fbpx

Apa Itu Influencer? Pengertian, Manfaat dan Tugasnya

Influencer seolah menjadi sebuah pekerjaan baru saat ini, terutama di Indonesia. Banyak anak muda yang tertarik menjadi influencer di . Salah satu faktornya adalah keterkenalan dan bisa mendapatkan uang dengan mudah hanya dengan konten di media sosial. Apakah semudah itu? Nyatanya menjadi seorang influencer tidak semudah hanya dengan memiliki banyak followers, ada banyak hal penting yang juga perlu dipahami.

Peran influencer erat kaitannya dengan . Maka tidak heran banyak yang rela membayar jasa influencer untuk menggaungkan sebuah topik atau tujuan tertentu. Dengan banyaknya pengikut yang dimiliki seorang influencer, menjadi sebuah tanda kalau apa yang dibicarakannya lebih didengar dan dipercaya.

Jika hanya berpatokan pada jumlah followers, sebenarnya apa itu influencer? Apa manfaat dan tugas mereka ketika kita memilih untuk menggunakan jasa mereka? Di kesempatan kali kita akan membahas itu semua secara lebih lengkap.

Apa Itu Influencer?

Influencer adalah seseorang yang berpengaruh atau dapat memberikan pengaruh kepada masyarakat. Umumnya influencer menggunakan media sosial untuk mempengaruhi orang-orang yang mengikuti mereka. Lewat konten dan aktivitas mereka di media sosial, para pengikut bisa mengetahui keseharian dan gaya hidup seorang influencer.

Meski ada anggapan bahwa memiliki followers dengan jumlah banyak bisa menjadi seorang influencer, itu tidak sepenuhnya benar. Karena selama seseorang itu dapat memberikan pengaruh atau menjadi trend setter di masyarakat, maka dia bisa dikategorikan sebagai influencer. Walaupun hanya memiliki ribuan followers di media sosial.

Secara spesifik, influencer dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Micro influencer – memiliki pengikut 10.000 – 100.000
  • Macro influencer – memiliki pengikut 100.000 – 1juta
  • Nano influencer – memiliki pengikut 1.000 – 10.0000
  • Mega influencer – memiliki pengikut lebih dari 1 juta

Masing-masing memiliki pengaruh dan peranannya tersendiri. Misalnya nano influencer, meski hanya memiliki followers ribuan, namun influencer jenis ini lebih dipercaya. Karena lebih spesifik dan cenderung apa adanya ketika menyampaikan sesuatu.

Baca juga: Mudah! 4 Cara Optimasi SEO di Instagram

Manfaat Influencer pada Bisnis

Melihat pengaruhnya yang begitu besar di media sosial, ada banyak manfaat influencer yang bisa didapat, terutama manfaat pada bisnis yang sedang kita jalankan, seperti:

Baca Juga :  Inilah 3 Cara Memperbesar Ukuran Gambar 

1. Membangun Brand Awareness

Sebuah yang baru diperkenalkan tentunya belum begitu dikenal oleh masyarakat. Maka dengan bantuan influencer, brand tersebut bisa membangun brand awareness. Sehingga nantinya bisa lebih dikenal dan memiliki pengikut yang banyak di media sosial.

Membangun brand awareness jadi proses yang sangat penting bagi sebuah bisnis. Karena itulah awal orang mengenal bisnis kita. Jika proses ini dipadukan dengan influencer yang tepat, maka brand Anda akan mendapat respon yang positif di masyarakat. Khususnya mereka yang menjadi target market bisnis Anda.

2. Membuat Sebuah Produk Mudah Dikenal

Influencer sering sekali digandeng untuk memperkenalkan sebuah produk. Terlepas dari kekuatan brand yang menaunginya, sebuah produk yang baru dirilis tentunya memerlukan pemberitaan atau khusus agar lebih mudah dikenali. Dengan bantuan influencer, hal tersebut akan lebih mudah tercapai.

Agar hasilnya maksimal, Anda bisa memilih influencer yang memiliki kesamaan niche dan target market dengan produk yang Anda tawarkan. Dengan begitu Anda akan mendapatkan lebih banyak keuntungan.

3. Membangun Trust Calon Customer

Selain brand awareness, kita juga perlu membangun kepercyaaan (trust) di kalangan masyarakat. Pada tahap inilah peran influencer juga sangat dibutuhkan. Dengan kempuan mereka mempengaruhi para pengikutnya, maka akan memberikan dampak positif pada bisnis kita. Orang-orang akan dengan cepat mempercayai produk atau jasa yang kita tawarkan.

