fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

6 Cara Setting Ganjil Genap di Google Maps iPhone

Wiliam

Cara setting ganjil genap di Google Maps iPhone dibutuhkan oleh bizzie yang tinggal di daerah dengan sistem ganjil genap. Ini penting karena melanggar aturan ganjil genap akan menyebabkan bizzie mendapatkan sanksi oleh petugas.

Aturan ganjil genap sendiri merupakan kebijakan lalu lintas yang mengatur penggunaan jalan berdasarkan nomor plat kendaraan pada hari-hari tertentu. Aturan ini umumnya diterapkan di ruas jalan kota-kota besar yang sering mengalami kemacetan parah.

Prinsip dasar aturan ganjil genap adalah bahwa kendaraan dengan nomor plat genap diizinkan untuk beroperasi pada hari tertentu dengan tanggal genap, sedangkan kendaraan dengan nomor plat ganjil diizinkan pada hari tertentu dengan tanggal ganjil.

Tujuan utama aturan ini adalah untuk mengurangi jumlah kendaraan yang berada di jalan dalam satu hari, sehingga mengurangi kemacetan, polusi udara, dan konsumsi bahan bakar. Sebagai pengguna iPhone, bizzie bisa memanfaatkan cara setting ganjil genap di Google Maps iPhone ganjil genap untuk menemukan rute alternatif yang efisien.

Manfaat Fitur Ganjil Genap Pada Google Maps

Melalui fitur ganjil genap, Google Maps akan memberikan saran rute yang mempertimbangkan aturan ganjil genap berdasarkan nomor plat kendaraan dan tanggal. Karenanya penting bagi bizzie untuk memahami cara setting ganjil genap di Google Maps iPhone. Berikut adalah beberapa manfaat penting yang ditawarkan fitur ini:

Mematuhi Peraturan

Salah satu manfaat utama fitur ganjil genap adalah membantu bizzie menghindari denda dan sanksi. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur rute perjalanan berdasarkan nomor plat kendaraan dan tanggal, sehingga bizzie bisa menghindari jalur yang tidak diizinkan pada hari tersebut.

Mengoptimalkan Waktu Perjalanan

Dengan memanfaatkan fitur ini, bizzie bisa dengan mudah mencari rute alternatif. Fitur ini akan merekomendasikan rute dengan memperhitungkan aturan ganjil genap, sehingga bizzie bisa menghindari jalur-jalur yang biasanya padat pada hari-hari tertentu. Hal ini membantu bizzie mencapai tujuan dengan lebih cepat.

Memudahkan Perencanaan Perjalanan

Mengetahui cara setting ganjil genap di Google Maps iPhone memungkinkan bizzie untuk merencanakan perjalanan dengan lebih baik. Bizzie bisa melihat jadwal dan aturan ganjil genap di daerah bizzie, serta mencari rute alternatif untuk mematuhi peraturan tersebut. Hal ini memungkinkan bizzie untuk mengatur jadwal perjalanan dengan lebih baik.

Pengalaman Berkendara yang Lebih Lancar

Mengikuti aturan ganjil genap bisa diartkan bahwa bizzie membantu mengurangi kemacetan lalu lintas di daerah dengan volume kendaraan yang tinggi. Dengan demikian, fitur ganjil genap pada Google Maps berkontribusi pada pengalaman berkendara yang lebih lancar baik bagi bizzie dan pengguna jalan lainnya.

Cara Setting Ganjil Genap di Google Maps iPhone

Dengan melihat manfaat fitur genap di Google Maps  di atas, ini adalah solusi yang praktis dan efisien bagi bizzie yang tinggal di daerah dengan sistem ganjil genap. Mempraktekkan cara setting ganjil genap di Google Maps iPhone sendiri juga bukan sebuah hal yang sulit.

Fitur ini sebenarnya telah dirilis sejak beberapa tahun yang lalu untuk memudahkan bizzie dalam berkendara di kota besar yang padat. Di bawah ini adalah urutan langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur ini pada iPhone.

Unduh Aplikasi Google Maps

Pertama-tama, pastikan bizzie telah mengunduh dan menginstal aplikasi Google Maps versi terbaru. Aplikasi inilah yang akan menjadi alat bantu bizzie dalam memilih rute yang tepat sesuai plat nomor dan tanggal.

Aktifkan Layanan GPS

Cara setting ganjil genap di Google Maps iPhone berikutnya adalah dengan mengaktifkan layanan GPS atau layanan lokasi di iPhone. Aktivasi lokasi juga menjadi hal yang sangat penting karena informasi lokasi dibutuhkan untuk memilih rute yang paling sesuai. Google akan mensinkronkannya data lokasi dengan sistem ganjil genap berdasarkan tanggal dan nomor plat kendaraan.

Pengaturan Navigasi

Setelah membuka aplikasi Google Maps, ketuk profil dan lanjutkan dengan mengklik Settings atau Pengaturan. Kemudian, pilih Navigation settings atau Pengaturan navigasi). Di sini, bizzie akan menemukan opsi untuk mengatur fitur ganjil genap.

Aktifkan Fitur Ganjil Genap

Langkah selanjutnya dalam cara setting ganjil genap di Google Maps iPhone adalah mengaktifkan fitur ganjil genap dengan memilih opsi Avoid odd-even traffic fines. Dengan mengaktifkan fitur ini, Google Maps akan mulai mengatur rute berdasarkan sistem ganjil genap.

Menentukan Nomor Plat Kendaraan

Setelah mengaktifkan fitur, bizzie perlu menentukan apakah nomor plat kendaraan bizzie termasuk dalam kategori ganjil atau genap. Jika nomor plat bizzie genap, centang kotak even plate atau plat genap, atau jika nomor plat bizzie ganjil, centang kotak odd plate atau plat ganjil.

Simpan Pengaturan

Cara setting ganjil genap di Google Maps iPhone yang terakhir adalah dengan mengklik Save atau Simpan. Sekarang, secara otomatis aplikasi ini akan mengarahkan bizzie dengan rute yang disesuaikan dengan tanggal dan nomor plat kendaraan bizzie.

Dengan menggunakan cara setting ganjil genap di Google Maps iPhone di atas, bizzie dapat menghindari kemacetan dan merencanakan perjalanan dengan lebih efisien. Fitur ganjil genap di Google Maps iPhone juga sangat berguna bagi bizzie untuk mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku.

Secara keseluruhan, cara setting ganjil genap di Google Maps iPhone memberikan manfaat yang signifikan bagi bizzie. Mereka dapat menghindari kemacetan, mematuhi aturan lalu lintas, dan merencanakan perjalanan dengan lebih efisien. Dengan memanfaatkan teknologi dan fitur-fitur yang ada, bizzie dapat menjalankan mobilitas dengan lebih baik dan mendukung kelancaran lalu lintas.

Baca Juga