fbpx

Ketahuilah! Inilah Kelebihan dan Kekurangan Expired Domain yang Harus Diperhatikan

Sering mendengar expired ? Jangan salah sangka! Nyatanya hal yang terdengar dengan keburu-burannya ini diburu oleh banyak orang. Biasanya beberapa orang akan membeli expired domain daripada membeli domain baru. Alasannya pun cukup sederhana, karena dengan membeli expired domain tidak perlu membangun popularitas dari awal. Sehingga, muncul kelebihan dan kekurangan expired domain. 

Walaupun expired domain sering disebut dengan domain bekas, akan tetapi banyak orang yang ingin memilikinya karena ada banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika membeli domain bekas. Salah satunya expired domain akan banyak menyimpan backlink yang mempunyai nilai manfaat untuk perkembangan blog kedepannya. 

Kelebihan dan Kekurangan Expired Domain

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk membeli dan memakai expired domain. Anda bisa mencari informasi secara lengkap tentang kelebihan dan kekurangan expired domain. Yuk, simak informasinya dibawah ini! 

4 Kelebihan Expired Domain

Dari sisi kelebihan pastinya dapat dijabarkan karena adanya nilai manfaat, diantaranya yaitu :

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf pendahuluan bahwa jika Anda membeli expired domain secara otomatis backlink yang dibangun pemilik lama akan juga menjadi milik Anda. Maka dari itu, tidak heran jika Anda akan banyak menemukan dan mempunyai backlink yang berkualitas untuk membangun perkembangan blog Anda setelahnya. 

2. Mempunyai Peringkat Website yang Bagus

Selain dari sisi backlink yang berkualitas, Anda juga akan menerima kelebihan lainnya yaitu peringkat yang bagus. Jadi, Anda tidak perlu bersusah paya lebih ekstra untuk mempromosikan domain dari awal. Akan tetapi, Anda perlu mengingat bahwa tidak semua expired domain mempunyai peringkat mesin pencarian yang bagus. Jadi, tetap dibutuhkannya untuk membangun website tersebut agar lebih bagus. 

Baca Juga :  Apa Itu Ransomware? Pengertian, Jenis, & Cara Mencegahnya

3. Terhindar dari Penalti Google

Secara tanpa sadar Anda akan diberi keuntungan atau kelebihan dari sisi terhindar dari penalti atau hukuman . Maksudnya, jika Anda sudah membeli expired domain dengan jejak rekam yang bagus dari segi apapun maka pemilik baru yaitu Anda tidak akan diduga menggunakan teknik promosi ilegal atau kecurangan lainnya. 

Baca Juga Berikut : Inilah 7 Fungsi SSL untuk Website yang Wajib Diketahui

4. Nama Domain Sesuai yang Dicari

Biasanya banyak dari nama – nama domain yang diinginkan tidak bisa dimiliki karena domain bersifat publik. Maka dari itu, bisa jadi keberuntungan berpihak pada Anda. Ketika membeli expired domain menemukan dan mendapatkan nama domain yang sesuai dengan keinginan atau dicari. Anda bisa mendapatkan nama tersebut dari pembelian yang dilakukan pada transaksi expired domain ketika orang tersebut menjualnya.

5 Kekurangan Expired Domain

Selain dari kelebihan, pastinya ada kekurangan dari pemakaian expired domain. Anda dapat mengetahuinya melalui informasi dibawah ini. 

1. Tujuan Berbeda dari Penggunaan Domain Sebelumnya

Membangun sebuah website tentunya memiliki tujuan yang berbeda – beda baik itu dari segi tema yang ditampilkan ataupun penggunaan lainnya, maka tidak heran jika kekurangan pertama dari expired domain yaitu tujuan yang berbeda. 

Akan ada banyak expired domain yang ditawarkan dengan tujuan berbeda seperti yang akan Anda bangun. Jika sudah berbeda, maka tetap sama Anda harus memulai dari awal untuk membangun website tersebut. Apalagi jika tujuan domain lama berhubungan dengan hal – hal negatif, maka Anda akan terkena imbas dan dampaknya. 

Anda mencoba untuk membeli expired domain, maka jangan tergesa – gesa. Periksalah secara teliti, apalagi untuk backliknya. Pastinya jika backlink tersebut bersumber dari sungguhan alias tidak palsu. Sehingga, jika backlink diidentifikasi palsu maka dampaknya pun akan berimbas pada pemilik baru yaitu Anda. 

Baca Juga :  Inilah Perbedaan Domain dan Hosting yang Harus Diketahui

3. Ranking yang Tidak Valid

Hati – hati dengan hal ini, bisa jadi jika ranking dari expired domain tidak selalu bagus atau tidak valid. Maksudnya, ranking terlihat tinggi tapi jika sudah diaktifkan justru menurun. 

4. Nama Domain Terkena Penalti

Kekurangan lain dari sisi expired domain yaitu nama domain terkena penalti oleh Google. Hal itu dikarenakan ada beberapa website yang mungkin sebelumnya melakukan tindakan ilegal, terlarang, menyalahi aturan atau spamming yang akan mengganggu indeks dalam pencarian Google. 

Sehingga, secara tidak langsung Google akan menghapus indeks domain dari pencarian. Hal itu akan membuat Anda sedikit repot menguruskan, sebenarnya Anda bisa menguruskan dengan mengirim petisi ke pihak Google untuk mengembalikan domain tersebut. Namun, hal itu akan lebih susah dan menunggu waktu yang lama sekaligus kerepotan yang ekstra. 

5. Popularitas Tidak Kembali Seperti Semula

Kekurangan dari expired domain lainnya yaitu popularitas yang tidak bisa kembali seperti semua. Karena biasanya sebagian besar expired domain akan direset ulang oleh pihak yang bersangkutan. 

Maka dari itu, dibutuhkan untuk mengaktifkan kembali domain tersebut. Hal itulah yang membuat popularitas awal dari domain tidak bisa kembali seperti semua, secara nyatanya Anda langsung tetap harus melakukan usaha untuk mengembalikan popularitas domain dalam pencarian. 

Sehingga, Anda tidak akan menemukan kepastian apabila Anda bertanya apakah popularitas tersebut bisa kembali seperti semua atau tidak. Jadi, jika Anda memutuskan untuk membeli expired domain lakukan reset yang mendalam terkait domain yang Anda akan beli.

Itulah beberapa informasi mengenai kelebihan dan kekurangan expired domain. Jika, Anda masih ragu jangan tergesa – gesa untuk menggunakan, membeli atau memakai expired domain. Pikirkan secara matang untuk hasil yang maksimal di masa depan.

Baca Juga Artikel Berikut : Apakah Website Membutuhkan SSL? Temukan Jawabannya Disini!