fbpx

Langkah Mudah Membuat Menu Pada WordPress

WorpPress merupakan aplikasi sumber terbuka atau open source yang digunakan untuk engine atau mesin blog dan sangat terkenal. Bahasa pemrograman PHP serta database atau basis MySQL digunakan untuk membangun . MySQL dan PHP adalah perangkat lunak dengan sumber terbuka atau open source . Cara di WordPress pun sangatlah mudah untuk dilakukan. 

Tidak hanya digunakan sebagai blog, WordPress pun dapat digunakan sebagai CMS atau Content Management System dikarenakan kemampuannya untuk dapat dimodifikasi dan disesuaikan berdasarkan kebutuhan pengguna. Jumlah pengguna WordPress terus bertambah jika dibandingkan dengan CMS lainnya. Maka tak heran jika sampai saat ini banyak pengguna yang terus memanfaatkan WordPress. 

Tips Membuat Menu Pada WordPress

Sebelum mempelajari cara membuat menu di WordPress, terdapat beberapa tips yang harus dilakukan untuk membuat menu. Menu yang ada pada sangatlah penting karena dapat digunakan para pengunjung untuk lebih mudah menemukan konten didalamnya. 

1. Menggunakan logo website untuk menuju halaman utama 

Keberadaan logo akan mempermudah pengunjung untuk mengakses konten dari website anda. Pastikan logo pada website terdapat tautan menuju halaman utama. Langkah berikut ini pun dapat menjadi alternatif agar menu pada header tidak terlihat penuh atau terlalu banyak. 

2. Membatasi menu maksimal tujuh 

Pastikan anda membuat menu yang sederhana sehingga tidak menyulitkan para pengunjung. Anda dapat membuat menu dengan jumlah maksimal tujuh buah. Hal tersebut dikarenakan memori jangka pendek manusia hanya dapat memuat tujuh item. 

Baca Juga :  Cara Hemat Agar Startup Berkembang Pesat

3. Memastikan desain website responsif 

Agar menu dapat diakses dengan baik dengan smartphone, pastikan terlebih dahulu bahwa desain responsif. Anda dapat membuat dengan template WordPress responsif gratis untuk website. 

Baca Juga Berikut : Cara Mudah Membuat Popup di WordPress

Cara Membuat Menu di WordPress 

1. Buat menu pertama 

Cara membuat menu di WordPress dapat diawali dengan logi menuju dashboard WordPress. Selanjutnya, pastikan bahwa anda telah memiliki halaman menu yang akan dibuat dengan memilih menu Appearance. Kemudian klik Menus. Untuk membuat menu, anda dapat mengisikan nama menu di kolom Menu Name dan klik Create Menu. 

Kemudian tentukan lokasi menu dimana ingin ditampilkan. Lokasi menu terbagi menjadi tiga yakni primary, secondary dan secial. Pada umumnya, nama dan lokasi tidak sama pada masing – masing template. Di bagian Pages, centanglah halaman yang ingin ditambah pada menu dan klik Add to Menu. 

Apabila halaman telah ditambahkan pada menu, pilihlah lokasi menu yang ingin ditampilkan dan klik Save Menu. Perubahan dapat dilihat dengan membuka website anda. 

2. Mengurutkan menu yang telah dibuat 

Apabila cara membuat menu di WordPress telah anda lakukan. Pastikan urutan sesuai yang anda inginkan. Mengatur urutan dapat dilakukan dengan menggeser menu menuju lokasi sesuai keinginan dan klik Save Changes. 

3. Membuat menu drop down atau sub menu 

Sub menu adalah menu yang terdapat menu didalamnya, terdiri atas menu parent dan child. Sub menu akan membuat website terstruktur dengan baik. Cara membuat sub menu sama ketika mengurutkan lokasi menu. Anda dapat menariknya menuju lokasi sesuai keinginan dan klik Save Changes. Jumlah maksimal untuk membuat sub menu adalah tiga. 

4. Menambah kategori pada menu 

Tidak hanya cara membuat menu di WordPress saja yang dapat dilakukan dengan mudah. Menambah kategori pada menu dapat dilakukan dengan cara klik menu Apearance, kemudian klik Menus. Berikutnya klik Categories dan View All, centang seluruh kategori yang ingin ditambahkan pada sub menu. Jangan lupa untuk klik Save Menu agar perubahan tersimpan. 

Baca Juga :  Peran Penting Hosting Bagi Website dan Jenis-jenisnya yang Perlu Diketahui

5. Menambah tautan pada menu navigasi 

Terdapat berbagai pilihan cara membuat menu di WordPress. Anda dapat menambahkan menu navigasi. Misalnya saja menambahkannya pada tautan atau tautan lainnya. Klik menu Custom Links dan masukkan tautan pada form serta nama menu pada form link Text. Terakhir jangan lupa untuk klik Add to Menu. 

6. Memahami lokasi menu 

Tidak hanya paham bagaimana cara membuat menu di WordPress, anda juga harus mengetahui lokasi menu. Untuk dapat mengubahnya, anda harus memiliki akses menuju dashboard WordPress. Tampilan menu sesuai dengan template yang diinginkan sehingga pada setiap template memiliki tampilannya masing – masing.

Anda dapat melakukannya dengan pilih menu Appearance dan klik Menus, kemudian klik create a new menu. Selanjutnya masukkan menu baru dan klik create menu. Pilih menu apa saja yang ingin ditambahkan. Anda dapat klik posts, klik view all, centang artikel yang dipilih dan klik add to menu. Jangan lupa untuk save menu agar perubahan tersimpan. 

7. Menambah menu pada navigasi di sidebar 

Tidak hanya meletakkan menu di bagian header, anda juga dapat menambahkan pada sidebar. Klik menu Appearance, klik widgets. Kemudian tarik widget yang ingin anda tambahkan pada bagian primary. Masukkan nama menu di bagian title dan klik save untuk menyimpan perubahan. 

Dengan membuat menu di WordPress akan semakin mempermudah pengunjung untuk melakukan navigasi. Disamping itu, juga dapat difungsikan untuk meningkatkan SEO website. Maka dari itu, pastikan menu yang anda tampilkan sederhana dan gunakan logo yang responsif. 

Itulah beberapa cara membuat menu di WordPress yang dapat anda terapkan. Pada setiap template memiliki tampilan menu yang berbeda, namun cara yang dilakukan tidaklah berbeda. Anda juga dapat mengatur menu melalui Appearance dan klik customize. Perubahan pada website pun dapat terjadi secara langsung ketika anda menambahkannya. Yuk buat menu di WordPressmu!. 

Baca Juga Artikel Berikut : Cara Setting WP Super Cache Agar Lebih Cepat