fbpx

Cara Kerja Control Panel Hosting Yang Perlu Diketahui

Penggunaan dalam berbagai sektor kehidupan, baik untuk pendidikan, , kesehatan, dan lainnya sangat dibutuhkan. Bizzie sudah pasti tidak asing lagi dengan istilah control panel hosting bukan? Sebab ini sangat erat kaitannya dengan website. Cpanel hosting berguna untuk mempermudah pemanfaatan website, terkhusus untuk bisnis. Panel hosting ini berguna untuk pengaturan email, cek status, membuat subdomain, instal , dan berbagai kegunaan lainnya.

Secara sederhana, panel  bisa membantu Bizzie untuk mengelola hosting, website, dan juga domain. Pengguna website yang baru pertama kali menggunakan cpanel akan terbantu dalam hal mengedit subdomain, memasang SSL pada website, serta mengunggah file dengan mudah dan banyak lagi kegunaan lainnya. Lantas bagaimana sebenarnya cara control panel hosting? Semoga informasi di bawah ini bisa membantu.

Cara Kerja Control Panel Hosting

Dikarenakan cpanel merupakan salah satu fitur yang ada dalam web hosting sehingga Bizzie bisa langsung terhubung dengan program yang mendukung website dalam hosting. Fitur ini termasuk kedalam komponen yang terproteksi dan mewajibkan penggunanya untuk memasukkan kode atau password dan usernamenya terlebih dahulu.

Untuk penjelasan lebih rinci terkait cara kerja control panel hosting, berikut ini informasi lebih lengkapnya:

1. Kembangkan Website Terlebih Dahulu

Sebelum membahas lebih jauh perihal cara kerjanya, seorang developer terlebih dulu harus mengembangkan websitenya secara offline. Seperti website yang menggunakan pemrograman HTML, PHP, atau jenis lainnya. Pada proses pembuatan web ini, developer harus memakai aplikasi tambahan dan juga bahasa pemrograman.

Cpanel juga telah menyediakan fitur tambahan agar developer bisa menciptakan web hosting. Adapun aplikasi yang biasanya digunakan, meliputi: File Manager, BIND, MySQL, Peri, PHP, Python, dan beberapa penunjang lainnya (berlaku untuk aplikasi yang didukung oleh cPanel). 

Baca Juga :  Inilah Cara Redirect Non WWW ke WWW

2. Membeli Paket Web Hosting dan Nama Domain

Setelah mengembangkan website, seorang developer harus membeli paket hosting sekaligus nama domainnya. Tahap ini tidak boleh dilewatkan agar web bisa muncul di . Apabila Bizzie telah mendapatkan akun hosting, maka proses login cPanel sudah bisa dilakukan sekaligus konfigurasi website.

3. Masuk ke Akun cPanel Hosting

Setelah membeli paket hosting, Bizzie selaku web developer sudah bisa login dengan cara memanfaatkan layanan welcome email provider ataupun login melalui member area. Atau bisa juga dengan mengakses cPanel memakai protokol . Untuk caranya cukup simple, yakni mengetikkan nama domain yang ditambah slash (/) untuk cpanel. Dengan begitu, Bizzie secara otomatis akan masuk dalam control panel tersebut.

4. Masukkan Username dan Password

Selanjutnya, Bizzie bisa memasukkan username serta password pada menu yang telah disediakan. Keduanya didapatkan pada saat  membeli hosting. Jika sudah berhasil, maka Anda sudah bisa melakukan berbagai aktivitas untuk menunjang website seperti melakukan maintenance cpanel, menginstall software, ataupun menambah domain dan subdomain.

Untuk mengakses semua fitur cPanel, pengguna harus login melalui seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dan beberapa browser lainnya 

5. Lakukan Penginstalan Software

Cara kerja control panel hosting yang terakhir adalah penginstalan software yang bisa dilakukan setelah semua proses di atas sukses dilakukan. Bizzie bisa melakukan proses penginstalan ini melalui softaculous untuk install software. Cara menginstallnya juga terbilang mudah, hanya dengan mengklik maupun instruksi khusus yang akan diinformasikan secara langsung saat proses tersebut dilakukan.

Baca Juga Berikut : Mudah! Inilah 5 Cara Pindah Hosting Antar cPanel

Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan Dengan Control Panel Hosting

Tools cPanel ini memang memiliki banyak sekali manfaat. Bizzie bisa melakukan beberapa hal dibawah ini melalui control panel hosting. Apa saja? Berikut informasinya:

1. Mengelola File

Pengguna yang sudah login dengan cPanel tidak memerlukan lagi yang namanya masuk ke untuk sekedar transfer file, mengupload file website, atau membuat file baru lainnya. Dengan adanya file manager, Bizzie bisa melakukan apapun dengan mudah. 

Baca Juga :  Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri di cPanel

Tak hanya itu saja, terdapat pula File Restoration dan Backup yang akan mempermudah Anda dalam backup restore data. Untuk mengetahui besarnya kapasitas hosting yang masih bisa digunakan, Bizzie bisa mengeceknya melalui “Disk Usage”.

2. Pengolahan Database

cPanel hosting juga bisa dimanfaatkan dalam mengelola database website. Bagi orang awam, membuat database dengan cara manual akan sedikit ribet. Kehadiran tools ini tentunya akan sangat mempermudah karena terdapat dua jenis database yang populer dan dapat diterapkan seperti PostgreSQL dan MySQL. Terdapat pula menu phppgAdmin, phpMyAdmin, dan remote MySQL.

3. Mengelola Email

Dengan adanya tools cPanel, Bizzie juga bisa mengelola email dengan mudah dan lebih terstruktur. Pengguna bisa membuat email menggunakan domain sendiri melalui Email Account. Dalam hal ini, Bizzie bisa memilih opsi Autoresponders yang bisa membalas email secara otomatis. Terdapat pula opsi Email Filters yang berguna untuk menyaring email yang masuk.

4. Data dan Grafik

Selain mengelola konfigurasi dan setting, cPanel juga bisa melihat data dan grafik yang ada pada website. Bizzie bisa memanfaatkan tools ini untuk mengecek data viewers website per bulannya dengan cara mengakses menu visitors. 

5. Mengelola Domain

Selanjutnya cPanel juga bisa mengelola domain yang didalamnya meliputi: pembuatan redirect domain, membuat subdomain, addon domain, setting DNS,dan setting Aliases. Pada pengaturan DNS ini berguna agar Bizzie bisa mengarahkan domain menguji server lain.

6. Mengelola Keamanan

Keamanan website menjadi hal penting yang wajib diperhatikan. Melalui tools satu ini, Bizzie bisa mengontrol server memakai SSH Access. Sedangkan untuk mengelola keamanan nya sendiri, ada menu yang dinamakan IP Blocker dan Hotlink Protection yang bisa memblokir IP yang melakukan spam.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai cara kerja control panel hosting dan beberapa pemanfaatan dalam memaksimalkan kinerja website. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat ya. Sekian.

Baca Juga Artikel Ini : Manfaat Cloud Hosting Bagi Website Bisnis