fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

2 Cara Aktifkan Jaringan 5G Berbagai Provider di Smartphone

Wiliam

Di Indonesia, jaringan internet 5G sudah tersedia di banyak kota dengan berbagai keunggulan dan kelebihannya tersendiri. Hal itulah yang membuat banyak orang mencari bagaimana cara aktifkan jaringan 5G paling mudah di semua model smartphone. Dengan begitu, pengguna bisa menggunakan sekaligus merasakan kelebihan yang ditawarkan oleh jaringan 5G di ponsel mereka masing-masing.

Sebagai informasi, banyak provider yang menyediakan layanan 5G mulai dari Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat Ooredoo. Provider yang menawarkan jaringan 5G di Indonesia pun sudah tersedia di sejumlah kota besar. Karena itu, Bizzie sebagai pengguna bisa mengaktifkan jaringan 5G dengan mudah di smartphonenya masing-masing untuk merasakan pengalaman internet yang lebih kencang.

Persyaratan Aktifkan Jaringan 5G di Smartphone

Walaupun sudah banyak provider yang menawarkan jaringan 5G di Indonesia, tidak sedikit orang belum mengetahui bagaimana cara aktifkan jaringan 5G yang termudah. Padahal cara tersebut sangat penting agar pengguna provider tersebut bisa menikmati layanan 5G dengan bebas. Bagi Bizzie yang belum tahu tata cara mengaktifkan jaringan 5G, silahkan simak persyaratan untuk mengaktifkannya di bawah ini:

1. Memakai Kartu Tipe uSIM atau SIM 4G

Sebelum menerapkan cara aktifkan jaringan 5G, Bizzie perlu memastikan telah memakai kartu bertipe uSIM atau SIM 4G. Sebagai informasi, saat ini nomor ponsel beberapa pelanggan sudah diaktifkan fitur jaringan 5G secara langsung, dan nantinya jumlahnya akan secara bertahap bertambah banyak. Para pengguna bisa mendaftarkan diri untuk proses registrasi agar dapat mengaktivasi fitur 5G di nomor ponselnya.

2. Berada di Kawasan yang Tersedia Jaringan 5G

Sebagai informasi, awal mula kemunculan layanan jaringan 5G untuk provider Telkomsel baru di 9 kota. Tetapi seiring berjalannya waktu, jaringan internet 5G Telkomsel dan provider lainnya sudah diperluas hingga ke sejumlah kota. Deretan kota yang sudah bisa menjangkau layanan 5G di antaranya Jakarta, Tangerang Selatan, Jawa Barat, Surakarta, Balikpapan, Medan, Bandung, Surabaya, Denpasar, Makassar, dan lainnya.

3. Memakai Ponsel yang Telah Mendukung Jaringan Internet 5G

Agar Bizzie bisa menerapkan cara aktifkan jaringan 5G, hal yang terpenting yaitu harus memakai ponsel yang telah mendukung jaringan 5G. Namun perlu diingat agar pengguna terlebih dulu memastikan apakah fitur jaringan 5G di perangkat tersebut telah bisa dipakai atau justru masih terkunci alias ter-unlock. Bizzie bisa mencari tahu ponsel yang telah mendukung internet 5G dengan melihat spesifikasinya di ponsel tersebut.

4. Memastikan Nomor HP Sudah Teraktivasi Fitur Jaringan 5G

Apabila semua langkah di atas telah dilakukan, persiapan terakhir yang harus pengguna lakukan yaitu memastikan lagi apakah nomornya telah berhasil teraktivasi di layanan 5G semua provider atau belum. Caranya adalah melihat di bagian bar jaringan yang umumnya berada di sudut atas layar HP. Jika belum, Bizzie bisa melakukan unlock di perangkat masing-masing supaya terhubung ke jaringan 5G.

Bagaimana Cara Aktifkan Jaringan 5G di Smartphone?

1. Tutorial Mengaktifkan Jaringan 5G di Android Semua Tipe

Setelah semua persiapan di atas sudah Bizzie lakukan, kini bisa langsung mengikuti tata cara aktifkan jaringan 5G di Android semua tipe. Saat ini, beberapa android seri terbaru sudah mendukung layanan 5G untuk berbagai provider. Sebagai pengguna, Bizzie hanya perlu mengaktifkannya sendiri agar dapat menikmati jaringan internet 5G secara maksimal. Untuk cara mengaktifkannya sangatlah mudah, Bizzie bisa ikuti di bawah ini:

  • Pertama-tama Bizzie bisa buka menu Setting atau Pengaturan
  • Setelah itu, tekan pilihan Pembaruan Sistem atau System Update
  • Lanjutkan dengan download dan menginstall software update
  • Kemudian restart atau jalankan kembali perangkat secara otomatis agar bisa instalasi software
  • Kini perangkat sudah siap mendukung jaringan internet 5G. Bizzie dapat memilih opsi jaringan tersebut lewat Mode Jaringan yang berada di pengaturan Kartu SIM
  • Harap pastikan kartu SIM Bizzie mendukung jaringan 5G dan sudah mempunyai paket internet 5G aktif. Selain itu, pastikan juga Bizzie berada di kawasan yang tercakup jaringan 5G agar bisa menikmati pengalaman 5G yang lebih cepat

2. Tutorial Mengaktifkan Jaringan 5G di iPhone

Kini jaringan 5G juga dapat dipakai untuk beberapa seri iPhone terbaru. Bagi pengguna yang ingin menggunakan jaringan 5G di iPhone, maka perlu memperbarui perangkat lunak atau software melalui menu pengaturan. Adapun cara aktifkan jaringan 5G di iPhone juga tak kalah mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Untuk caranya bisa langsung Bizzie simak sebagai berikut.

  • Pertama-tama download Update Carrier Settings agar dapat mengaktifkan jaringan 5G di iPhone. Sekedar informasi, perangkat lunak tersebut bisa didownload melalui menu settings atau pengaturan di ponsel
  • Kalau pengguna memilih pilihan Not Now, maka bisa mengunduhnya lewat pengaturan
  • Lanjutkan dengan klik menu pengaturan dan tekan pilihan General, lanjutkan dengan ketuk About
  • Nantinya muncul opsi Update Carrier Settings. Untuk melanjutkan, silahkan klik Update dan mulai pembaruannya
  • Pengguna kartu SIM 5G pun akan muncul di perangkat iPhone Bizzie
  • Sekedar informasi, kode carrier terbaru dari Telkomsel yang mendukung jaringan 5G adalah 49.1.0

Itulah pembahasan seputar tata cara aktifkan jaringan 5G yang bisa dengan mudah Bizzie terapkan. Informasi tersebut diharapkan bisa membantu pengguna untuk menikmati layanan 5G di ponselnya masing-masing. Selalu ingat untuk memasang kartu yang sudah mendukung jaringan 5G dan mengisinya dengan kuota internet aktif. 

Baca Juga