fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Hosting

7 Keunggulan Cloud Hosting untuk Website Kamu

Yanti puspita

Keunggulan paling penting dari penggunaan cloud hosting adalah kemudahan dalam mengelola urusan server dan website. Dulu ketika ingin membuat website harus menggunakan dedicated server yang hanya tersedia di satu tempat. Dengan cloud hosting, segalanya menjadi lebih mudah.

Cloud hosting merupakan versi hosting yang lebih baik dan lengkap karena cloud hosting menggunakan beberapa server sekaligus. Dengan cara ini, pemuatan situs web menjadi seimbang dan uptime server bisa dimaksimalkan untuk menghindari downtime dan tetap online.

Apa saja keunggulan cloud hosting lainnya untuk keberlangsungan website? Untuk menjawab pertanyaan tersebut bacalah artikel di bawah ini sampai akhir di sini!

Keunggulan Cloud Hosting

Cloud hosting memiliki beberapa keunggulanan yang bisa kamu dapatkan dengan menerapkan cloud hosting pada website yang buat di antaranya:

1.      Website Selalu Online dan Bisa Di Akses dengan Cepat

Cloud Hosting memiliki keunggulan yang sama dengan VPS. Cloud hosting bisa menggunakan beberapa server sekaligus untuk menampilkan situs web. Hal ini memastikan website tidak down meski diakses oleh banyak pengguna.

Dengan cara yang sama, web hosting berbasis cloud juga umumnya lebih cepat di bandingkan layanan lainnya. Pasalnya data hanya akan di transfer dari server yang paling responsif. Jika terjadi pemadaman pada salah satu jaringan server, maka data akan di transfer melalui server yang lain.

Jika bisa dianalogikan, cloud hosting bekerja seperti mobil pribadi di jalan raya. Kamu bisa dengan bebas pergi kemana saja dan berhenti dimana saja. Dibandingkan shared hosting yang seperti angkutan umum harus menunggu kendaraan penuh penumpang, sering berhenti untuk menurunkan penumpang. Layanan Cloud Hosting bisa disebut sebagai layanan eksklusif yang lebih baik.

2.      Kelola Situs Web dengan Mudah

Cloud Hosting juga cukup mudah untuk dikelola. Hal ini karena memiliki berbagai opsi pengaturan dan manajemen situs web. Opsi pertama sama dengan layanan shared hosting. Artinya, pemilik website yang ingin melakukan upgrade ke cloud hosting tidak perlu khawatir dalam mengelola websitenya.

Layanan Cloud Hosting tetap memiliki cPanel atau control panel untuk mengatur segala urusan teknis website. Selain itu, terdapat juga fitur manajemen WordPress untuk mengelola pembaruan otomatis dan pratinjau web sebelum online ke publik.

Tidak hanya itu, layanan cloud juga kompatibel dengan Laravel dan Webpack. Dengan kedua software ini, kamu bisa mengembangkan aplikasi berbasis web dengan PHP.

Yang terpenting adalah kamu bisa menginstal platform yang diperlukan hanya dengan satu klik. Pasalnya, layanan web hosting tunggal ini juga memiliki installer otomatis. Dengan fitur ini, platform yang diinginkan baik itu WordPress, Joomla, Laravel, Drupal, Weebly, dll. siap untuk kamu gunakan.

3.      Aman Dari Malware dan Hacker

Soal keamanan, kamu tidak perlu meragukan lagi performa yang diberikan oleh Cloud Hosting. Layanan hosting ini siap mengatasi berbagai celah keamanan yang ada pada website. Karena layanan cloud hadir dengan berbagai fitur keamanan untuk mencegah malware dan hacker.

Setidaknya ada lima fitur keamanan yang tersedia langsung di DewaBiz Cloud Hosting. Pertama, OS CloudLinux. Fitur ini melindungimu dari kebocoran data pribadi. Selain itu, CloudLinux OS juga memperbarui PHP secara berkala untuk melindungi web dari celah keamanan yang tidak diinginkan.

Kemudian, ada perlindungan malware dan DDoS (Distributed Denial of Service). Perlindungan malware diberikan dengan melakukan pemindaian rutin untuk memastikan tidak ada malware di situs web. Sementara itu, perlindungan DDoS melindungi situs web dari serangan peretas.

