fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

PengetahuanTechnology

Pengertian Jaringan 4G dan Pahami Kelebihan Kekurangannya 

Wiliam

Pada zaman yang terus berkembang seperti sekarang ini mungkin terjadi hal wajar bagi setiap orang menggunakan peralatan komunikasi seperti internet untuk berbagai keperluan. Sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada masyarakat pastinya pada perusahaan telekomunikasi akan selalu mengupgrade, baik melalui inovasi terbaru atau teknologi yang digunakan. 

Salah satu bentuk upgrade yang dimaksud adalah bisa dengan adanya jaringan 4G saat ini cukup banyak diminati masyarakat. Sebagai suatu peralatan telekomunikasi, tentunya peran jaringan yang bagus menjadi perhatian utama. 

Di dalam kesempatan kali ini akan dibahas mengenai pengertian jaringan 4G. Bagi bizzie yang penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan lebih lengkap dan jelasnya dibawah ini. 

Apa Itu Pengertian Jaringan 4G ? 

Pengertian jaringan 4G adalah singkatan dari Fourth Generation atau generasi keempat dari standar teknologi informasi dan komunikasi. 4G dipercaya mempunyai banyak fitur serta nilai tambah dibandingkan 3G. 

Selain mempunyai semua fasilitas 3G, transmisi data 4G dipercaya mempunyai standar kecepatan transmisi berkisar antara 100 Mbps – 1 Gbps. Percakapan, internet chatting, jejaring, permainan, video atau apapun yang ada didalamnya bisa dinikmati lebih baik dari jaringan 3G. 

Menjadi jaringan tercepat, teknologi 4G bisa menyediakan sarana kecepatan download 4 sampai 5 kali lebih cepat dibandingkan 3G. Bahkan, hingga 10 kali lipatnya. Tampaknya konsumen bisa mengakses internet dimana dan kapan saja selama berada di jangkauan tempat dengan perangkat 4G, termasuk smartphone, tablet dan hotspot.

Kelebihan Menggunakan Jaringan 4G 

Setelah paham mengenai pengertian jaringan 4G, bizzie juga harus paham perihal kelebihan. Sebagai berikut adalah beberapa kelebihan menggunakan jaringan 4G : 

●      Kapasitas yang ada di jaringan 4G tergolong tinggi, sehingga proses pertukaran data mempunyai kecepatan tingkat tinggi juga. Dengan kata lain, untuk proses downlink akan mencapai kecepatan hingga 300 Mbps sedangkan untuk proses uplink bisa mencapai kecepatan hingga 75 Mbps. 

●      Adanya penggunaan fasilitas OFDM yang digunakan pada jaringan 4G dan bisa membuat proses transmisi data yang dilakukan melalui proses spektrum radio di dalam skala besar. Sehingga, dengan jaringan 4G ini mempunyai kecepatan hingga 180 Khz setiap perangkat yang digunakan. 

●      Sistem IMT dan ITU-R yang menggunakan gelombang frekuensi secara tidak langsung akan terdukung sistem kerjanya dengan adanya penggunaan jaringan 4G itu sendiri. 

●      Apabila berada di kawasan perkotaan, maka frekuensi band yang ada di jaringan 4G ini akan mencapai di tingkat frekuensi lebih tinggi. Tingkat kecepatan mobil broadband ini, bizzie juga bisa tentukan oleh tingginya suatu frekuensi di kawasan atau lingkup tertentu. 

●      Jaringan MBSFN akan didukung pengembangannya, ketika pengguna jaringan 4G ini diterapkan. 

●      Dengan adanya jaringan 4G, maka mobilitas yang tinggi juga akan mengalami peningkatan di dalam perihal dukungan. 

●      Untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan para pengguna, di jaringan 4G uni mempunyai spesifikasi kecepatan download sampai dengan 185 Mbps. Selain itu, proses upload atau unggah data bisa mencapai kecepatan sampai dengan 41 Mbps.

●      Tidak akan mengalami terjadinya buffering, ketika perangkat digunakan untuk menonton maupun streaming video. 

●      Bagi para pengguna jaringan 4G, bizzie juga akan mendapatkan kemudahan di dalam bermain game yang mempunyai tingkat keberatan tertentu. Hal ini karena multiplayer di perangkat yang menggunakan jaringan  4G agar tidak mengalami hambatan. 

●      Pada penggunaan jaringan 4G ini akan membuat koneksi multi device mempunyai tingkat kecepatan yang tergolong tinggi. 

●      Kualitas pertukaran data yang mencakup pengiriman maupun penerimaan akan mencapai tingkat kestabilan yang memadai. 

Kekurangan Jaringan 4G 

Meski mempunyai banyak kelebihan, tapi jaringan 4G masih mempunyai beberapa kekurangan. Berikut adalah kekurangan menggunakan jaringan 4G : 

●      Untuk memenuhi segala kebutuhan infrastruktur di dalam pembangunan jaringan 4G, bizzie membutuhkan biaya yang cukup mahal. 

●      Dibutuhkan proses penginstalan guna mengoperasikan jaringan 4G. 

●      Perlu dilakukan proses instalasi kembali pada peralatan yang sudah dioperasikan, ketika melakukan pembaharuan jaringan. 

●      Untuk melakukan transmisi data, maka dibutuhkan adanya antena tambahan yang digunakan pada pancaran pangkalan jaringan. Hal ini karena jaringan 4G menggunakan MIMO. 

●      Dibutuhkannya mobile device yang baru apabila user melakukan pembaharuan jaringan. Perihal ini digunakan untuk pengoperasuoannkembali jaringan yang diperbqrui membutuhkan perangkat mobile mendukung kinerja jaringan 4G. 

Alasan Menggunakan Jaringan 4G

Tidak cukup sampai disitu saja, bizzie juga harus mengerti beberapa alasan menggunakan jaringan 4G. Sebagai berikut adalah beberapa alasan, kenapa bizzie harus menggunakan jaringan 4G : 

1. Mendukung Gaya Hidup Digital 

Salah satu manfaat utama di saat menggunakan jaringan 4G yang bisa dirasakan oleh semua masyarakat adalah mendorong gaya hidup digital. Contohnya, menonton menonton video streaming lebih kencang, mendengarkan musik secara streaming lebih lancar, download dan upload tanpa kendala, hingga bermain video game tanpa lag. 

2. Membantu Proses Bekerja dan Belajar Jarak Jauh 

Tanpa di sadari, sekarang ini bizzie sudah mulai terbiasa dengan bekerja dan belajar jarak jauh menggunakan teknologi video call dan terlebih di masa pandemi. Untungnya masa pandemi di beberapa tahun yang lalu, jaringan 4G sudah menyebar dan masif dipakai oleh masyarakat. 

3. Meningkatkan Produktivitas 

Internet yang cepat dari jaringan 4G juga mampu meningkatkan produktivitas, terutama didalam industri konten. Sebab, kecepatan internet yang dihasilkan dari jaringan 4G bisa membuat kegiatan download dan upload video menjadi lebih cepat. Alhasil buat bizzie yang sering download atau upload berkas dengan ukuran file besar, seharusnya bukan menjadi sesuatu masalah lagi. 

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai pengertian jaringan 4G dan beberapa hal penting lainnya. Semoga penjelasan diatas mengenai pengertian jaringan 4G  bisa menambah informasi bizzie, ya. 

Baca Juga