fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

PengetahuanTechnology

Pengertian Jaringan Soho dan Syarat Menggunakannya

Wiliam

Jaringan soho adalah jaringan sederhana yang digunakan pada perangkat keras switch untuk mengakses layanan broadband kantor kecil, seperti rumah. Pada saat menggunakan jaringan soho membutuhkan router, mikrotik, internet, PC client dan PC server.

Di kesempatan kali ini akan dibahas lengkap mengenai pengertian jaringan soho dan beberapa hal penting lainnya. Bagi kamu yang belum mengerti perihal jaringan soho, yuk langsung saja simak penjelasan lebih lengkap dan jelasnya dibawah ini.

Pengertian Jaringan Soho

Soho adalah istilah yang mengacu pada bisnis maupun usaha yang dilakukan dirumah. Mobilitas bizzie yang semakin tinggi dan semakin terbatasnya jarak dan waktu membuat rumah bisa menjadi pilihan untuk melakukan usaha dengan nilai strategis yang tinggi. Ada beberapa teman yang mengatakan, ada beberapa keuntungan di saat menggunakan konsep ini, yaitu :

●      Bizzie bisa menghemat waktu perjalanan dan menghindari kemacetan yang menjadi bagian dari kehidupan di kota-kota besar.

●      Bizzie bisa lebih fleksibel di dalam mengatur waktu dan bisa menjadikannya sebagai part-time dari pekerjaan utama.

●  Suasana kantor rumah menjadi nyaman, karena rumah milik bizzie sendiri dan dekat dengan kehangatan keluarga.

Pada dasarnya, jaringan soho ini menggunakan konsep jaringan sederhana yang biasanya menggunakan switch tunggal untuk mengakses layanan broadband kantor kecil atau rumah seperti DSL atau internet kabel. Dengan pengertian jaringan soho di atas, bizzie dimungkinkan untuk bisa berbagi sumber daya, seperti printer, dokumen, gambar dan musik yang bisa diakses di antara beberapa komputer lokal.

Konsep dari jaringan soho sama seperti dengan tipe jaringan LAN yang tidak terhubung dengan jaringan luar. Topologi yang digunakan adalah dengan menerapkan topologi star melalui koneksi ethernet atau wifi. Sehingga, dengan menerapkan konsep seperti ini maka proses pengiriman data dari client ke server bisa berlangsung dengan cepat.

Untuk koneksi antara client dengan server harus dilakukan konfigurasi di setiap perangkat dengan menambahkan ip addres. Dimana, ip addres di setiap perangkat ini akan saling berhubungan maupun berkomunikasi.

Syarat Menggunakan Jaringan Soho

Proses terpenting untuk menyiapkan jaringan soho adalah kompatibilitas. Persyaratan perangkat keras, lunak, kartu adaptor dan lain-lain juga harus dipersiapkan dan harus dipastikan bisa berfungsi dengan baik.

Dengan perihal tersebut bisa mempermudah di dalam memecah dan membuat jaringan lebih kuat. Disetiap situs jaringan soho pasti akan dikonfigurasi secara identik untuk menjadikan jaringan sebagai unit standar.

Pastikan semua jaringan bisa berkomunikasi dengan baik, meskipun itu koneksi kabel atau nirkabel. Titik akses nirkabel mungkin tidak berfungsi maupun berkomunikasi dengan cara sama seperti teknologi nirkabel lainnya.

Jadi, perusahaan harus menyediakan seperangkat standar jaringan soho untuk infrastruktur kabel dan nirkabel. Protokol TCP/IP umumnya digunakan di saat untuk melakukan komunikasi teknologi nirkabel di dalam pengaturan konfigurasi soho.

TCP/IP juga sudah tersandariasi dari situs ke situs lainnya. Syarat kompatibilitas yang menarik diantara berbagai sistem operasi, seperti Windows, Mac OS atau Linux. Perlu dipastikan juga, bahwa sistem tersebut dibangun di soho. Persyaratan cadangan di soho juga sedikit berbeda dengan biasanya.

Perangkat yang Membutuhkan Jaringan Soho

Setelah paham akan pengertian jaringan soho, maka ada hal penting lain yang juga harus bizzie ketahui yaitu macam-macam jenis perangkat. Ada beberapa jenis perangkat yang membutuhkan jaringan soho, yaitu :

1. PC Server

PC Server adalah perangkat yang berbentuk CPU dan berfungsi untuk tempat menyimpan data, file dan aplikasi. Server ini bisa diakses oleh semua client yang terhubung di dalam satu jaringan. Maka dari itu, server harus cukup spesifikasi untuk bisa menangani akses dari client.

2. PC Client

PC Client merupakan perangkat yang digunakan oleh client untuk mengakses data ke server. Sama fungsinya dengan PC Client, ada juga client yang menggunakan laptop maupun smartphone menggunakan wifi untuk koneksi jaringan internet.

3. SWITCH

SWITCH digunakan untuk menyambungkan beberapa jenis perangkat menjadi di dalam satu jaringan menggunakan media kabel.

4. Wifi

WIfi adalah perangkat yang digunakan untuk menyambungkan beberapa perangkat dengan menggunakan media wireless. Kemudahan dengan menggunakan media wireless adalah perangkat yang terkoneksi dengan wireless bisa lebih mudah untuk berpindah-pindah tempat. Saat ini WiFi sudah tersedia dimana-mana, baik itu tempat publik seperti stasiun, halte dan sekolah.

5. Router Mikrotik

Router mikrotik bertuga sebagai jembatan antara komputer jaringan lokal dengan komputer yang ada di jaringan lainnya. Bisa diartikan juga bahwa router merupakan media penghubung di dalam jaringan dengan skala besar dan berbagai macam segmen IP yang berbeda-beda.

Mikrotik adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang bisa digunakan untuk menjadikan komputer menjadi router network yang handal. Biasanya, jaringan ini mencakup beberapa fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless. COcok sekali untuk digunakan oleh ISP dan provider hotspot.

Kekurangan Jaringan Soho

Meski jaringan soho mempunyai beberapa kelebihan, tapi ada juga kekurangan yang harus diperhatikan oleh bizzie. Sebagai berikut beberapa kekurangan di saat menggunakan jaringan soho :

●      Harus siap mendisiplinkan diri, karena tidak ada aturan jam kerja yang mengikat seperti di kantor pada umumnya.

●      Harus siap dengan tambahan biaya, listrik, air dan jaringan komunikasi.

●  Harus siap dengan area parkir tambahan, ketika pengawa bizzie membawa kendaran pribadi.

Saat ini banyak sekali masyarakat yang sudah menggunakan jaringan soho. Alasan kenapa menggunakan jaringan ini, karena memang sudah terbukti sangat membantu bizzie di dalam perihal pencarian di dalam internet.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai pengertian jaringan soho dan hal penting lainnya. Semoga penjelasan diatas bisa membantu bizzie,ya!  

Baca Juga