fbpx

5 Cara Mengganti Password Wifi Dengan Mudah

Bagaimana jika anda ingin mengganti di rumah anda? Ikuti ini, cara mengganti password dengan mudah dan cepat.

Pada saat Anda mendengar wifi lagi sudah tidak asing karena hampir setiap rumah di seluruh dunia sudah menggunakan wifi untuk tambahan jaringan . Bahkan tidak hanya rumah saja. Akan tetapi banyak dari tempat berkumpul, kantor dan tempat-tempat lainnya juga menggunakan wifi. 

Pasti dari kalian hanya sekedar mengetahui saja kata-kata wifi gitu saja dan tanpa mengerti dari segi pengertiannya. Wifi adalah perkembangan yang dimunculkan dari gelombang radio dengan hasil terakhirnya adalah memunculkan jaringan internet. 

Cara penggunaan dari wifi adalah perlu menggunakan adaptor yang akan membuat nirkabel hotspot di sekitar Anda terhubung dengan jaringan internet. Kebanyakan dari masyarakat yang menggunakan wifi karena kemudahannya dalam cara penggunaan dan kecepatan yang diberikan bisa disesuaikan sehingga dalam segi keungan akan lebih irit. 

5 Cara Mengganti Password Wifi 

Sebelum menggunakan wifi pasti Anda akan diwajibkan untuk memasukkan password terlebih dahulu agar dapat menggunakan jaringan wifi tersebut. Fungsi dari password wifi ini adalah menjaga keamanan pada jaringan internet wifi Anda agar tidak dipergunakan secara bebas oleh orang lain. 

Untuk Anda yang sudah menggunakan wifi perlu mengganti password wifi secara berkala agar mendapatkan keamanan secara baik. Tentunya pada saat penggantian password wifi ada sebagian orang juga yang belum memahami bagaimana cara mengganti password wifi secara mudah dan benar. 

Daripada semakin membuat Anda pemasaran bagaimana caranya. Mari kita langsung saja bahas secara detail untuk cara mengganti password wifi untuk lebih detailnya. 

Baca Juga :  Apa Itu Ransomware? Pengertian, Jenis, & Cara Mencegahnya

1. Membuka Pada Bagian Konfigurasi Router 

Cara mengganti password wifi yang paling utama adalah Anda diharuskan membuka pengaturan konfigurasi pada bagian router wifi melalui . Pada saat Anda mengalami kendala lupa password wifi, maka Anda bisa menggunakan dengan cara menggunakan kabel ethernet untuk menghubungkan secara langsung jaringan internet langsung kepada bagian router. 

2. Masuk Dengan Nama Pengguna dan Password Pada Router 

Setiap router wifi pastinya mempunyai nama pengguna dan password sendiri-sendiri dan kedua hal tersebut diberikan pada saat setelah pemasangan wifi. Cara mengganti password wifi pada kali ini wajib Anda ingat-ingat karena menjadi hal yang sangat penting do saat Anda akan mengganti password wifi. 

Untuk Anda para pengguna wifi pertama kali dan merasa tidak mengganti dalam hal nama pengguna dan password. Maka dari pihak yang memasang wifi akan memberikan nama pengguna dengan nama “admin” dan untuk password nya berupa ” angka”. Pada setiap router internet mempunyai pengaturan konfigurasi berbeda-beda sehingga Anda tidak bisa secara mudah memukul rata untuk mengetahui konfigurasi pada router. 

Baca Juga Berikut : Cara Ganti Password Cloud VPS Dengan Mudah

3. Membuka Pada Bagian Wireless

Setelah Anda membuka pada bagian router dengan nama pengguna dan password. Maka untuk cara menggantin password wifi selanjutnya adalah Anda perlu membuka pada bagian wireless milikmu. Setiap produsen mempunyai nama yang berbeda-beda pada saat akan membuka pada bagian wireless. 

Akan tetapi ada cara mengatasinya dengan menggunakan membuka tab baru atau Anda juga bisa menekan pada bagian tombol yang bertuliskan “wireless” atau “setting wireless”. Pada saat Anda sudah masuk di bagian wireless maka Anda akan langsung disuguhkan beberapa pilihan menu dan pilihan yang harus Anda pilih yang bertuliskan “wireless security”. 

Baca Juga :  5+ Cara Membuat Aplikasi Android Tanpa Skill Coding

4. Mengubah Kata Sandi 

Saat Anda sudah melalui proses-proses yang sudah dijelaskan secara detail di atas maka untuk cara mengganti pasword wifi selanjutnya adalah Anda bisa memasukkan kata sandi sesuai dengan keinginan Anda. 

Proses pengubahan kata sandi bisa langsung masuk pada bagian menu yang bertuliskan “password” “passphrase” ataupun “sharedkey”. Pada bagian menu tersebut akan terdapat kotak berfungsi untuk memasukkan kata sandi baru yang sudah Anda siapkan pada sebelumnya. 

Untuk mengkonfirmasi pada saat mengganti password maka Anda akan diminta sekali lagi memasukkan password tersebut secara benar. Sebaiknya pada saat Anda sedang berada di cara mengganti password wifi pada saat memasukkan password bisa menggunakan kata-kata yang susah ditebak dan juga bisa dengan menggunakan beberapa karakter tambahan seperti angka maupun simbol. Sebelum mengganti password pastinya Anda sudah mempersiapkan kata-kata maupun karakter yang akan digunakan minimal 8 kata. 

5. Menyimpan Peraturan 

Cara mengganti password wifi terakhir adalah Anda harus menyimpan ketika sudah selesai melalui pada proses-proses yang sudah disebutkan diatas. Pada saat Anda sudah memasukkan password wifi maka Anda bisa memilih menu pada tulisan “apply” dan Anda harus menunggu beberapa menit agar proses pergantian bisa dilakukan secara sukses. 

Setelah pembuahan berhasil maka semua perangkat yang sudah terhubung dengan router tersebut akan diputus secara otomatis dan mengharuskan memasukkan password terbaru agar tetap bisa menggunakan jaringan wifi. 

Sangat mudah bukan untuk cara mengganti password wifi yang sudah disebutkan di atas. Maka dari itu Anda sudah tidak perlu merasa kebingungan lagi ketika akan mengganti password wifi karena bisa menggunakan cara-cara di atas secara runtut agar proses pergantian password wifi berhasil.

Baca Juga Artikel Berikut : Cara Menghapus Akun Instagram Ketika Lupa Password