca secara keseluruhan. Selanjutnya, jangan lupa untuk menulis deskripsi blog dan mengisi preferensi penelusuran (tag meta).

Bizzie juga sebaiknya memasang navigasi blog dengan baik seperti widget popular post, artikel terkait, serta menu widget lainnya. Tak lupa membuat halaman dan disclaimer pada blog Anda. Jangan lupa untuk terus buat konten berkualitas dan sebaiknya buat dalam satu tema saja agar blog lebih rapi. Selamat mencoba.

Baca Juga Artikel Berikut : Apa itu Google Keyword Planner