Tentunya kepercayaan tersebut juga harus diimbangi dengan kualitas produk dan pelayanan terbaik. Jika hal itu terpenuhi, bukan tidak mungkin aAnda akan lebih mudah mendapatkan loyal customer atau setia.

4. Meningkatkan Jumlah Konsumen

Menjalin kerjasama dengan influencer juga dapat ditujukan untuk meningkatkan jumlah . Setiap para influencer mempromosikan bisnis kita, sedikit banyak akan ada yang tertarik untuk mencoba produk yang ditawarkan. Lamanya kerjasama dan banyaknya produksi konten juga akan mepengaruhi pertambahan jumlah tersebut.

Baca juga: Cara Mudah Menarik Pelanggan dengan Bisnis Online 

Apabila ingin lebih tepat sasaran, Anda bisa melakukan perencanaan terlebih dahulu produk mana yang ingin dipromiskan oleh influencer. Pastikan juga bahwa followers mereka benar-benar cocok dengan produk Anda.

5. Meningkatkan Angka Penjualan

Bertambahnya jumlah konsumen tentunya juga akan berdampak pada . Semakin banyak calon customer yang didatangkan oleh influencer, berpotensi pula mendongkrak angka penjualan pada bisnis Anda. Meski begitu, Anda juga tetap harus memastikan pelanggan tersebut datang dari channel promosi yang mana.

Jika kebanyakan datang dari selebgram atau orang-orang di media sosial yang Anda gunakan jasanya, maka Anda bisa memperhatikan mana yang paling potensial untuk ditawari kerjasama selanjutnya. Maka baik Anda dan mereka yang membantu proses promosi Anda akan sama-sama untung.

Baca Juga :  WordPress vs Ghost, Manakah Platform Blogging yang Lebih Baik?

6. Membangun Kedekatan dengan Target Market

Di awal kita sudah membahas bahwa influencer adalah orang yang dapat mempengaruhi orang lain di, khususnya di media sosial. Sebagai pebisnis yang menggunakan jasa mereka, kita bisa memanfaatkan hal tersebut untuk membangun kedekatan dengan konsumen.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Misalnya dengan ikut berkomentar di akun sang influencer, membuat kuis atau membuat konten bersama influencer tersebut. Nantinya secara perlahan komunikasi antara brand dan konsumen akan terbangun dengan baik dan natural.

Tugas Influencer yang Perlu Diketahui

Setelah memahami apa itu influencer dan manfaatnya untuk bisnis Anda, kini saatnya kita membahas sedikit tentang tugas influencer yang juga perlu Anda ketahui, seperti:

Memproduksi Konten Promosi

Selain konten original yang mereka miliki, influencer yang terlibat sebuah kerjasama juga bertugas membuat konten promosi. Anda bisa membantu mereka agar lebih mudah dengan memberikan brief atau yang jelas. Dalam brief tersebut Anda bisa mencantumkan apa saja yang Anda inmginkan dan apa yang tidak boleh dilakukan oleh influencer.

Mengatur Publikasi Konten

Setelah memproduksi konten, mereka juga perlu memperhatikan kapan sebaiknya konten yang sudah dibuat akan dipublikasikan. Sebab tiap selebgram atau selebriti media sosial memiliki jadwal posting yang berbeda-beda. Jika ingin mendapatkan hasil yang memuaskan, Anda bisa meminta mereka untuk melakukan publikasi pada waktu prime time.

Menjaga Engagement dengan Followers

Engagement dan followers merupakan hal yang sangat penting bagi seorang pemengaruh di media sosial. Itulah kenapa mereka harus menjaganya dengan baik. Dua hal tersebut pun akan memberikan pengaruh pada campaign yang sedang Anda jalankan. Semakin baik engagement yang terjalin, maka bisa dipastikan bahwa influencer tersebut akan mebawa hasil yang baik pula pada kampanye Anda.

Baca juga: Cara Menambah Followers Instagram Dengan Cepat

Memastikan Promosi Berjalan Baik

Hal yang tak kalah penting dalam tugas seorang influencer adalah memastikan promosi yang dilakukan berjalan dengan baik. Sebab hal itu akan menentukan keberhasilan dari kerjasama yang dilakukan. Maka dari itu Anda juga perlu menyampaikan apa saja yang ingin dicapai dalam kerjasama tersebut.

Semoga dengan penjelasan ini Anda sudah bisa memahami dengan baik mengenai influencer beserta manfaat dan tugasnya. Sehingga nantinya akan lebih mudah jika akan Anda memerlukan jasa mereka untuk mempromosikan bisnis Anda. Jangan lupa untuk selalu memastikan bahwa followers yang mereka miliki sesuai dengan target market yang Anda inginkan.