fbpx

Cara Duplikat Halaman WordPress Secara Mudah dan Cepat 

Para pemilik halaman pastinya pernah merasakan bosan ketika melihat tampilan yang hanya itu-itu saja. Bahkan ketika ingin mengganti desain dengan yang baru. Akan tetapi, ketika ingin mengganti desain bizzie juga harus memikirkan bagaimana cara untuk menjaga keutuhan konten. Siapa tau konten yang ada di halaman situs akan dibutuhkan di beberapa waktu atau masa mendatang. 

Maka satu langkah yang bisa diambil oleh para pemilik situs adalah mencari informasi mengenai . Pada saat menggunakan cara duplikat halaman wordpress tidak membutuhkan banyak waktu. Cukup berikan sekali saja dibagian klik yang bermasalah dan tunggu beberapa menit sudah langsung teratasi. 

Kesempatan kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai cara duplikat halaman wordpress. Sedangkan untuk bizzie yang penasaran dengan beberapa cara tersebut bisa langsung simak lebih jelasnya di bawah ini. 

Beberapa Cara Duplikat Halaman WordPress yang Dapat Dipilih 

Ketika ingin melakukan cara duplikat halaman wordpress bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa pilihan. Untuk beberapa cara yang bisa dipilih oleh bizzie adalah:

1. Cara Duplikat Halaman WordPress Menggunakan Plugin Duplicate Post 

Untuk cara duplikat halaman wordpress yang pertama bisa menggunakan duplicate post. Di saat menggunakan plugin ini, bizzie tidak hanya bisa membuat clone saja. Akan tetapi bizzie juga bisa menambahkan opsi kustomisasi. 

Menariknya lagi bizzie juga diberikan kesempatan untuk memiliki suffix maupun prefix yang sebelumnya sudah pernah dibuat. Selain itu, untuk bizzie yang ingin membatasi fungsionalitas berdasarkan user role juga bisa dilakukan dengan menggunakan plugin duplicate post. 

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan ketika menggunakan cara duplikat halaman wordpress. Langkah-langkah yang dapat dilakukan bizzie adalah: 

  • Langkah paling pertama bizzie bisa melakukan install duplicate post terlebih dahulu. Ketika proses install sudah selesai bisa langsung mengaktifkan plugin tersebut.
Baca Juga :  Apa itu SEO? Pengertian , Manfaat dan Cara Kerja
  • Pada saat sudah berada di halaman utama bisa langsung memberikan klik pada menu “pages” dan “all pages”. 
  • Arahkan kursor pada halaman atau postingan yang akan dilakukan penggandaan. Di dalam proses penggandaan juga akan diberikan dua opsi pilihan. Untuk dua opsi pilihannya adalah clone dan new draft
  • Pilih saja langsung menu “clone”. Ketika memilih menu tersebut akan otomatis bizzie akan dibuatkan versi salinan dari post yang sudah ada sebelumnya. 
  • Berikan lagi klik pada menu “new draft” untuk membuat versi salinan dari post yang sudah dipilih sebelumnya. Kemudian bisa langsung membuka editor post ketika bizzie ingin melakukan editan. Pada editor post kali ini, bizzie juga bisa menyimpan atau langsung mempublish. 

2. Cara Duplikat Halaman WordPress Menggunakan Plugin Duplicate Page and Post

Cara duplikat halaman wordpress yang kedua bisa dengan menggunakan duplicate page dan post. Pada saat menggunakan duplicate page post dan post ini menjadi salah satu pilihan cepat ketika ingin melakukan duplikat halaman wordpress.

Menariknya lagi ketika menggunakan cara duplikat halaman wordpress kali ini tidak merubah tampilan sama sekali. Sehingga untuk masalah tampilan halaman wordpress tetap terjaga. Untuk menggunakan cara yang kedua ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan yaitu:

  • Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah melakukan install serta mengaktifkan plugin duplicate page and post terlebih dahulu. 
  • Setelah proses install dan pengaktifan sudah selesai bisa langsung membuka menu “pages” dan “all pages”. Pada menu tersebut bizzie bisa membuat salinan dari halaman. Ketika ingin membuat salinan dari post bisa memilih menu “posts” dan “all posts”. 
  • Langsung saja pilih post yang akan dilakukan penyalinan. Ketika sudah bisa memberikan klik pada kolom yang bertuliskan “clone me”. 
  • Secara otomatis bizzie langsung diarahkan ke masing-masing salinan post maupun halaman. Lakukan edit halaman ketika ingin merubahnya, ketika sudah selesai bisa langsung memberikan klik pada “publish” dan “save draft”. 
Baca Juga :  Inilah 3 Cara Menguji Tema WordPress dengan Aman

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Popup di WordPress

3. Cara Duplikat Halaman WordPress Menggunakan Post Duplicator 

Cara duplikat halaman wordpress ketiga bisa menggunakan post duplicator. Pada saat menggunakan plugin kali ini akan membuat salinan secara tepat dan tidak mengubah custom field dan taxonomy. Ada beberapa langkah yang bizzie bisa lakukan yaitu:

  • Langkah pertama bisa langsung saja melakukan install dan aktifkan plugin post duplicator. 
  • Proses install dan pengaktifan sudah selesai bisa langsung saja pilih beberapa post atau halaman yang ingin di salin. Ketika sudah selesai memilih plugin duplicate post atau page ini akan membuat salinan secara otomatis. 
  • Semua proses penyalinan post dan halaman ini bisa dilakukan secara cepat. 

4. Cara Duplikat Halaman WordPress Tanpa Menggunakan Plugin 

Cara duplikat halaman wordpress keempat bisa dilakukan dengan menggunakan plugin. Ketika tidak ingin menggunakan plugin maka, bizzie bisa melakukan duplikat halaman wordpress dengan kode. 

Ketika bizzie paham dengan , maka tidak merasa kesulitan ketika mengharuskan menggunakan kode. Bahkan, orang yang sudah lama di dunia pemrograman juga tidak asing lagi ketika mendengar kata-kata

Untuk kode yang digunakan pada cara duplikat halaman wordpress tanpa plugin ini bisa dicari melalui halaman . Ketika sudah menemukan kode tersebut bisa langsung saja melakukan copy paste pada file functions.php. 

Pada saat proses copy paste juga sudah selesai bisa langsung membuka file manager atau editor file wordpress. Buka lagi menu “all posts” dan “all pages”. Di menu tersebut bizzie juga bisa langsung saja memilih kolom “duplicate”. 

Nah, itu dia penjelasan mengenai beberapa cara duplikat halaman wordpress. Besar harapan dengan penjelasan tersebut bisa membantu bizzie yang sedang membutuhkan informasi mengenai cara duplikat halaman wordpress.

Baca Juga : Cara Setting WP Super Cache Agar Lebih Cepat