fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

PanduanDomain

3 Cara Membeli Domain Premium, Pengunjung Mudah Mengingatnya

Muhammad Rizqy

Bagaimana cara membeli domain premium? Sebagian orang, terutama pebisnis tentu perlu mengetahuinya. Pasalnya, nama web ini memberi banyak pengaruh yang menguntungkan.

Pebisnis akan selalu berusaha menempatkan brand mereka dalam benak konsumen. 

‘Tujuannya agar ketika menghadapi kendala, solusi yang mereka ingat adalah bisnis tersebut. Begitu juga dengan alasan menggunakan domain premium.’

Pengertian Domain Premium

Sebelum mengarah pada cara membeli, sebaiknya memahami pengertiannya terlebih dahulu. Nama domain premium adalah penyebutan untuk alamat website yang istimewa. Lantaran, biasanya hanya terdiri dari dua hingga empat karakter saja.

‘Artinya, domain tersebut berpotensi membuat pengunjung mudah mengingatnya. Tentu ini akan mempengaruhi jumlah trafik juga.’

Kendati demikian, tidak hanya yang pendek saja, penyebutan premium juga bisa untuk domain dengan peminat cukup banyak. Misalnya karena adanya korelasi dengan suatu bisnis atau organisasi.

Di samping itu, jelas sebutan premium juga meningkatkan nilai jualnya. Itulah sebabnya, banyak orang berinvestasi pada domain jenis ini.

Tiga Cara Beli Domain Premium

Ingin memiliki website bisnis dengan nama catchy dan mudah mengingatnya? Saatnya berburu domain premium. Berikut ini adalah tiga cara membelinya.

1. Membeli melalui Penyedia Jasa Domain dan Hosting

Pertama, Anda bisa membeli domain premium ke penyedia jasa hosting terpercaya. Salah satunya adalah Dewabiz. Dalam konteks ini, sama dengan mendaftar website baru.

Jadi, Anda mendaftarkan nama domain unik sesuai dengan  kebutuhan. Cara membeli domain WordPress di Dewabiz adalah:

  • Selanjutnya, ketikkan nama domain yang Anda inginkan pada kolom tersedia.
  • Klik pada tombol cari untuk mulai menjalankan perintah pencarian.
  • Apabila hasil pencarian keluar dan ternyata domain tersebut tidak tersedia, cari alternatif lain. Anda juga bisa mempertimbangkan saran yang ada.
  • Setelah menemukan nama domain yang sesuai, klik tombol masukkan keranjang.
  • Jika sudah, klik checkout untuk mulai memproses transaksi.
  • Masukkan kode promosi jika memilikinya.
  • Lanjutkan dengan mengisi formulir data diri.
  • Kemudian tetapkan metode pembayarannya.
  • Terakhir, Anda akan mendapati halaman invoice. Lakukan pembayaran sesuai petunjuk.
  • Pembayaran yang Anda lakukan akan secara otomatis terkonfirmasi. Setelah proses selesai, maka domain premium pun ada dalam genggaman.

2. Membeli Melalui Lelang

Cara lain untuk mendapatkan domain premium adalah melalui lelang. Tentu saja, ini berlaku terhadap website yang sudah terdaftar pada pelelangan tersebut. Anda bisa memanfaatkan search engine untuk mengetahui tempat lelang domain ini.

Proses lelang tersebut bisa berlangsung selama satu hari, seminggu, atau bahkan hanya beberapa jam saja. Jadi, jika ada domain premium yang sesuai, segeralah melakukan penawaran, sebelum ada pihak lain yang mendahului dengan harga terbaik.

3. Langsung Menghubungi Pemilik

Selanjutnya, Anda bisa membeli domain premium langsung pada pemiliknya. Contohnya, ketika menginginkan suatu nama website tetapi ternyata tidak tersedia, Anda bisa melacak siapa yang memilikinya.

Ada beberapa tools yang bisa melakukan pelacakan pemilik domain. Carilah dengan menggunakan kata kunci who is.

Caranya mudah, cukup dengan memasukkan nama domain ke kolom yang tersedia, kemudian klik Cari atau ikon kaca pembesar. Selanjutnya, hasil akan menampilkan nama, email, serta identitas lain dari pemiliknya.

Proses ini cukup mudah dan cepat. Biasanya hasil akan keluar dalam waktu paling lama satu menit. Jadi, Anda tinggal menghubunginya, untuk menyampaikan niat membeli domain tersebut.

Kendati demikian, memang ada beberapa pengelola website yang menggunakan whois privacy. Jika demikian, maka Anda tidak bisa mendapatkan kontaknya.Pilih salah satu cara membeli domain premium tersebut, atau coba saja ketiganya untuk meningkatkan peluang mendapat nama terbaik. Meskipun harganya lebih mahal, tetapi mudah mengingatnya dan membuat bisnis tampak lebih kredibel.

Baca Juga