fbpx

Cara Ganti Password Cloud VPS Dengan Mudah

Informasi bagaimana cara di vps cloud memang dibutuhkan oleh mereka yang memakai jasa . vps memang menjadi sebuah pilihan bagi yang ingin memperoleh fasilitas lebih. Dengan layanan ini anda bisa memperoleh akses kontrol penuh ke server. 

Anda dapat memakai akses root yang menjadi hak akses tertinggi pada sebuah server. Disamping itu, dengan memakai vps cloud Anda dapat memilih sistem operasi yang akan dipakai. Anda juga dapat memodifikasi server apabila untuk memenuhi kebutuhan yang lebih tinggi. 

Salah input atau menjadi hal yang juga banyak terjadi. Sehingga, anda tidak bisa login ke cloud vps ini. Tidak usah khawatir jika mengalaminya, karena ada sejumlah langkah yang bisa dilakukan untuk mengganti password di vps cloud.

Cara Ganti Password Cloud VPS Dengan Mudah

Anda dapat melakukan langkah-langkah cara ganti password di vps cloud secara mudah berikut ini: 

1. Login Ke Client Area

Anda dapat login ke client area tempat hosting melalui chrome, Mozilla Firefox atau yang lainnya. Username dan password ini akan diperoleh saat register sebelum pembelian ataupun hosting. 

2. Pilih Cloud vps

Setelah login, anda akan diarahkan ke bagian dashboard client area. Disana anda dapat melihat apa saja produk yang dimiliki. Agar bisa merubah password di Cloud vps, bisa Klik profile. Di pojok kanan atas,

3. Mengganti Password Cloud Vps

Cara ganti password di vps cloud berikutnya, tunggulah beberapa saat, dan akan tampil halaman dashboard cloud vps. Pada bagian Profile, Anda dapat mengelola isi Cloud vps Salah satunya yaitu reset password.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Lupa Pasword Gmail, Dijamin Ampuh!

Berikutnya, Anda bisa mengecek anda dan menulis password baru yang diinginkan di kolom new password. Pastikanlah anda membuat password yang aman. Jangan sampai mudah ditebak seperti tanggal lahir. Ini akan membuat hacker lebih mudah membobolnya.

Tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi bahwa password anda sudah berhasil dirubah. Maka secara otomatis, cloud vps akan restart sendiri kurang lebih 15 hingga 20 detik. Status yang mulanya running akan menjadi power off, dan akan merubah kembali menjadi running. Sekarang, Anda dapat melakukan akses ke server lewat SSH. 

Baca Juga Berikut : Cara Meningkatkan Security VPS di Cloud Dengan Mudah

Tips Membuat Password Vps Yang Aman

Setelah mengetahui cara ganti password di vps cloud, penting juga tahu tips membuatnya. Anda mungkin merubah password karena merasa ada orang yang masuk ke server Cloud vps. Ini bisa terjadi karena salah satunya password anda diketahui dengan mudah. Oleh karena itu, sebaiknya membuat password yang aman dengan cara-cara berikut:

1. Gunakan Paling Sedikit 8 Karakter

Semakin panjang sebuah password, maka akan semakin kuat dan tidak mudah ditebak. Anda bisa menggunakan minimal 8 karakter yang terdiri dari berbagai kombinasi. Mulai dari angka, huruf besar, huruf kecil, dan juga simbol. 

2. Menaruh Angka 2 Di Bagian Awal

Anda juga dapat menaruh angka 2 di bagian awal password. Ini akan membuat kata kunci lebih aman dan tidak mudah ditebak oleh hacker. Angka 2 tersebut diusahakan jangan berurutan. Misalnya, bisa menulis 27MakantelaT! atau 25BakulRamai$. 

3. Jangan Memakai Kata Umum, Nama Seseorang, Atau User Id

Ini menjadi kesalahan yang banyak dilakukan. Jangan sampai menggunakan kata-kata umum misalnya nama panggilan, nama lengkap, maupun user ID. Ini memang sering dibuat supaya menghindari lupa password, padahal dampaknya juga bisa membuat akun tidak aman. Hacker dapat dengan mudah masuk karena password Anda mudah ditebak.

4. Jangan Memakai Kata Admin, Administrator, Ataupun Password 

Ini menjadi kesalahan yang banyak dilakukan para developer maupun pengguna CMS. Seringkali dibuat kata kunci yaitu “admin” atau “administrator” supaya tidak mudah lupa password. Perlu diketahui bahwa ketiga nama tersebut menjadi daftar scanning yang banyak dilihat para hacker. Sehingga, mereka dapat dengan cepat mengakses password. 

Baca Juga :  Rekomendasi DNS Tercepat Agar Browsing Makin Lancar

5. Hindarilah Angka Berurutan 

Tips berikutnya untuk membuat password aman yaitu menghindari angka serta huruf berurutan. Misalnya angka berurutan yaitu 123456789, abcdefgh, dan lainnya. Ini menjadi hal yang umum menjadi daftar password bagi para hacker. Jika anda menggunakannya, di masa depan bisa saja kehilangan akun. 

6. Tidak Menggunakan Kombinasi Simple Keyboard

Setelah tahu cara ganti password di vps cloud, berikutnya, jangan membuat password dari kombinasi simpel di keyboard. Contohnya adalah asdfg, qwerty, zxcvb dan semacamnya. Ini menjadi salah satu list yang banyak juga dibobol oleh para hacker. Mereka dapat dengan mudah menebak jika password anda terdiri dari unsur tersebut. 

7. Tidak Memberitahukan Password Ke Orang Lain

Cara ganti password di vps cloud sudah anda pahami dan jangan sampai Anda juga memberitahukan password kepada orang lain. Misalnya pada orang tua, keluarga, pacar, atau yang lainnya. Password merupakan akses ke akun Anda. Bisa saja handphone mereka hilang dan ada hacker yang mengakses yang Anda berikan ke mereka. 

8. Tidak Login Sembarangan

Sekarang ini ada banyak website palsu yang beredar, atau yang lebih dikenal dengan phising. Ini dibuat oleh para hacker yang membuat tampilan dengan konten Sama persis dengan situs asli. Jadi, anda tidak menyadari bahwa telah login ke situs yang salah. Mereka dapat dengan mudah mengetahui username, kata kunci. 

Informasi cara ganti password di vps cloud yang telah dijelaskan, akan membantu anda yang merasa bahwa akses ke sana dibobol orang lain. Atau bisa juga untuk melakukan update supaya semakin sulit untuk diketahui orang lain. Dengan tips membuat password di atas, harapannya akun anda semakin aman. 

Baca Juga Artikel Berikut : Cara Mudah Migrasi Website ke VPS Hosting