fbpx

Youtube Dashboard : Pengertian dan Cara Menggunakannya

Di era ini, adalah salah satu media yang paling banyak digunakan untuk menghasilkan uang. dashboard adalah alat yang dibuat oleh YouTube untuk membantu Anda mendapatkan ringkasan terbaru dari aktivitas saluran Anda. Harus memahami youtube dashboard untuk dan cara menggunakannya.

Tak sedikit orang yang akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang Youtuber atau pembuat konten. YouTube tidak hanya menghasilkan uang, tetapi juga menawarkan tampilan dasbor dengan informasi manajemen konten lengkap, termasuk YouTube Analytics untuk memeriksa kinerja video. Selain itu, Anda juga dapat menjelajahi berbagai fitur khusus yang disediakan untuk pembuat konten menggunakan Youtube dashboard.

Youtube dashboard adalah salah satu alat terpenting yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan pertumbuhan saluran YouTube Anda. Dashboard YouTube secara keseluruhan mampu menampilkan performa sebuah channel atau channel YouTube.

Dengan Anda da dapat melihat performa video terbaru, melacak hasil analisis saluran selama 28 hari terakhir atau bahkan 48 jam terakhir, melihat sekilas komentar terbaru, untuk mengetahui siapa terbaru Anda. Dasbor YouTube juga memungkinkan Anda mengetahui keseluruhan kinerja saluran YouTube Anda, dari mana asal pemirsa, dan video atau topik apa yang paling diminati pemirsa.

Menggunakan dashboard YouTube sebenarnya tidak sulit. Anda cukup mengunjungi channel YouTube Anda, klik profil Anda di pojok kanan atas lalu pilih YouTube Studio.. Kemudian Anda akan diarahkan ke dashboard YouTube di area desktop.

Setelah Anda mencapai tahap dasbor YouTube, yang harus Anda lakukan sekarang adalah mengklik panel untuk melihat informasi yang Anda inginkan. Namun agar tidak salah klik, pelajari fitur apa saja dan cara menggunakan panel berikut di dashboard YouTube.

Baca Juga Berikut : Cara Riset Keyword Youtube Untuk Mendatangkan Banyak Viewers

1. Performa video terbaru


Kelebihan dari panel dashboard YouTube ini adalah kamu bisa mengecek performa keseluruhan dari video-video terbaru yang kamu upload. Sekilas, Anda dapat melihat peringkat versus video terbaru lainnya, penayangan versus total penayangan rata-rata, RKT, dan waktu tonton rata-rata.

Baca Juga :  9 Tips Memilih Tema WordPress Terbaik

2. Channel Analytics

Seperti namanya, panel ini bisa digunakan untuk menampilkan hasil analytics pada channel YouTube yang Anda kelola. Channel Analytics memberikan jumlah pelanggan terbaru, ringkasan jumlah dan durasi penayangan untuk semua video, dan video teratas dengan penayangan terbanyak.

Anda dapat mengeklik Analytics untuk melihat beberapa video teratas di saluran Anda di area yang sama. Namun, jika Anda ingin melihat informasi analitis yang lebih detail tentang saluran, Anda dapat mengklik buka analisis dan Anda akan dibawa ke panel YouTube Analytics untuk memeriksa ikhtisar, jumlah jangkauan, dan pemirsa yang melihat konten Anda.

3. Published Videos

Area ini berisi informasi singkat tentang video mana yang telah Anda unggah ke saluran YouTube Anda. Panel Video yang Dipublikasikan memberi Anda informasi sekilas tentang video yang dipublikasikan. Like jumlah penayangan (views), komentar dan juga orang yang menyukai video Anda.
Arahkan kursor ke setiap video sehingga Anda dapat mengeklik setiap ikon untuk melihat statistik video dari sudut pandang pemirsa, atau Anda dapat mengeklik ikon pensil jika ingin melihat informasi mendetail tentang video tersebut.

4. Latest Comments

Bagian komentar terbaru menampilkan komentar terbaru yang muncul di saluran YouTube Anda untuk setiap video. Anda dapat langsung memeriksa bagian komentar yang tidak Anda balas langsung dari panel ini. Tetapi Anda harus ingat untuk membalas setiap komentar satu per satu.
Menu tampilan lebih banyak di bagian ini dapat membawa Anda ke kumpulan komentar dan sebutan yang diterima saluran Anda. Kemudian Anda juga dapat melihat komentar yang tidak boleh ditampilkan karena dapat dianggap sebagai spam atau tidak pantas.

5. Latest Pos

Jika Anda mengunjungi saluran YouTube dan kemudian mengklik panel “Komunitas”, Anda dapat menemukan beberapa pos tentang saluran YouTube tersebut. Konten yang diunggah ke komunitas dapat dikelola di bagian Postingan Terbaru.
Di area ini Anda juga dapat mengatur penjadwalan konten, mis. B. Foto atau video untuk menyajikan konten teaser, serta polling yang dapat membantu pemungutan suara oleh pelanggan Anda.

Baca Juga :  6 Plugin Keamanan WordPress Terbaik 2020

Inilah youtube dashboard,pengertian dan cara penggunaanya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga Artikel Berikut : Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi