fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Tips Jadi Travel Blogger Sukses, Bisa Jalan-Jalan Sambil Berbagi Tulisan

Bahrul Ilmi

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan destinasi wisata. Sehingga tidak heran banyak yang datang ke Indonesia hanya untuk menikmati keindahan alam Indonesia. Meski sempat diterpa pandemi selama kurang lebih dua tahun, pariwisata Indonesia masih bisa bangkit. Salah satu sebabnya karena travel blogger Indonesia yang terus membagikan perjalanan mereka lewat media sosial.

Menurut data, Pariwisata tanah air mulai bangkit sejak Mei 2022, dan puncaknya pada Agustus 2022. Lonjakan tersebut disebabkan oleh kunjungan wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia. Jumlahnya mencapai 510.246 kunnungan pada Agustus 2022.

Hal tersebut tentunya menjadi angin segar bagi orang-orang yang berhubungan dengan wisata, tidak terkecuali travel blogger yang selalu merencanakan perjalanan ke berbagai lokasi yang ingin dikunjungi. Membuat konten, lalu membagikannya lewat sosial media.

Apa Itu Travel Blogger?

Travel blogger adalah seseorang yang senang melakukan perjalanan, mendatangi tempat-tempat yang menarik dan menuliskannya di blog. Ada banyak travel blogger Indonesia yang terkenal dan sudah mendatangi banyak tempat wisata di Indonesia.

Melalui aktivitas tersebut, mereka tidak hanya memiliki pengalaman yang menyenangkan setelah mendatangi suatu tempat, tapi juga mendapatkan ide tulisan dan peluang mendapatkan penghasilan dari tulisan tersebut.

Selain menulis di blog pribadi, travel blogger biasanya mengirim tulisannya ke media online atau surat kabar. Mereka akan mendapatkan uang dari setiap tulisan yang diterbitkan. Jika blog mereka memiliki traffic kunjungan yang bagus, maka mereka juga berkesempatan mendapatkan penghasilan tambahan dari blog.

Tidak hanya lewat penayangan iklan, blogger wisata juga bisa menghasilkan uang lewat menulis review, membuat konten di media sosial, menjual foto atau video, dan melakukan kolaborasi dengan brand.

Tips Menjadi Travel Blogger Sukses

Kalau saat ini Anda sudah memiliki blog dan ingin mencoba jadi seorang travel blogger, berikut kami berikan beberapa tips menjadi travel blogger sukses yang bisa Anda ikuti, yaitu:

1. Gali Passion Anda

Anda pasti sering mendengar bahwa ketika ingin melakukan sebuah pekerjaan, mulailah dengan pekerjaan yang sesuai dengan passion Anda. Pernyataan itu tidaklah salah. Karena nyatanya banyak orang gagal ketika menjalani sesuatu yang dirasa tidak sesuai dengan passion hidupnya.

Passion adalah kemauan dan ketertarikan Anda terhadap sesuatu. Anda rela melakukan apa saja dan meluangkan waktu lebih banyak untuk menggeluti aktivitas tersebut. Itu juga berlaku jika Anda ingin menjadi seorang travel blogger.

Menjadi seorang travel blogger tidak semudah datang ke suatu tempat, mengambil foto atau video, lalu mengunggahnya di media sosial Anda. Ada banyak hal di balik itu yang juga perlu Anda jalani dan pahami.

2. Tentukan Niche yang Cocok

Travel memiliki pembahasan topik yang sangat luas. Jika Anda tidak bisa menguasai semuanya, pilihlah satu niche yang spesifik. Selain memudahkan Anda dalam proses pembuatan konten, pemilihan niche yang spesifik juga akan membantu Anda membangun personal branding lebih mudah.

Blog Anda akan dikenali orang sebagai sumber referensi untuk topik tertentu. Dengan begitu, peluang Anda untuk mendapatkan traffic kunjungan juga akan semakin besar.

3. Beli Domain yang Sesuai

 Karena kita travel blogger, maka penting untuk membuat sebuah blog. Dimulai dengan membeli domain yang menggambarkan branding kita sebagai blogger wisata. Jika ingin memonetisasi blog di kemudian hari, Anda bisa menggunakan domain ekstensi .com, .info, .id dan beberapa nama Top Level Domain (TLD) lainnya.

Jika ini menggunakan domain yang unik, Anda bisa memilih domain dengan ekstensi .blog, .travel, dan beberapa jenis domain yang berkaitan dengan travel blog. Tentunya bisa disesuaikan dengan keinginan, kebutuhan dan budget yang Anda miliki.

