fbpx

Cara Aktivasi Free SSL Setelah 24 Jam Dengan Mudah

Untuk Anda yang telah membeli paket akan terdapat satu fase yang masing-masing klien lewati yaitu cara aktivasi setelah 24 jam. Dengan pemakaian itu nantinya situs Anda lebih aman. Menariknya lagi Anda tak harus mengeluarkan biaya untuk membeli SSL sendiri lantaran saat ini tersedia banyak SSL gratis dan dapat dipakai.

Meskipun begitu jangan salah sebab free SSL sudah terbukti ampuh dalam hal mengamankan pertukaran data dalam situs. Sehingga para pengunjung tak merasa ragu lagi guna mengakses situs milik Anda. Sebelumnya Anda perlu mengecek situs apakah ada ikon gembok yang terbuka tepat di sebelah , kala useperti itu bisa saja lantaran belum memasang SSL dalam hosting. Inilah yang menjadi alasan mengapa Anda harus mengetahui bagaimana cara .

Inilah Beberapa Cara Aktivasi Free SSL Setelah 24 Jam Paling Mudah

Sebelum mengetahui tentang cara aktivasi free SSL setelah 24 jam, Anda patut memahami mengenai SSL itu sendiri. SSL atau singkatan dari Secure Socket Layer adalah suatu teknologi yang dipakai guna membangun aman atau terenkripsi antara client dan sever. Di mana data-data ataupun informasi yang sifatnya sensitive misalnya seperti kartu kredit, password dan sebagainya dalam enkripsi pada ketika tahap pengiriman informasi yang berasal dari browser menuju server.

Dengan demikian hanya pihak penerima saja dapat memahami data apa saja yang telah dikirimkan. Kalau Anda memakai layanan hosting dari penyedia nantinya memperoleh Free SSL yang berasal dari let’s encrypt lalu bisa diaktifkan lewat halaman cPanel hosting. Berikut ini adalah cara mudah yang dapat Anda terapkan untuk aktiviasi free SSL sesudah 24 jam.

Baca Juga :  Sejarah Komputer Generasi Pertama, Ini Penjelasannya

Cara untuk aktivasi free SSL sesudah 24 jam

Sebelum mengikuti cara aktivasi free SSL setelah 24 jam, pastikan Anda sudah membeli paket hosting terlebih dahulu. Sesudah Anda membeli paket hosting berikutnya pastikan hosting itu sudah aktif serta bisa diakses. Apabila belum maka silahkan memastikan pengaturan NS serta DNS sudah benar. Setelah itu Anda baru dapat memeriksa dalam pengecekan resoves dns.

Apabila dalam waktu 24 jam sesudah bisa diakses namun situs Anda belum dapat pengguna akses memakai , maka Anda dapat melakukan hal di bawah ini:

Cara aktivasi free SSL setelah 24 jam yang pertama adalah mengakses file manager yang ada di cPanel Anda. 

  1. Setelah itu Anda dapat melakukan pengecekan data dalam folder bernama /home/user/ssl/ssl/db.
  2. Langkah ketiga, Anda bisa merubah nama pada file yaitu ssl.db menjadi nama lainnya, adapun perubahan nama tersebut misalnya ssl.db.bak.
  3. Berikutnya kembali lagi ke cpanel home, kemudian lanjutkan dengan memilih menu bernama SSL/TLS Status kemudian ketuk nama dan tekan run AutoSSL.

Proses dalam cara aktivasi free SSL setelah 24 jam sudah selesai sampai tahap itu. Namun agar prosesnya selesai sampai 100 persen maka Anda harus menunggu setidaknya hingga 24 jam. Kalau sesudah 24 jam tetapi akses ke https tetap tak bisa, silahkan saja menuliskan tiket Anda dengan topik tentang aktivasi SSL gratis melalui fitur pihak penyedia terkait.

Baca Juga Artikel Berikut : Inilah 7 Fungsi SSL untuk Website yang Wajib Diketahui

Cara untuk aktivasi free SSL sesudah 24 jam pada custom domain blogspot

Apabila Anda hanya mempunyai domain yang dicustom dalam blogspot maka tak perlu khawatir. Pasalnya pada saat ini blogspot telah menyediakan SSL untuk hal custom domain, sehingga nantinya domain milik Anda bisa diakses lewat HTTPS. Berikut ini adalah bagaimana cara aktivasi free SSL setelah 24 jam pada blogspot milik Anda.

Baca Juga :  Cara Mudah Mengatasi Disk Space Usage Full

Melakukan custom domain blogspot

Sebelum aktivasi free SSL, maka pastikan Anda telah melakukan tahap custom domain blogspot sebelumnya. Jika Anda belum melakukan proses custom domain ke dalam blogspot maka bisa dicustom terlebih dahulu.

Aktifkan SSL atau HTTPS dalam Blogspot

Sesudah tahap custom domain selesai, maka cara aktivasi free SSL setelah 24 jam berikutnya silahkan Anda langsung masuk dalam halaman utama di Blogspot. Anda dapat menekan menu setelan di dalamnya. Dalam menu HTPS masih dalam set No atau berarti belum aktif.

Agar bisa mengaktifkan SSL atau HTTPS di blogspot maka silahkan ubah status dalam HTTPS yang awalnya dari no dan berubah menjadi yes. Setelah tahap aktivasi SSL selesai, nantinya domain bisa diakses para pengguna lewat HTTPS. 

Cara aktivasi SSL gratis pada cPanel

Cara aktivasi free SSL setelah 24 selanjutnya dapat Anda terapkan pada cPanel. Penyedia biasanya telah menyediakan fitur berupa free SSL dalam seluruh layanan hostingnya. Adapun secara default, layanan free SSL ini nantinya aktif dalam waktu paling lama 2 x 24 jam. Tetapi kalau Anda ingin mempercepat tahap instalasi, maka dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Langkah pertama, Anda perlu masuk dalam cPanel hosting.
  2. Setelah itu lanjutkan dengan masuk dalam menu bernama SSL atau TLS Status,
  3. Dalam halaman tersebut, nantinya tampil list domain yang termasuk subdomain Anda serta tahap aktivasi SSL yang berada di dalamnya. Jika statusnya merah mengartikan belum aktif, jika warnanya sudah hijau berarti telah aktif.
  4. Agar dapat mengaktifkan SSL yang masih merah dalam cara aktivasi free SSL setelah 24 jam, Anda bisa centang yang berada di sebelah kiri subdomain atau domainnya.
  5. Kemudian tekan Run Auto SSL.

Seperti itulah cara aktivasi free SSL setelah 24 jam yang mudah Anda lakukan secara langsung.

Baca Juga Artikel Berikut : Tips Memilih SSL Untuk Pemula