fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Hosting

Inilah Perbedaan Web Server dan Web Hosting yang Wajib Bizzie Ketahui

Wiliam

Bagi yang barusan saja bergabung di dalam bidang IT, maka bizzie harus mengetahui mengenai perbedaan web server dan web hosting agar tidak salah di saat menggunakannya. Meski sama-sama digunakan untuk menyimpan data di sebuah website, akan tetapi web server dan hosting ini bukan satu hal yang sama. 

Lantas apa saja perbedaan web server dan web hosting? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, maka akan lebih baik bizzie pahami terlebih dahulu masing-masing pengertian dari web server dan web hosting. Mari simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Apa Itu Web Server?

Istilah dari web server ini bisa merujuk pada perangkat keras atau lunak. Keduanya sama-sama bisa digunakan oleh bizzie yang ingin membuat website. Sebagai perangkat keras, untuk web server merupakan komputer yang menyimpan perangkat lunak dan berkas komponen seperti dokumen HTML.

Web server yang terhubung dengan internet ini akan mendapatkan dukungan dan pertukaran fisik dengan perangkat lain. Di sisi lain, sebagai perangkat lunak untuk web server ini juga sudah mencakup beberapa bagian yang berguna mengontrol bagaimana pengguna website mengakses semua bekas.

Fungsi Web Server

Sebelum membahas perbedaan web server dan web hosting, maka bizzie harus mengerti terlebih dahulu fungsinya. Web server ini mempunyai fungsi untuk menerima permintaan HTTP atau HTPPS.

Pada setiap kali browser membutuhkan berkas di dalam host pada web server, maka pihak browser akan meminta berkas dari HTTP. Ketika permintaan sudah mencapai web server (perangkat keras) yang benar, maka server HTTP (perangkat lunak) akan menerima permintaan tersebut. Di saat tidak menemukan dokumen yang diminta, maka server akan mengembalikannya dengan mengirim respon 404.

Apa Itu Web Hosting?

Supaya dipermudah lagi di dalam memahami perbedaan web server dan web hosting, maka pengertian dari web hosting adalah layanan online yang memungkinkan bizzie untuk melakukan publikasi website atau aplikasi di dalam halaman internet. Ketika mendaftar untuk menggunakan layanan web hosting, pada dasarnya bizzie sedang menyewa sebuah ruangan di dalam web server.

Jumlah ruang yang dialokasikan dialokasikan di dalam server ke website ini juga bergantung dengan jenis hoting akan digunakan. Untuk jenis-jenis utama dari web hosting, yaitu shared, dedicated dan VPS.

Fungsi Web Hosting

Fungsi utama web hosting, yaitu menyimpan data-data penting di dalam sebuah website. Setelah pengguna memasukkan nama domain, maka bizzie masuk ke dalam kolom pencarian browser.

Perbedaan Web Server dan Web Hosting

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa web server merupakan komputer yang menjalankan website bizzie. Sedangkan, untuk web hosting merupakan yang membuat website tersebut bisa diakses oleh para pengguna.

Pada saat menggunakan web server, maka bizzie akan disediakan layanan ke perangkat lain di internet. Sebaliknya, web hosting ini hanya memungkinkan organisasi dan bisnis untuk menjalankan website secara online.

Fungsi utama dari web server adalah menyimpan, memproses dan mengirimkan halaman web. Untuk sisi lain, fungsi pada web hosting adalah melakukan hosting website dan menjaga semua website di dalam server.

Apabila bizzie ingin membuat website baru, maka bisa langsung memilih web hosting dan paket hosting secara tepat. Di saat mempertimbangkan jenis hoting apa yang dipilih, untuk semuanya bergantung lagi di dalam jenis website akan dibuat dan kebutuhan sumber daya.

Lalu, ketika bizzie ingin meningkatkan kemampuan di dalam website karena sudah mempunyai banyak sekali lalu lintas dan pengunjung. Maka dari itu, bizzie bisa melakukan peningkatan server.

Bizzie juga bisa memilih jenis server yang dedicated agar tidak perlu lagi membagi sumber daya dengan website lainnya. Artinya, untuk semua sumber daya dari server tersebut akan digunakan untuk website bizzie.

Tips Memilih Web Server dan Web Hosting

Setelah paham dengan perbedaan web server dan web hosting, maka untuk hal lain yang harus diketahui adalah tips memilih keduanya. Ada beberapa tips yang dapat digunakan oleh bizzie, ketika akan memilih web server atau web hosting, yaitu :

1. Mengetahui Kebutuhan Bisnis

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat website, yaitu mengetahui kebutuhan bisnis. Ada beberapa hal yang setidaknya harus diketahui oleh bizzie, yaitu :

●   Apakah situs web yang bizzie butuhkan ini membutuhkan akses cepat?

●   Apakah website bizzie akan digunakan untuk toko online atau hanya menampilkan company profile saja?

●       Apakah situs web bizzie mempunyai lalu lintas yang tinggi dan membutuhkan ruang disk besar?

Semua hal yang sudah disebutkan diatas ini harus dipikirkan secara matang-matang. Tujuannya, agar website yang bizzie miliki ini bisa berjalan dan beroperasi secara lancar tanpa kendala sekalipun.

2. Diskusi dengan Seorang Web Developer

Sebelum membuat website dan memilih jenis server apa yang akan digunakan, bizzie harus melakukan diskusi terlebih dahulu kepada pihak pengembang website. Selain itu, bizzie juga bisa bertanya pendapat mengenai pengembang website mengenai perbedaan web server dan web hosting.

3. Memilih Layanan dengan Tim Support 24 Jam

Seringkali layanan web server atau hosting yang dipilih ini mengalami masalah. Supaya tidak bingung ketika masalah tersebut terjadi, maka bisa memilih layanan yang mempunyai tim support bekerja aktif 24 jam non stop.

Itulah dia penjelasan mengenai perbedaan web server dan web hosting. Besar harapan untuk penjelasan di atas mengenai perbedaan web server dan web hosting tidak membuat para pemula bingung, ketika ingin membuat website.

Baca Juga