4. Gunakan Hosting yang Handal

Ketika Anda berhasil membangun blog travel yang ramai pengunjung, itu akan berpengaruh pada performa website. Bahkan tidak jarang blog Anda jadi tidak bisa diases dan Anda kehilanggan traffic. Jika dibiarkan terlalu lama, mesin pencari juga akan mengecualikan blog kita dari pengindeksan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada baiknya menggunakan hosting yang handal sejak awal. Seperti cloud hosting atau cloud VPS jika pengunjung harian sudah terlalu banyak. Ini akan menjaga website Anda tetap aman, selalu dalam performa terbaik dan bisa menangani lebih banyak traffic website.

5. Maksimalkan SEO pada Blog

Membagikan penglaman lewat tulisan memang menyenangkan. Namun sebaiknya Anda juga tidak melupakan optimasi mesin pencari. Anda bisa belajar dan menerapkan teknik SEO (Search Engine Optimization). Kemampuan tersebut membantu blog serta tulisan Anda lebih mudah ditemukan lewat mesin pencari.

Selain media sosial, banyak orang yang datang ke sebuah website lewat mesin pencari. Maka penting untuk memastikan keberadaan blog Anda di berbagai search engine seperti Bing, Google, dan Yandex jika Anda juga menargetkan pembaca dari luar negeri.

6. Buat Konten yang Bermanfaat

Beberapa travel blogger memang senang berbagi cerita dan pengalaman mereka. Namun di balik itu, mereka juga menggabungkannya dengan topik atau pembahasan yang dicari oleh banyak orang. Sehingga tulisan mereka tidak hanya sekedar cerita, tapi juga bermanfaat bagi orang lain.

Contoh kecilnya ketika mendatangi suatu tempat, mereka tidak hanya menceritakan betapa indahnya tempat tersebut. Tapi juga membahas bagaimana cara datang ke sana, apa saja yang perlu dipersiapkan juga apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama berada di tempat tersebut.

7. Perluas Pertemanan

Ketika pergi ke suatu lokasi, Anda akan bertemu dengan banyak orang. Gunakan kesempatan ini untuk memperluas pertemanan. Terutama jika tempat itu merupakan destinasi yang baru pertama kali dikunjungi. Memiliki teman baru akan membuat perjalanan Anda semakin menyenangkan.

Akan lebih beruntung jika teman baru Anda merupakan warga sekitar. Anda akan lebih mudah menggali informasi mengenai tempat tersebut. Sehingga mendapatkan hal penting dan informasi menarik yang dibagikan ke pembaca blog Anda.

8. Maksimalkan Media Sosial

Tidak perlu bingung karena mengurusi banyak media sosial. Anda bisa memaksimalkannya sembari mengelola blog. Contohnya setipa kali publish artikel baru di blog, Anda bisa membagikannya di media sosial. Bisa juga dengan menerapkan teknik cross-platform atau dikenal juga dengan istilah repurpose content.

Selain melakukan update story, Anda juga bisa mengubah artikel blog menjadi konten menarik di media sosial. Anda bisa membuat kembali konten di blog dalam bentuk carousel, single post, reels atau short video. Tinggal disesuikan dengan platform yang ingin digunakan.

9. Konsisten

Langkah terakhir yang tidak kalah penting adalah konsisten. Mungkin sudah banyak travel blogger yang lebih dulu memulai. Namun tidak semuanya bisa konsisten. Dengan konsistensi yang baik, maka peluang untuk menjadi travel blogger sukses akan lebih mudah dicapai.

Mungkin Anda ada masanya Anda merasa jenuh. Namun sebaiknya hal tersebut tidak mempengaruhi konsistensi Anda sebagai travel blogger. Salah satu solusi terbaik yang bisa dilakukan dengan menjadwalkan postingan. Anda bisa membuat konten dan menjadwalkannya hingga beberapa bulan kedepan.

Begitulah sedikit tips bagi Anda yang ingin menjadi travel blogger sukses di Indonesia. Semoga cara-cara tersebut bisa Anda terapkan dengan baik, dan jangan lupa untuk selalu konsisten. Jika Anda belum memiliki nama domain dan hosting, Anda bisa menggunakan layanan hosting dan domain di DewaBiz.

DewaBiz siap menjadi teman setia Anda dalam membangun blog sebagai travel blogger. Dibantu pula dengan tim customer service dan technical support yang sedia kapan saja ketika diperlukan. Bangun blog Anda sekarang dan nikmati proses menjadi blogger traveler.

Baca Juga