fbpx

Cara Setting WP Super Cache Agar Lebih Cepat

Mengapa harus mengetahui cara setting Wp super ? Tahukah Bizzie jika kecepatan merupakan salah satu faktor on page yang dapat mempengaruhi ranking Bizzie di halaman hasil pencarian. Bukan hanya itu saja, waktu loading website pun turut mempengaruhi kenyamanan pengunjung website. Tentu tidak banyak orang yang ingin menunggu sebuah website yang loadingnya lambat, bukan?

Tentunya ada berbagai cara yang bisa Bizzie lakukan untuk bisa mengoptimasi waktu loading di website Bizzie. Bagi Bizzie pengguna , maka ini adalah salah satu cara mudah dan cepat untuk mengoptimasi waktu loading website Bizzie dengan menginstall caching di website Bizzie.

Mengenal Plugin WP Super Cache

Plugin adalah sebuah plugin cache di WordPress yang menggabungkan file html yang tersedia secara langsung oleh Apache tanpa harus memproses kode PHP yang berat. Tentunya dengan menggunakan plugin tersebut maka Bizzie bisa menambah kecepatan akses sistem WordPress kita secara signifikan.

Plugin ini sendiri sebenarnya diturunkan dari plugin WP-Cache 2 yang diciptakan oleh Ricardo Galli Granada, yang mana ini akan menghasilkan caches pada halaman di WordPress dan kemudian akan mengirimkannya tanpa melalui database. Meskipun demikian, hal ini masih menghasilkan waktu tambahan untuk meload PHP engine bisa melakukan serving file cache.

Sebenarnya plugin WP Super Cache hampir sama dengan plugin WP-Cache 2. Akan tetapi ada terdapat sedikit perbedaan yaitu pada file html yang digenerate tanpa menggunakan kode PHP. 

Lalu bagaimana kecepatan dari loading file gambar pada website? Kecepatan loading gambar ini tentulah akan menjadi sangat cepat, secepat kecepatan meload file cache.

Baca Juga :  Panduan Tentang Menggunakan All In One SEO Wordpress

Kecepatan pada website ini adalah hal yang sangat penting untuk menunjang SEO yang mana nantinya akan bisa mempengaruhi ranking situs Bizzie di halaman hasil pencarian. Selain itu, waktu loading website pun begitu mempengaruhi kenyamanan pengunjung website. Itulah mengapa jika saat ini Bizzie sedang mencari cara setting Wp super cache, maka bisa melalui penjabaran berikut ini. 

Baca Juga Berikut : Cara Menambah Kapasitas Upload WordPress di Website

Cara Setting WP Super Cache Agar Website Biar Bekerja Lebih Cepat

Selama memakai WordPress, pernahkah Bizzie mengalami loading website lambat pada saat ingin menambah postingan baru? Hal ini tentu saja bisa diatasi dengan menggunaan plugin caching untuk WordPress bernama WP Super Cache.

cara setting Wp super cache ini pun juga mudah dilakukan karena konfigurasi yang mudah dipahami, baik untuk orang awam sekalipun. Sehhingga, Bizzie akan bisa menikmati website dengan kecepatan yang lebih baik berbekal plugin ini.  

WP Super Cache ini diketahui mampu memberikan kemudahan bagi kita untuk melakukan konfigurasi pada plugin. Kita pun juga nantinya tidak perlu mempunyai keahlian kusus hanya untuk melakukan konfigurasi plugini ini. Bizzie cukup paham setiap keterangan yang sudah di berikan.  Lalu bagaimana cara setting Wp super cache ini?

1. Unduh dan Instal WP Super Cache

Langkah pertama untuk tahu seperti apa  cara setting Wp super cache dilakukan yaitu dengan mengunduh dan mendownload plugin Wp Super Cache, caranya:

  • Pertama silahkan login ke dashboard admin WordPress Bizzie melalui domainanda.com/wp-admin.
  • Kemudian di menu bagian kiri, silakan pilih Plugins – Add New.
  • Lalu ketikkan WP Super Cache pada kolom pencarian, kemudian tekan Enter.
  • Selanjutnya klik Install pada plugin WP Super Cache untuk memulai proses instalasi.
  • Jika nanti proses instalasi selesai, silakan aktifkan plugin dengan mengklik tombol Activate.

Dalam hal ini sangat disarankan untuk Bizzie untuk bisa menonaktifkan semua plugin caching. Bizzie hanya perlu mengklik Deactivate pada plugin yang ingin Bizzie nonaktifkan.

Baca Juga :  Cara Cepat Approve Google Adsense Paling Mudah!

2. Konfigurasi WP Super Cache

Fitur caching yang ada di plugin ini secara default sebenarnya tidak aktif. Disini Bizzie hanya perlu mengaktifkannya dengan cara melakukan beberapa konfigurasi sederhana. 

Langkahnya memang mudah dilakukan, hanya saja bisa sedikit menyulitkan bagi pengguna awam yang belum terbiasa. Itulah mengapa, di bawah ini tersedia konfigurasi yang di rekomendasikan untuk Bizzie.

  • Pada menu di sebelah kiri silakah klik Settings kemudian pilihlah WP Super Cache.
  • Kemudian Bizzie akan melihat tab Easy lalu aktifkan radio button Caching On dan tekan tombol Update Status.

Jika misalnya Bizzie ingin melakukan pengaturan lanjutan, maka silakan tekan tab Advanced kemudian aktifkan pengaturan berikut ini.

  • Cache hits to this website for quick access, merupakan sebuah pilihan ini untuk mengaktifkan caching advance.
  • Use mod_rewrite to cache file – mod_rewrite, ini dibuat langsung melalui Apache. Yang berarti, ketika website Bizzie diakses, maka hanya proses Apache saja yang akan dieksekusi. Jika setelah mengaktifkan pilihan ini website Bizzie mengalami error, maka biasanya mod_rewrite akan dinonaktifkan di server Bizzie.
  • Compress pages so they’re served more quickly to visitors, yaitu merupakan fitur ini secara signifikan nantinya akan mengurangi ukuran file pada website Bizzie.
  • Jika sudah selesai melakukan pengaturan, silakan tekan tombol Update Status. Nanti Bizzie akan melihat kotak besar berwarna kuning, kemudian scroll ke bawah dan tekan tombol Update Mod_Rewrite Rules.
  • Terakhir Bizzie akan melihat pesan berwarna hijau dengan tulisan Mod Rewrite rules updated

Caching atau WP Cache merupakan sebuah teknik yang mana bisa membantu Bizzie untuk meningkatkan kinerja dari wordpress Bizzie nantinya. Dengan tahu seperti apa cara setting Wp super cache maka kini WordPress Bizzie pun akan jauh lebih optimal.

Baca Juga Artikel Berikut : 3 Cara Menghilangkan Powered By WordPress