fbpx

Sejarah Komputer Generasi Pertama, Ini Penjelasannya

Berbagai macam wujud teknologi dan perkembangannya sudah menciptakan . Bisa dikatakan generasi pertama pada perkembangan menjadi cikal bakal teknologi modern saat ini. Sehingga dari awal sudah terlihat seperti apa perkembangan dari instrumen generasi komputer pertama kali yang diketahui jadi acuan teknologi saat ini.

Bisa dikatakan generasi komputer pertama kali tidak memiliki spesifikasi canggih seperti sekarang. Bahkan dari ukuran versi pertama kali juga memiliki ukuran cukup besar. Sehingga dari perkembangan generasi pertama sampai generasi sekarang bisa dicermati hingga terlihat kecepatan dari perkembangan teknologi.

Baca Juga : Apa itu Flowchart? Pengertian,Fungsi dan Jenisnya

Sejarah Komputer Generasi Pertama Wajib Anda Tahu

Perlu Anda cermati kembali bahwa dari komputer generasi pertama sudah dikembangkan pada tahun 1946 sampai 1959 silam. Kemudian dari perubahan perangkat komputer inilah sudah dipakai sebagai beberapa fungsi utama di masa Perang Dunia II terutama negara barat sebagai mayoritas pengguna sekaligus pengembang pada saat itu.

Perangkat komputer pada zaman tersebut dianggap sebagai inovasi canggih yang mana memberi fungsi mengolah, menerima sampai menampilkan bagi pengguna. Karena itu komputer tersebut menjadi kebutuhan utama yang kerap diakses dengan mencermati perkembangan teknologi yang semakin cepat.

Secara tidak langsung komputer generasi pertama juga menghasilkan desain dan bentuk berbeda. Karena itu komputer memiliki pergerakan inovasi dan juga beberapa terobosan dari perangkat hardware maupun sangat cepat.

Diketahui perkembangan komputer sudah terbagi menjadi lima generasi baik dari pertama yang sudah dipakai banyak orang saat ini. Sekarang bisa kita lihat seperti apa informasi dari sejarah komputer generasi awal.

Informasi Sejarah Komputer Generasi Pertama

Bila dicari sumber valid seperti halnya halaman Geeks fo Geeks juga menjelaskan bahwa perkembangan dari generasi pertama masih memanfaatkan ENIAC ataupun Electronic Numerial Integrator and Calculator yang mana sudah dikembangkan oleh seorang William Mauchly dan John Ecxert.

Baca Juga :  Panduan Lengkap Cara Memindahkan Hosting Website Antar Cpanel

Dari sinilah sebuah perangkat komputer memiliki ukuran tabung vakum lebih besar dengan total berat mencapai 30 ton. Sehingga dari kapasitas penggunaan komputer generasi pertama telah memakan banyak ruang dan juga harganya terbilang sangat mahal pada saat itu.

Perkembangan dari komputer generasi awal mampu menghitung aritmatika dan memanfaatkan tabung vakum sampai mengembangkan 5000 penambahan per detik. Sehingga ada sistem yang masih dikatakan merepotkan karena butuh daya listrik cukup besar.

Selain memanfaatkan daya listrik besar, generasi awal ini juga masih memakai bahasa pemrograman dari level rendah karena memang tujuannya adalah mempermudah dalam memahami semua sistem komputer tersebut.

Kapasitas memori yang ada di komputer generasi pertama ini terdiri dari 20 akumulator, dimana masing-masing komputer bisa menampung sebanyak 10 digit angka desimal. Dari satu digit angka tersebut bisa digambarkan sebagai 10 tabung vakum.

Baca Juga : Youtube Dashboard : Pengertian dan Cara Menggunakannya

Poin Kelebihan dan Kekurangan Komputer Generasi Pertama

Dapat kita lihat bahwa dari sejarah generasi pertama ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Meskipun fungsi dari komputer generasi awal ini memberi manfaat besar, tetap saja ada beberapa kelebihan dan kekurangan seperti berikut ini.

  1. Kekurangan dari generasi pertama perangkat komputer sudah jelas membutuhkan ukuran luas dan besaran ruangan cukup merepotkan. Sehingga komputer dari generasi awal ini juga butuh kapasitas daya listrik sangat besar sehingga mustahil dipakai di setiap rumah.
  • Pada saat komputer dioperasikan, butuh pendingin ruangan cukup banyak karena komputer juga menghasilkan suhu panas tinggi. Jika tidak ada perangkat pendingin ruangan, pastinya kinerja komputer tidak bekerja dengan sempurna.
  • Jumlah dari komputer pada generasi pertama juga tidak banyak. Sehingga dari produksinya masih jarang dilakukan karena dinilai tidak efisien serta memakan waktu lama. Bila ingin membuat satu komputer pastinya ada dukungan dari perangkat lain.
  • Pada komputer generasi pertama juga memberi kecepatan proses informasi sangat lambat. Sehingga ada penggunaan yang dirasakan tidak efisien waktu hingga proses pengolahan informasi juga butuh waktu lama.
  • Desain dan bentuk perangkat komputer generasi awal ini juga terbilang besar dan harganya mahal membuat generasi pertama ini hanya dimiliki kalangan tertentu saja.
Baca Juga :  Mengapa Nama Domain di Internet itu Penting?

Pada dasarnya komputer generasi pertama juga memberi potensi adanya instrumen dari cikal bakal teknologi komputer saat ini.