fbpx

5 Jenis Layanan Hosting serta Kelebihan dan Kekurangannya Masing-masing

Saat akan mulai membuat website, pertama Anda harus menentukan terlebih dahulu layanan hostingnya. Ada beberapa jenis layanan yang bisa Anda pilih saat ini. Apa saja pilihannya?

Jenis Layanan Hosting, Kekurangan, dan Kelebihannya

jenis layanan hosting

Hosting berfungsi sebagai space server atau kapasitas server untuk menampung berbagai seperti file, gambar atau , aplikasi, program, database, dan lain-lain. Anda dapat memilih satu dari empat jenis layanan hosting berikut ini:

1. Shared Hosting

Jenis hosting ini merupakan yang paling populer dipilih oleh para pemula, yakni mereka ingin membuat untuk pertama kalinya. 

Shared hosting adalah salah satu layanan hosting, di mana satu server digunakan secara bersamaan oleh banyak website. Fasilitas-fasilitas dalam hosting tersebut pun, dinikmati secara bersama-sama.

Mengapa pemula biasanya menggunakan hosting ini? Pertama, karena harga layanannya yang terjangkau. Kedua, pemilik website tidak perlu repot-repot melakukan maintenance atau perawatan, karena penyedia hosting yang mengurus segala pengelolaan dan pembaruan, serta masalah keamanan.

Namun, dengan banyaknya website yang menggunakan hosting ini secara bersamaan, menyebabkan aksesnya menjadi lambat. Selain itu, apabila satu server mengalami gangguan, kemungkinan besar server lain juga mengalami dampaknya.

2. Cloud Hosting

Berbeda dari shared hosting yang hanya menggunakan satu server untuk banyak akun, hosting adalah layanan hosting yang menyediakan berbagai server. Gabungan dari berbagai server ini disebut “cloud cluster”.

Maka dari itu, apabila satu server mengalami gangguan, maka server lain tidak akan terkena dampaknya. Sebaliknya, server lainnya akan berfungsi sebagai “penopang” untuk membuat website tetap berjalan. Sehingga, beban atau load menjadi seimbang serta server uptime atau jam server dapat berjalan optimal.

Baca Juga :  5 Faktor Yang Bisa Meningkatkan Peringkat di Google

3. VPS Hosting

VPS Hosting (Virtual Private Server) adalah server dengan virtualisasi untuk menyimpan berbagai data pada website. Sehingga, hardware server fisik dapat terbagi menjadi beberapa server virtual.

VPS Hosting cocok digunakan saat traffic website Anda sedang tinggi. Karena, VPS dapat memberikan bandwidth dan resource yang besar agar performa website tetap stabil. Selain itu, Anda dapat mengontrol penuh jalannya website karena  tiap server dapat menentukan tujuannya dan sistem operasinya masing-masing.

Anda dapat memilih layanan hosting di Dewabiz.com, yang memiliki akses super cepat dan jaminan harga termurah. Di Dewabiz.com juga tersedia berbagai paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

4. Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah jenis layanan hosting di mana pengguna bisa memiliki satu server hanya untuk diri sendiri, tanpa harus berbagi dengan pengguna lain. Sehingga, jika menggunakan hosting ini, Anda diperbolehkan untuk mengontrol baik perangkat keras maupun perangkat lunak pada server. 

Tentu saja ini membuat performanya lebih baik, karena hanya digunakan oleh satu akun hosting. Selain itu, Anda dapat meng- resources secara fleksibel dan dapat menampung trafik dalam jumlah yang tinggi. 

Kemudian, karena setiap pengguna memiliki seluruh server untuk sendiri, keamanan lebih terjamin. Namun, dengan segala fitur khusus tersebut, tentu saja berpengaruh pada harganya yang paling mahal dibandingkan layanan hosting yang lain.

5. WordPress Hosting

Hosting adalah layanan hosting bagi website yang menggunakan media WordPress sebagai Content Management System atau CMS. Layanan ini sangat populer di kalangan para dan pebisnis, terutama bagi para pemula karena kemudahan dalam membuatnya.

Selain empat jenis layanan hosting di atas, terdapat beberapa alternatif pilihan lain juga. Seperti, Unlimited Hosting, Manage Hosting, dan Unmanaged Hosting.

Baca Juga :  Memperbaiki Permalink di WordPress [Mudah dan Lengkap]

Itulah jenis-jenis layanan hosting yang bisa Anda pertimbangkan untuk menjalankan website. Setiap hosting memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tinggal Anda bijak dalam memilih yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan saat ini