fbpx

Inilah 7 Fungsi SSL untuk Website yang Wajib Diketahui

Salah satu faktor pendukung keamanan transaksi antara internet dan yaitu (Secure Sockets Layer). Dilihat dari sekilas di atas dapat dijabarkan bahwa SSL mempunyai peranan penting, peranan penting tersebutlah yang akan dibahas dalam artikel mengenai fungsi SSL untuk

Munculnya SSL itulah yang menjadikan SSL ini banyak diterapkan pada website – website untuk menjaga keamanan website tersebut. Bahkan ada beberapa SSL yang memberikan penawaran garansi jika – data penting dari client nya sampai bocor ke pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Jadi, fungsi SSL untuk website pertamanya pun dapat dilihat dari segi keamanan itu sendiri. Perbedaannya akan terlihat jelas jika website tersebut menggunakan SSL atau tidak yaitu pada tanda icon gembok yang berada di sebelah alamat

7 Fungsi SSL untuk Website yang Wajib Diketahui

Daripada berlama – lama yang akan membawa ke rasa penasaran. Berikut beberapa fungsi SSL untuk website. 

1. Mematuhi Aturan Transaksi yang Diterapkan di Internet

Fungsi SSL untuk website pertama datang dari adanya tindak baik Anda untuk mematuhi setiap aturan transaksi yang diterapkan di Internet. Apalagi jika website Anda salah satu yang selalu melakukan pertukaran data dalam sistem pembayarannya. Otomatis SSL ini harus ada yang disebut Payment Card Industry Data Security Standard. 

Aturan ini mengharuskan setiap website menggunakan sertifikat SSL. Jika Anda belum menggunakan atau menerapkan dan ternyata ada kejadian yang tidak diinginkan yaitu kebocoran data, Anda harus membayar denda yang telah diatur pada aturan tersebut. 

2. Menjaga Keamanan Antar Server

Fungsi SSL untuk website selanjutnya yaitu menjaga keamanan antar server. Dimana SSL ini akan menjamin adanya keamanan pengiriman data ke server. Selain itu juga akan memastikan bahwa data yang dikirimkan ke server sudah sesuai dengan tujuannya. Secara otomatis hal itu akan menghindarkan data atau informasi ke orang yang tidak bertanggung jawab atau pihak – pihak yang membahayakan website tersebut. 

Baca Juga :  Apa itu CloudFlare? Fungsi dan Cara Kerjanya

3. Memperbaiki Tingkat Traffic

Tanpa sadar ternyata fungsi SSL untuk website diantaranya juga akan memperbaiki tingkat traffic pada website Anda. Pasalnya traffic website dipengaruhi oleh algoritma Google, dan algoritma Google memberikan informasi bahwa pengguna banyak yang menyukai website yang mempunyai sertifikat SSL. 

4. Membangun Kepercayaan Pelanggan

Selain dari ketiga hal tersebut fungsi SSL untuk website selanjutnya yaitu membangun kepercayaan . Alasannya cukup sederhana yaitu merasa aman dan dilindungi jika berselancar di website tersebut, dan juga website yang menggunakan SSL akan ada tampilan gembok pada menu bar halaman URL tersebut. 

Hal itu juga berpengaruh terhadap kebalikannya, dimana jika tidak ada gembok akan merasa tidak dilindungi saat berada di website tersebut. Sehingga, fungsi SSL untuk website juga bisa membangun kepercayaan pelanggan sekaligus meningkatkan reputasi bahwa website tersebut telah dibangun dengan profesional. 

Baca Juga Artikel Berikut : Cara Aktivasi Free SSL Setelah 24 Jam Dengan Mudah

5. Website Terkesan Profesional

Kian bertambahnya kecanggihan tentu membawa dampak baik bagi pengguna yang sudah melek teknologi. Para pengunjung website tahu mana website yang aman dan tidak. Secara otomatis hal itulah yang akan mendukung website Anda terkesan profesional. Dengan menggunakan atau memasang sertifikat SSL, website Anda akan terlebih lebih kredibel dan terpercaya di mata para pengunjung website Anda nantinya. 

6. Menghindari Salah Kirim Data

Fungsi SSL untuk website selain dari sisi keamanan dari serangan kejahatan, juga memberikan fungsi pada otentikasi data yang akan dikirim ke server tujuan. Hal itu bertujuan untuk melindungi data, sehingga tidak akan ada salah kirim data.

7. Membantu Popularitas Website

Fungsi SSL untuk website yang tidak kalah ketinggalan bermanfaatnya yaitu membantu meningkatkan popularitas dalam pencarian Google. Karena website tersebut dapat dikatakan aman dan sesuai dengan aturan, maka bisa menjadi salah satu alat pendukung agar website memperoleh ranking SEO dalam pencarian Google tersebut. Hal itu akan lebih memberikan dampak baik daripada tidak menggunakan SSL.

Baca Juga :  Cara Verifikasi Google Search Console Dengan Mudah

Lalu, Bagaimana Cara Kerja SSL?

Setelah membaca informasi tentang fungsi SSL untuk website Anda semakin bertanya – tanya. Bagaimana cara kerja SSL yang bisa memiliki fungsi keren tersebut? Pada dasarnya saat Anda melakukan aktivitas di dunia internet baik itu saat hanya mengunjungi website, penerimaan dan pengiriman atau adanya aktivitas transfer lainnya. 

SSL yang berfungsi sebagai pengaman data ini menggunakan metode end – to – end encryption atau yang biasa disebut enkripsi ujung ke ujung ini akan memberikan pengertian bahwa tidak akan ada pihak ketiga yang dapat membaca informasi yang sedang ditransfer. Dan juga sertifikat SSL menggunakan dua kombinasi kunci enkripsi yaitu publik key dan private key. 

Dimana kedua kombinasi tersebut mempunyai penjelasan yang berbeda- beda, jika publik key berguna untuk mengacak atau mengenkripsi data yang akan dikirim. Sedangkan private key berguna untuk mengembalikan data yang telah diacak menjadi format yang dapat dibaca kembali oleh para penggunannya. Sehingga, SSL akan memberikan cara kerja yang tidak dapat dibaca oleh pihak ketiga yang akan berbuat tindakan kejahatan.

Itulah informasi mengenai beberapa fungsi SSL untuk website. Jadi, ada baiknya Anda langsung memasang sertifikat SSL untuk keamanan website Anda di masa depan. Apalagi sudah ada banyak jasa penyedia SSL yang akan membantu Anda membangun website dengan baik, dan juga diimbangi dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga Artikel Berikut : Tips Memilih SSL Untuk Pemula