Tidak hanya keamanan internal yang dijaga, reputasi website juga harus dijaga. Cloud Hosting menyertakan sertifikat SSL kelas dunia. Dengan sertifikat ini, website mu akan dianggap aman oleh mesin pencari seperti Google. Hal ini tentunya akan membantumu untuk meningkatkan reputasi.

Bukan hanya itu, layanan web hosting ini juga dilengkapi dengan backup dan recovery data. Kamu bisa mengatur waktu yang diinginkan untuk pencadangan data otomatis.

4.      Layanan Bantuan

Keunggulan lain dari Cloud Hosting adalah tersedianya bantuan. Bagi kamu yang melakukan upgrade ke Cloud Hosting tidak perlu khawatir mengenai konfigurasi web. Biasanya dukungan akan membantumu untuk memigrasikan situs web.

Tidak hanya masalah migrasi website, kamu juga akan mendapatkan bantuan dari layanan pelanggan 24/7. Masalah hosting web dan situs web apa pun yang mungkin kamu temui bisa diselesaikan dengan cepat.

5.      Penghematan Biaya

Untuk terus menggunakan layanan hosting, ada beberapa biaya yang harus dibayar oleh pemilik atau pengelola website. Namun, cloud hosting menawarkan efisiensi biaya yang luar biasa. Pengguna bisa dengan cepat mendapatkan kapasitas yang mereka perlukan hanya dengan menyediakannya sendiri.

6.      Akses Otomatis ke Teknologi Terkini

Kebanyakan penyedia cloud hosting biasanya fokus pada bidang cloud mereka sendiri untuk menjadi ahli, dan ini berarti mereka selalu memiliki akses ke teknologi tercanggih atau terkini. Hal ini menjadi keuntungan karena pengguna bisa menikmati teknologi terkini secara gratis tanpa biaya tambahan.

7.      Pemulihan Data Lebih Mudah

Keunggulan lain dari hosting berbasis cloud adalah kemudahan pemulihan data. seperti yang telah di di jelaskan sebelimnya. data hilang merupakan risiko yang bisa menimpa siapa saja, termasuk pemilik bisnis hingga perusahaan besar. Kamu tentunya perlu mengembalikan data-data yang hilang dari website tersebut.

Penyedia cloud hosting umumnya melindungi data pengguna. Selain menyimpan, mereka juga membackup data pengguna di beberapa lokasi berbeda. Hal ini berbeda dengan mencadangkan data yang disimpan di komputer dan server fisik. Resiko terbesar yang bisa terjadi adalah kehilangan data secara permanen karena kesalahan yang tidak terduga.

Singkatnya, jika kamu ingin mencegah kehilangan data secara permanen, cloud hosting adalah pilihan yang tepat. Jika ada masalah pada server tempat penyimpanan data pusat, kamu bisa mendapatkan datanya kembali. Tak heran jika cloud hosting memiliki tingkat keamanan yang sangat menjanjikan bagi penggunanya.

Kekurangan Cloud Hosting

Kekurangan cloud hosting bisa diatasi dengan banyak cara agar tetap memberikan manfaat lebih bagi penggunanya. Keuntungannya umumnya tidak terlihat dengan sendirinya karena kenyataannya tidak ada layanan yang sempurna, termasuk cloud hosting.

Jadi, ketika memilih cloud hosting, pastikan kamu tidak hanya fokus pada kelebihannya saja, tapi kekurangan cloud hosting juga. Berikut adalah beberapa kekurangan dari cloud hosting yang perlu kamu ketahui.

Kecepatan Internet Menentukan Seberapa Cepat Server Bekerja

Untuk melengkapi informasi yang diperlukan mengenai kelebihan dan kekurangan cloud hosting, perhatikan juga kelemahan atau kekurangannya. Karena hosting yang kamu gunakan berbasis cloud, kecepatan server akan sangat bergantung pada kecepatan internetmu.

Perlu Penyesuaian

Ketika sebuah bisnis atau perusahaan memutuskan untuk menggunakan cloud hosting, ada aturan yang harus diperhatikan. Kamu sebaiknya meluangkan waktu untuk belajar akhir-akhir ini agar cloud hosting menjadi pilihan hosting yang tepat.

Itulah dia 7 keunggulan dari cloud hosting yang akan kamu dapatkan dengan menerapkannya dan juga beberapa kekuranggannya yang harus kamu ketahui.

Baca Juga