fbpx

Mudah! Inilah 5 Cara Pindah Hosting Antar cPanel

Berbicara cara pindah antar cPanel memang sangat mengasyikan serta banyak dicari informasinya. Akan tetapi, ada baiknya Anda mengetahui apa yang dimaksud dari pindah hosting tersebut? 

Secara garis besar pindah hosting atau biasanya disebut migrasi hosting yaitu pemindahan suatu file dari penyedia layanan hosting lama menuju penyedia layanan hosting baru, atau bisa juga dikatakan pemindahan dari satu hosting ke server hosting lainnya. 

Jadi, untuk Anda ketahui lebih dulu bahwa setiap penyedia jasa layanan hosting akan mempunyai sistem control panel atau cpanel yang berbeda – beda. Selain cPanel ada juga pilihan lain seperti Plesk, cPanel dan lain sebagainya yang bisa Anda cari tahu. 

Akan tetapi, kebanyak jasa layanan hosting menggunakan cPanel karena mudah digunakan serta ada banyaknya yang tersedia ketika ingin tahu cara pindah hosting antar cPanel. Termasuk dalam ini akan membahas bagaimana cara pindah hosting antar cPanel. Yuk, simak informasinya! 

5 Cara Pindah Hosting Antar cPanel 

ini akan membahas secara lengkap dan rinci, jadi mohon kesediaan Anda untuk tidak melompati satu langkah pun karena akan berdampak fatal. Sebelum mengikuti cara pindah hosting antar cPanel dibawah ini tentunya Anda harus memastikan bahwa Anda mempunyai layanan hosting baru dengan cPanel sebagai kontrol hosting nya. 

Kalau sudah tinggal simak dengan baik – baik langkah dibawah sebagai berikut:

1. Login pada cPanel Hosting Lama

Pertama, Anda harus segera melakukan login ke akun cPanel hosting lama. Masukan user dan untuk bisa mendarat sempurna di cPanel hosting lama tersebut. 

2. Jangan Lupa Lakukan Backup

Seperti judul dari subtitlenya cara pindah hosting antar cPanel berikutnya yaitu lakukan backup. Langkahnya cukup sederhana. Jika sudah masuk ke cPanel hosting lama, pilih Backup Wizard. Pada halaman ini Anda akan menemukan beberapa pilihan kembali dan pilih Backup or Restore, kemudian jangan lupa pilih fitur Backup. 

Baca Juga :  Cara Membuat Kategori Produk di WooCommerce yang Menarik Bagi Pelanggan

Setelah sampai pada titik fitur Backup, Anda diminta untuk memilih jenis backup yang tersedia dan menjadi keinginan Anda. 

1. Pilih Full Back untuk Anda yang menginginkan akses ke Web Host Manager (WHM) atau

2. Pilih Partial Backup untuk Anda yang mempunyai akses ke cPanel hosting. 

Jadi, untuk cara pindah hosting antar cPanel bisa memilih Partial Backup. Partial Backup ini bisa Anda lakukan dengan cara tiga backup secara terpisah dan download filenya satu persatu nantinya, yaitu Home Directory, MYSQL Databases, dan Email Forwarders & Filters. Cara download pun sederhana tinggal klik pilihan tersebut dan tekan download. 

Baca Juga Artikel Berikut : Perbedaan Hosting, Server dan Domain Serta Peranannya

3. Login ke cPanel Hosting Baru

Cara pindah hosting antar cPanel langkah ketiga yaitu login ke cPanel hosting baru. Dengan cara sama seperti langkah pertama. 

4. Lakukan Restore Backup

Sudah login ke cPanel hosting baru bukan? Jika sudah arahkan atau langsung akses menu Backup Wizard dan langsung pilih Restore. Jika sudah, Anda akan diminta untuk memilih file backup nya, jangan lupa untuk mengunggah file satu persatu. Dengan cara tekan pilihan file seperti Home Directory dan restore file backup nya, pilih choose file untuk mengunggah file yang sudah Anda download sebelumnya. Tunggu hingga proses selesai, dan lanjutkan ke file berikutnya. 

5. Lakukan Konfigurasi Database atau Upload Database ke Website Baru

Jika semua langkah di atas sudah dilakukan dengan benar, maka cara pindah hosting antar cPanel berikutnya yaitu konfigurasi database. Caranya dengan masuk ke menu MySQL di akun cPanel baru. Anda bisa konfigurasi database dengan memindahkan website dengan bahasa pemrograman PHPnya, seperti WordPress di wp-config.php dan jenis website lainnya. 

Baca Juga :  Inilah Perbedaan Domain dan Hosting yang Harus Diketahui

Sedangkan untuk upload database sendiri biasanya bisa Anda lakukan menggunakan fitur yang disediakan oleh cPanel yaitu phpMyadmin, bila ukuran file Anda tidak terlalu besar maka Anda tingga upload secara langsung. dengan cara masuk ke phpMyadmin, jangan lupa pilih nama database yang sudah Anda simpan sebelumnya, tekan impor dan berhasil. Tunggu hingga prosesnya selesai.

Selain dari cara pindah hosting antar cPanel yang mudah di atas, alasan lain kenapa banyak orang yang menggunakan cPanel untuk media pengelolaannya. Berikut beberapa keuntungan atau manfaat yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan cPanel.

  1. Memudahkan dalam pengaturan email. Saat menggunakan cPanel Anda akan dapat merasakan kemudahan dalam mengelola ataupun mengatur email tersebut mulai dari mengedit, mengelola, menghapus ataupun membuat email untuk forwarder yang tidak membutuhkan waktu cukup lama.
  2. Mudah dalam mengatur keamanan. CPanel mempunyai kata atau password khusus guna melindungi web hostingnya ataupun file – filenya dari serangan kejahatan dunia internet yang bisa dilakukan kapan saya. Hal itu bisa Anda rasakan ketika menggunakan fitur yang disebut Password Protect Directions.
  3. Mudah dalam mengelola database dan . Kemudahan ini akan Anda rasakan ketika Anda mengelola database dan domainnya, dimana cPanel menyediakan fitur untuk mengelola database yaitu phpMyAdmin dan MySQL. Sehingga, hal itu akan memudahkan para usernya dalam mengelola database seperti kegiatan memodifikasi. selain itu, juga mudah dalam mengatur domain beserta subdomainnya dalam berbagai aktivitas.

Demikian informasi cara pindah hosting antar cPanel yang dapat Anda jadikan referensi. Akan tetapi, buat Anda yang merasa takut jangan lakukan sendiri. Anda bisa menggunakan jasa layanan hosting untuk mempermudah pekerjaan Anda tanpa ada banyaknya risiko.

Baca Juga Artikel Berikut : 10+ Manfaat Email Hosting Untuk Kesuksesan Bisnis Online