fbpx

3 Cara Mengganti Username WordPress Secara Mudah dan Cepat 

Para pengguna wordpress tentunya sudah pernah melakukan percobaan pergantian username. Banyak dari kalangan pengguna blog wordpress yang gagal ketika melakukan pergantian username. 

Untuk sekarang pergantian username pada blog wordpress bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa cara. Pengguna blog wordpress juga tidak perlu merasa khawatir untuk permasalahan yang satu ini. 

Cara ini bisa dilakukan dengan cara mudah. Pada kesempatan kali ini akan dibahas beberapa cara mengganti username pada blog wordpress.

Sedangkan untuk bizzie yang penasaran dengan beberapa cara mengganti saja simak penjelasan di bawah ini. 

Beberapa Cara Mengganti Username WordPress 

Seperti yang sudah dijelaskan pada sebelumnya bahwa ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengganti username wordpress. Untuk beberapa yang bisa dilakukan atau diterapkan adalah:

1. Cara Mengganti Username Blog WordPress Menggunakan Plugin 

Cara utama yang bisa dilakukan ketika akan melakukan pergantian username blog wordpress adalah dengan menggunakan bantuan alat . Ada beberapa langkah atau cara-cara yang bisa dilakukan yaitu:

  • Langkah utama yang dilakukan adalah melakukan login pada dashboard admin blog wordpres dari para pengguna. 
  • Ketika sudah berada di halaman utama bisa langsung memilih menu “plugins” dan “add new”. 
  • Berikan klik pada “easy username” yang berada di kolom pencarian. Pada saat berhasil sudah ditemukan bisa langsung melakukan install plugin dengan memberikan klik pada menu “install now”. 
  • Klik lagi pada menu “active”. Dengan memberikan klik pada menu tersebut maka plugin akan aktif secara otomatis. 
  • Untuk proses pengaksesan plugin bisa dengan memilih menu “users” dan “username updater”. Pada halaman users list, para bizzie bisa memilih username yang akan dirubah. Ketika sudah yakin bisa langsung memilih menu “update”. 
  • Bizzie akan secara otomatis diarahkan pada halaman “update username”. Masukkan saja username baru yang akan dipergunakan pada kolom tersebut. Berikan lagi tanda centang atau ceklis pada menu check box. 
  • Proses selanjutnya pihak blog wordpress akan mengirimkan email notifikasi untuk perubahan username. 
  • Pada saat sudah berhasil dan mendapatkan notifikasi berarti untuk pergantian username blog wordpress sudah berhasil. 
Baca Juga :  Remote Server SSH, Jenis dan Manfaatnya untuk Website Anda

Selain itu ada cara mengganti username wordpress yang juga bisa dilakukan. Untuk cara yang bisa dilakukan dengan melakukan pengecekan pada menu “users” dan “all users”. Selain itu, cara lainnya bisa melakukan uji coba melakukan log in pada dashboard pada blog admin wordpress. Lakukan log in dengan menggunakan username baru. 

2. Cara Mengganti Username Blog WordPress Menggunakan phpMyAdmin

Cara kedua yang bisa dilakukan dengan melakukan pergantian username blog wordpress melalui phpMyAdmin. Ada juga beberapa langkah-langkah atau cara yang bisa dilakukan yaitu:

  • Langkah utama bisa langsung saja log in pada . Untuk proses akses ini bisa memilih menu “namadomain” pada maupun
  • Ketika sudah berada di menu control panel akan diberikan banyak pilihan menu yang bisa dipilih oleh para pengguna. Untuk menu atau kategori yang pilih adalah “database”. 
  • Selanjutnya bisa memilih nama database yang ada pada blog wordpress. Ketika sudah selesai bisa memberikan klik pada yang bertuliskan “wp users”. 

Pada saat para pengguna blog wordpress tidak mengerti mengenai nama databasenya bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu. Untuk pengecekan file ini bisa dilakukan dengan menggunakan “wp-config.php”. 

Menu tersebut berada di satu folder. Sedangkan untuk folder yang di maksud adalah “public_html”. Ketika sudah berada di halaman tersebut bisa memilih “file manager”. 

  • Berikan klik pada menu “edit” di bagian nama “user_login”. 
  • Ketika sudah mempunyai pilihan username, bisa langsung masukkan saja username yang baru pada kolom “user_login”. Setelah prose memasukkan username sudah selesai bisa memberikan klik pada menu “go”. Pada saat sudah mengklik pada menu “go” semua perubahan akan tersimpan secara otomatis. 

Untuk melakukan pengecekan perubahan tersebut juga bisa dilakukan dengan menggunakan satu cara. Satu cara yang bisa dilakukan adalah melakukan log in pada blog wordpress dengan menggunakan username baru. 

Baca Juga :  Inilah 3 Cara Menguji Tema WordPress dengan Aman

Ketika terjadi pada saat log in, maka bisa meminta bantuan pada customer support. Pada customer support semua para pengguna akan langsung layani sepenuh hati pada layanan hosting blog wordpress. 

Baca Juga : 3 Cara Menghilangkan Powered By WordPress

3. Cara Mengganti Username Blog WordPress Menggunakan User Baru 

Cara yang paling akhir bisa melakukan pergantian username wordpress dengan memilih membuat user baru. Sebelum melakukan cara yang satu ini bisa menghapus user lama terlebih dahulu. Ada beberapa cara untuk bisa dilakukan pada pembasahan yang terakhir ini yaitu:

  • Langkah paling utama bisa masuk pada menu “users” dan “add new”. Usahakan memasukkan informasi data user yang baru. Jangan lupa pada langkah ini memilih role user. 

Setelah memilih role user bisa disesuaikan lagi supaya pergantian username benar. Ketika sudah benar dapat memberikan klik pada tombol “add new user”. Pada saat sudah memilih menu tersebut, maka semua perubahan sudah tersimpan secara otomatis. 

  • Semua data yang sudah berhasil ditambahkan akan langsung diarahkan pada halaman “all users”. Sedangkan untuk langkah selanjutnya yaitu menghapus data user yang lama. Cara menghapus username lama ini bisa langsung memilih “delete” pada user yang sudah terpilih. 
  • Berikan lagi klik pada menu “confirm deletion”. Usahakan sebelum memilih menu kali ini yakin untuk menghapus data sesuai dengan keinginan. 

Ketik dengan menggunakan cara mengganti username wordpress lama sudah berhasil dihapus, maka untuk login bisa dengan menggunakan user baru. Untuk cara kali ini bisa menggunakan pada user role default atau admin utama. 

Sekian, penjelasan mengenai beberapa cara cara mengganti username wordpress. Diharapkan dengan penjelasan tersebut bisa membantu bara bizzie ketika ingin terjun pada blog wordpress. 

Baca Juga : Langkah Mudah Membuat Menu Pada WordPress

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.