fbpx

3 Cara Menghilangkan Powered By WordPress

WordPress adalah sebuah CMS atau Content Management System yang handal dalam membangun website. Disamping itu, WordPress telah berhasil digunakan oleh lebih dari 445 juta website seluruh dunia. Bagi Anda yang memiliki jasa membuat website WordPress dan memiliki pengguna yang ingin menghilangkan tidak perlu khawatir karena cara menghilangkan powered by WordPress dapat dilakukan dengan sangat mudah. 

Terdapat beberapa pilihan cara untuk menghilangkan powered di WordPress agar nampak lebih profesional. WordPress dapat digunakan untuk membuat website. Sebagai CMS, WordPress akan membantu anda untuk membuat serta mengelola website tanpa menggunakan . Anda dapat menambah fitur, menata tampilan dan membuat berbagai konten pada website dengan mudah. 

Adanya tulisan powered by WordPress yang kerap muncul di bagian footer banyak tidak disukai pengguna. Terlebih jika yang dijalankan adalah website profesional, tentu harus menampilan tulisan yang sangat profesional. Maka dari itu tulisan powered by WordPress harus dihilangkan untuk membuat tampilan lebih baik. 

Fungsi WordPress 

Awalnya WordPress hanya difungsikan untuk menampilkan tulisan pada website sederhana saja. Namun saat ini terus mengalami perkembangan serta mendukung beberapa website lainnya. Inilah fungsi – fungsi WordPress : 

1. Membangun website portofolio 

Jika anda ingin memamerkan sebuah karya dalam portofolio, website portofolio di WordPress adalah langkah terbaiknya. Karya yang anda milikipun dapat dilihat oleh banyak orang. Dalam sebuah website, portofolio sangat cocok digunakan untuk berbagai profesi seperti ilustrator atau designer dan beberapa lainnya. 

2. Membuat website forum 

Fungsi lain dari WordPress adalah membuat website komunitas. Anda dapat membangun komunitas secara online melalui WordPress ini. Cara yang dilakukan dapat disesuaikan dengan kemampuan anda. 

Baca Juga :  Peran Penting Hosting Bagi Website dan Jenis-jenisnya yang Perlu Diketahui

3. Membuat website perusahaan 

Anda dapat mewujudkan website perusahaan yang profesional melalui WordPress. CMS yang satu ini memiliki berbagai fasilitas yang sesuai dengan website anda. Salah satunya adalah berbagai pilihan tema pada . Beberapa tema tersebut sangat mudah untuk diatur sehingga anda dapat memperoleh tampilan sesuai keinginan. 

Cara Menghilangkan Powered By WordPress 

Bagi beberapa pengguna, tentu akan lebih menyukai tema yang memberikan tawaran cara edit footer WordPress atau menghilangkan powered by WordPress. Anda dapat menemukannya dalam beberapa langkah berikut ini.

Baca Juga Berikut : Inilah Cara Membuat Daftar Isi Blog Pada WordPress

1. Hilangkah powered by WordPress dengan pengaturan template 

Cara menghilangkan powered by WordPress dapat dilakukan dengan pengaturan pada WordPress. Pada umumnya, masing – masing template memiliki menu untuk menghilangkan tulisan proudly powered by WordPress yang berbeda. Cara yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut : 

  1. Login menuju dashboard WordPress anda
  1. Klik menu Appearance 
  1. Klik Customize pada dashboard WordPress 
  2. Cari menu Footer pada pengaturan. Apabila dalam tema tidak terdapat menu footer. Anda dapat melihatnya pada menu Side Identiy dan cari pada kolom Footer Credit. Namun jika menu Footer juga belum muncul, lakukan langkah berikutnya. 
  3. Isilah kalimat guna mengganti tulisan powered by WordPress pada bagian Replace the footer text. 
  4. Simpan perubahan dengan klik Activate & Publish 

2. Hapus code dengan script PHP 

Cara menghilangkan powered by WordPress berikutnya adalah dengan script footer.php. Langkah ini dapat dilakukan karena tidak semua template pada WordPress terdapat menu untuk menghilangkan bagian kredit Footer. 

  1. Login pada dashboard admin WordPress anda
  2. Klik menu Appearance 
  3. Klik Theme EDITOR 
  1. Di menu sebelah kanan, terlihat adanya beberapa file php yang dapat dimodifikasi. 
  2. Pilih file footer.php
  3. Scroll dan cari baris code Powered.by
  4. Simpan perubahan dengan tekan tombol update file. 
Baca Juga :  Plugin Page Builder WordPress Terbaik dan Paling Populer

3. Sembunyikan kredit di footer dengan CCS 

Cara menghilangkan powered by WordPress lainnya adalah melalui CCS. Namun langkah ini cukup beresiko. Pasalnya dengan cara ini hanya mampu menyempunyikan cara, namun masih dapat tertuju pada WordPress. Dengan begitu, pun dianggap melakukan spamming dan mendapat pinalti. 

Namun tidak perlu khawatir karena cara menghilangkan powered by WordPress ini dapat anda lakukan jika cara sebelumnya tidak berhasil. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah menginstall plugin untuk melakukan custom CSS. Apabila template anda tidak terdapat fitur custom CCS. Lakukan beberapa cara berikut : 

  1. Akses dashboard admin pada WordPress adna 
  2. Install plugin Simple Custom CSS. 
  1. Apabila plugin custom CSS telah terinstall, klik menu Appearance 
  2. Klik custom CSS. Apabila template milik anda terdapat menu untuk custom css, maka akan muncul menu Appearance, kemudian theme options.
  3. Cara menghilangkan powered by WordPress dengan custom CSS dapat dilakukan dengan code berikut : .site-info {display: none}. 
  4. Klik update custom CSS untuk menyimpan perubahan 

Pada masing – masing template tentu akan berbeda. Site-info dapat disesuaikan dengan class dari template. Anda dapat mengetahui class dengan langkah berikut : 

  1. Klik kanan pada tulisan powered by WordPress 
  2. Klik inspect 
  3. Kemudian akan tampil bagian element berupa class dari tulisan tersebut. 

Cara menghilangkan powered by WordPress dapat dilakukan dengan berbagai cara yang telah disebutkan diatas. Langkah – langkah tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan anda. Mulai dari pengaturan template, script PHP sampai pengaturan dengan custom CSS. Kami menyarankan anda untuk menggunakan script PHP guna menghindari masalah pada website. Pastikan anda memilih cara sesuai jenis dan pengaturan yang ada. Selamat mencoba dan semoga berhasil. 

Baca Juga Artikel Berikut : Ketahui Ini! 6 Rekomendasi Plugin WordPress Terbaik