fbpx

Cloud VPS Adalah: Pengertian, Kegunaan, dan Cara Kerjanya

Bagi Anda, pemilik atau para pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah atau Virtual Private . Saat ini muncul lagi istilah baru yaitu VPS. tahukah kamu apa itu Cloud VPS? Cloud VPS adalah kumpulan dari beberapa VPS yang berbagi sumber daya dari sebuah mesin yang penyedia cloud kelola.

Mengenal Cloud VPS

 cloud VPS adalah

VPS yang merupakan server pribadi namun dalam bentuk virtual yang diinstal ke dalam server fisik. Untuk selanjutnya, oleh cloud atau Cloud VPS Provider yang menjalankan beberapa VPS lainnya, mengoperasikan VPS ini.

Walaupun VPS berbagi hypervisor dan perangkat kerasnya, namun setiap VPS menjalankan sistem operasinya sendiri dan aplikasinya. Juga, mencadangkan bagian miliknya dari sumber daya mesin yang tersedia, seperti memori dan komputasinya.

Bagaimana Cara Kerja Cloud VPS?

Cara kerja Cloud VPS

Cara kerja Cloud VPS adalah VPS yang sudah berada dalam sebuah server fisik atau sebuah mesin, bekerja dalam lingkungan cloud. Lingkungan kerja cloud adalah lingkungan yang membuat sebuah VPS berbagi sumber daya server atau mesin dengan VPS lain.

Jika pada traditional VPS , setiap VPS hanya mampu bekerja pada sumber daya yang sudah ditetapkan, maka pada Cloud VPS, server virtual bisa memanfaatkan sumber daya lain. Dari mana? Tentu dari sumber daya tambahan yang tersedia pada mesin virtual.

Baca Juga :  Panduan Custom Domain Blogspot Dewabiz

Sumber daya disini maksudnya adalah CPU, RAM memory, penyimpanan, dan komputasi. 

Apa Kegunaan Cloud VPS?

kegunaan Cloud VPS

Cloud VPS dibuat untuk mengatasi keterbatasan sumber daya, di mana pada VPS hosting tradisional harus dikonfigurasi ulang jika web Anda mengalami perkembangan atau sedang dalam traffic yang memuncak.

Berikut ini kegunaan Cloud VPS yang cukup bermanfaat untuk -situs yang lalu lintasnya padat.

1. Memiliki Sumber Daya Tersendiri

Setiap VPS seperti server khusus dengan sumber daya sendiri, yaitu CPU, RAM, Kapasitas Penyimpanan, dll. Hal ini memberikan jaminan kepada Anda, bahwa pengguna cloud yang lain tidak memengaruhi web Anda.

2. Harga Terjangkau

Biaya Cloud VPS rendah, karena setiap penyedia layanan cloud memberikan Anda kebebasan untuk mengatur sumber daya sesuai kebutuhan web. 

Jika Anda membutuhkan tambahan kapasitas hard disk dalam sehari, sistem akan menghitung penambahan tersebut secara akurat. Ini sebabnya Anda cukup membayar sumber daya terpakai saja. 

3. Adaptif

Setiap kali Anda membutuhkan perubahan atau penambahan sumber daya bagi kinerja situs, Anda bebas melakukannya sendiri. 

Misalnya jika ingin mengubah pengaturan baru agar web lebih terlihat menarik, Anda mungkin membutuhkan lebih banyak storage dan memperbesar kapasitas RAM. Namun Anda tidak perlu melakukan migrasi pada situs Anda sehingga tidak ada waktu henti yang terjadi.

4. Kemudahan Aksesibilitas

Anda bisa mengakses VPS Anda di mana pun berada selama terhubung ke tentunya.

5. Keamanan Tingkat Tinggi

Memiliki RAM khusus (terisolasi) menjadikannya aman dari perangkat lunak berbahaya atau para peretas. Hal ini juga disebabkan karena Cloud VPS menyertakan mekanisme keamanan multilevel bawaan. 

Memilih cloud VPS juga memungkinkan Anda untuk memiliki back up yang lebih aman. Semua file Anda yang berhubungan dengan situs Anda akan aman dan tersimpan di dalam beberapa harddrive

Baca Juga :  Macam-macam Web Server, dari Open Source hingga Berbayar

6. Memiliki Kontrol Penuh

Anda bisa menginstal sistem operasi dan panel kontrol sendiri. Hal ini karena Cloud memiliki akses root. Selain itu, Anda juga dapat menginstal aplikasi maupun program yang Anda suka karena tidak ada batasan. 

7. Kecepatan Jaringan Terjaga

Kendala down server pada sistem cloud VPS ini tidak akan terjadi. Karena jika satu sumber daya down, maka Anda bisa mendapatkan sumber daya tambahan kapan saja. 

Hal ini menjamin kecepatan akses situs Anda oleh pengguna tetap terjaga. Anda siap memenangkan persaingan. 

8. Memiliki Kemampuan Kolaborasi

Data Anda terletak dalam sebuah cloud, sehingga memungkinkan Anda untuk berkolaborasi dengan sesama anggota cloud jika Anda mengerjakan sebuah proyek.

Kini Anda sudah tahu bahwa Cloud VPS adalah kumpulan dari beberapa VPS yang berbagi sumber daya dari sebuah mesin penyedia cloud, serta bagaimana cara kerjanya dan kegunaannya. Semoga informasi ini bermanfaat.