fbpx

Tutorial Menambah Add-on Domain di CPanel Paling Lengkap

sudah banyak mempermudah dan membantu dalam hal mengelola milik Anda pada sebuah tempat. Akan tetapi Anda juga bisa menambahkan sejumlah domain lain ke dalam akun cPanel milik Anda yang serupa. Oleh sebab itu hal ini disebut dengan fitur Addon Domains sehingga memungkinkan para pengguna agar dapat mempunyai tambahan domain serta sejumlah yang berasal dari milik Anda.

Adapun menambah addon domain di cpanel dapat Anda akses dengan mudah serta tanpa banyak tambahan lain. Untuk Anda yang telah mempunyai akun hosting serta membutuhkan tambahan sejumlah domain lagi tanpa harus mengganti ataupun mendaftar hosting lain pastinya skema di bawah ini menjadi pilihan paling populer yang efiesien dan praktis. Sebab semuanya dapat dilakukan dari satu wadah tanpa harus mengeluarkan tambahan biaya lagi.

Inilah Tutorial Menambah Addon Domain di Cpanel yang Termudah

Sebelum memahami tentang tutorial menambah addon domain di cpanel, ada baiknya Anda mengetahui tentang Addon Domain itu sendiri. Adapun Addon domain merupakan fitur cPanel yang memungkinkan pengguna bisa menambahkan domain yang ada pada satu akun hosting. Misalnya saja Anda mempunyai domain tokohosting.com kemudian ingin membuat laman situs selldomain.com. Karena itu dengan adanya addon domain Anda dapat mempunyai laman situs baru.

Adapun contoh halaman situs baru itu adalah tokohosting.com/selldomain yang ada dalam satu hosting. Tak hanya membuat domain tambahan, dalam tutorial menambah addon domain di cpanel Anda bisa juga membuat akun tambahan seperti halnya hosting yang diperuntukkan pada addon domain Anda. Keberadaan Addon domain menjadi alternative terbaik untuk Anda yang hendak mempunyai sejumlah domain namun tak perlu membeli domain dan hosting lagi.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Gambar di Web Yang Tidak Muncul

1. Cara untuk menambahkan domain baru di dalam cPanel

Berikut ini adalah tutorial menambah addon domain di cpanel dengan sangat mudah. Di mana caranya sendiri bisa di hosting biasa ataupun cpanel. Anda dapat mengikuti langkah di bawah ini:

1. Login dalam cPanel

Cara pertama Anda perlu login lebih dulu ke dalam cPanel akun hosting. Apabila para pengguna hosting layanan tertentu, maka bisa login lewat member area. Dalam halaman itu silahkan gulir layar ke bawah kemudian tekan tombol bertuliskan kelola hosting. Sesudah itu nantinya Anda melihat tampilan menu yang ada di cPanel lalu tekan All Features.

2. Mencari fitur bernama addon domains

Pada tutorial menambah addon domain di cpanel yang kedua silahkan cari fitur bernama addon domains. Pilihlah menu search yang ada di bagan atas laman cPanel. Kemudian masukkan kata kunci dengan tulisan addon di dalam kolom pencarian lalu tekan mnu Addon Domains yang ada di kolom Domains.

Baca Juga Berikut : Ketahuilah! Inilah Kelebihan dan Kekurangan Expired Domain yang Harus Diperhatikan

3. Menambahkan domain pada fitur addon domains

Sesudah membuka fitur bernama addon domains, nantinya Anda melihat pada tampilan laman utama bertuliskan addon domains. Sebagai informasi, apabila Anda mencentang pada opsi Create an FTP accoung nantinya tampil kolom yang harus diisikan. Dalam kolom tersebut Anda bisa menuliskan username serta password yang berasal dari akun FTP buatan Anda.

Agar bisa mendapatkan password dalam tutorial menambah addon domain di cpanel satu ini, Anda dapat memakai fitur bernama Password Generator dengan cara menekan tombol bertuliskan Generate Password. Nantinya fitur satu ini membuat kata sandi cukup aman untuk akun FTP yang berasal dari addon domain. Selain itu Anda juga bisa memakai advanced options untuk opsi lanjutan.

Silahkan Anda simpan kata sandi di tempat yang terbilang aman. Sesudah itu silahkan Anda centang kotak dialog I have copied lalu tekan tombol bertuliskan use password. Lewat cara satu ini, nantinya sistem secara otomatis membuat kata sandi baru di kolom bernama FTP Password. 

Baca Juga :  Mengenal Domain .CO.ID Domain Untuk Perusahaan

4. Mengatur addon domain

Jika sudah memasukkan seluruh domain yang diperlukan dalam tutorial menambah addon domain di cpanel, silahkan tekan tombol bertuliskan Add Domain. Kemudian Anda perlu menunggu sampai beberapa menit hingga seluruh folder yang dibutuhkan berhasil dibuat serta tahap pengaturan lain sudah selesai. Apabila berhasil, nantinya Anda melihat tampilan dengan gambar berbeda.

Pada langkah satu ini Anda sudah berhasil menerapkan cara menambah domain dalam cPanel. Dengan demikian saat ini Anda telah bisa mengunggah file situs kke subfolder baru yang berasla dari addon domain. 

5. Modifikasi pada addon domain

Setelah mengikuti tutorial menambah addon domain di cpanel sebelumnya, kini Anda sudah berhasil dalam membuat sebuah addon domain. Adapun Anda bisa melihatnya di bagian bernama Modify Addon Domain yang ada di bagian bawah Addon Domains. Selain itu ada sejumlah pilihan tepat yang bisa Anda gunakan antara lain:

  • Addon domains, seluruh addon domain yang sudah Anda tambahkan bisa dilihat dalam kolom ini.
  • Document Root yaitu subfolder yang berasal dari addon domain. Apabila Anda menekan link subfolfer nantinya diarahkan kepada file manager yang asalnya daric Panel
  • Subdomain yang akan dibuat otomatis dalam tutorial menambah addon domain di cpanel saat menambahkan domain.
  • Redirect to yang memungkinkan Anda bisa melihat kemana diarahkannya addon domain. Kalau Anda tak melakukan redirect maka nantinya terlihat not redirected. Anda bisa mengatur redirect yang asalnya dari addon domain itu dengan cara menekan opsi Manage Redirection yang berada di sebelah kanan.

Itulah tutorial menambah addon domain di cpanel paling lengkap dan bisa Anda ikuti dengan jauh lebih mudah meskipun pengguna sekalipun.

Baca Juga Artikel Berikut : Mudah! Inilah 5 Cara Pindah Hosting Antar cPanel