fbpx

Cara Kerja Control Panel Hosting

Tidak bisa dipungkiri bahwa penggunaan website saat ini memang sangat dibutuhkan, baik dalam sektor pendidikan, perdagangan, hiburan, berita dan lainnya. Itulah mengapa, banyak lembaga yang akhirnya berusaha mengembangkan website mereka agar bisa terus eksis di tengah perkembangan teknologi seperti sekarang.

Setiap pemilik website pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai istilah yang digunakan dalam dunia digital satu ini. Seperti salah satu contohnya yakni control panel hosting, yang bisa mempermudah pemanfaatan website terkhusus untuk website bisnis (pengaturan otomatis, cek status, membuat subdomain, install , dan beberapa tugas lainnya).

Seperti Apa cPanel Hosting Itu?

ini merupakan control panel yang bisa membantu Anda dalam mengelola hosting, website, jga . Kegiatan mengedit sub domain, memasang SSL di website, mengunggah file bisa dengan mudah dikontrol melalui cPanel. Sebagai pemula yang memulai website, BIzzie akan mendapatkan Cpanel yang akan membantu Anda dalam pengelolaan website nantinya.

Dengan kemudahan yang didapatkan dari layanan ini tentu membuat Anda tak perlu lagi mempelajari bagaimana manage server yang digunakan dalam mengoperasikan hosting. Hampir semua website menggunakan layanan ini sebab fiturnya bisa memudahkan pemilik website dalam memanage situsnya agar lebih bekerja optimal.

Cara Kerja cPanel Hosting

Melalui pembahasan di atas tentu sudah ada gambaran bagaimana control panel ini bekerja bukan? melalui cPanel ini, pengguna bisa secara langsung terhubung dengan program-program yang akan mendukung website di dalam web hosting.  Secara sederhana, cPanel hosting ini bisa membantu Bizzie mengelola website.

Untuk mengetahui bagaimana cara kerja cPanel ini secara detail, berikut ini penjelasan lebih lengkapnya:

1. Kembangakan Website Terlebih Dahulu

Sebelum membahas lebih jauh bagaimana cara kerja cPanel, seorang terlebih dulu harus mengembangkan websitenya secara offline menggunakan   HTML, PHP, dan lainnya. Pada tahap ini, Bizzie sebagai web developer bisa mendesain web menggunakan bahasa pemrograman atau dengan bantuan aplikasi tambahan.

Baca Juga :  7 Cara Mudah Menaikkan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)

cPanel telah menyediakan sejumlah fitur tambahan  yang bisa menunjang keperluan Bizzie dalam menciptakan web hosting. Adapun beberapa aplikasi yang bisa menunjang kegiatan ini adalah File Manager, BIND, Python, MySQL, Perl, PHP, dan lainnya. (dapat dukungan cPanel tentunya).

2. Membeli Paket Web Hosting serta nama Domain

Selanjutnya yang harus dilakukan setelah mengembangkan website adalah membeli paket hosting beserta nama domainnya. Langkah ini tentu sangat penting dilakukan agar situs bisa tampil di internet.  Sesaat setelah mendapat akun hosting, maka Anda sudah bisa login cPanel sekali melakukan konfigurasi website.

3. Masuk ke Akun cPanel Hosting

Pastikan membeli akun cPanel pada perusahaan penyedia yang terpercaya lalu melakukan login dengan memanfaatkan layanan welcome email provider maupun login melalui member area.  Adapun cara kerja control panel  hosting lainnya adalah di mana webs developer bisa mengakses cPanel melalui protokol HTTP.

Untuk caranya cukup mudah,  pengguna hanya perlu memasukkan nama domain yang ditambah dengan slash (/) untuk cPanel. Jika sudah dilakukan, Bizzie bisa langsung masuk dalam halaman cPanel ini. Cukup mudah bukan?

Baca Juga : Perbedaan Cloud Hosting vs Shared Hosting, Mana yang Lebih Bagus?

4. Masukkan Username Serta Password

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan setelah berhasil masuk adalah memasukkan username dan password akun cPanel. Username ini akan didapatkan langsung dari india layanan hosting yang dipilih pengguna, jika sudah berhasil login, Bizzie bisa melakukan aktivita yang mendukung kebutuhan website seperti: menginstall , menambah domain  dan subdomain, ataupun melakukan maintenance cPanel.

Sedangkan untuk mengakses fitur cPanel ini, Bizzie bisa melakukan browser karena cPanel ini memiliki basis berupa web base, adapun beberapa browser yang bisa digunakan untuk mengaksesnya meliputi: Google Chrome, Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  9 Istilah dalam Web Hosting yang Wajib Diketahui

Apa saja Kegunaan cPanel?

Berbagai aktivitas untuk mendukung kebutuhan website bisa diakses melalui bantuan cpanel. Adapun berbagai macam fungsi yang bisa didapatkan melalui layanan ini adalah sebagai berikut:

  •   Membantu menginstall software

Banyak software yang bisa di install melalui cPanel seperti Joomla, Drupal, Prestashop, dan juga WordPresss. Perangkat lunak ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti web berita komunitas, maupun toko online.

  •  Mengupload file langsung ke server

cPanel selalu memberikan kemudah tanpa batas kepada setiap pengguna. Salah satunya adalah membantu Bizze untuk mengupload file secara langsung ke server tanpa perlu bantuan aplikasi pendukung lainnya.

  • Mengelola Akun FTP untuk mengupload file

Melalui FTV, Anda bisa mengupload file dengan lebih cepat dan mudah tentu saja. Hanya perlu pengaturan sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Bukan hanya itu, bahkan Bizzie mengatur timer sesuai jadwal yang diinginkan.

  •    Memperkuat sistem keamanan situs

Siapa yang tidak mau situsnya bisa terproteksi dengan baik? Pasti semuanya ingin. Dan ini bisa diwujudkan dengan bantuan cPanel. Fungsi layanan ini selain beberapa fungsi di atas juga bisa membantu dalam memperkuat sistem keamanan untuk melindungi database dengan sangat baik. Pengguna hanya perlu melakukan beberapa pengaturan  yang bisa disesuaikan dengan keinginan.

  • Bisa mendiagnosa file berbahaya pada

Apabila terdapat file berbahaya pada komputer, cPanel bisa mengenalnya secara langsung. Layanan ini secara sederhana bisa menghentikan segala sesuatu yang berhubungan dengan file berbahaya yang bisa merusak website juga database yang tersimpan.

  • Membantu Anda dalam menambahkan domain dan subdomain dalam akun hosting

Fungsi lain yang juga bisa didapatkan melalui cPanel adalah membantu pengguna dalam menambah domain dan subdomain jika dibutuhkan yang tentunya menyesuaikan dengan kuota yang diberikan layanan.

Itulah tadi beberapa informasi seputar cPanel, cara kerja, fungsi, dan bagaimana cara mengaksesnya. Dikarenakan komponen penting dari berdirinya sebuah website, gunakanlah jasa penyedia layanan yang sudah terpercaya ya.

Baca Juga : 5 Jenis Layanan Hosting serta Kelebihan dan Kekurangannya Masing-masing