fbpx

4 Tahapan untuk Memulai Karir Affiliate Marketing

Anda mungkin pernah membaca cerita pemilik website atau yang sukses menghasilkan jutaan rupiah secara . Terlepas dari ragam cara meng-uang-kan website, salah satu cara yang paling efektif adalah menjadi pemasar . Anda tertarik untuk mencoba ini?

Apa Saja yang Perlu Anda Lakukan untuk Merintis Karir Affiliate Marketing Ini?

Pada dasarnya apa yang dilakukan oleh pemasar afiliasi/karir affiliate marketing adalah menjualkan produk atau layanan milik orang lain di website Anda atau di akun sosial Anda, untuk mendapatkan komisi atas tersebut.

Jumlah penggiat affiliate marketing pun semakin bertambah seiring potensinya yang sudah banyak diketahui orang. Nah berikut ini 4 tahapan yang perlu Anda lakukan untuk mengawali karir affiliate marketing sekarang juga.

Jadi tahapan yang perlu Anda lalui untuk menjadi karir affiliate marketing standar adalah memilih niche, membangun website, bergabung ke program afiliasi lalu cari dan tingkatkan audiens Anda. Berikut penjelasannya:

1. Memilih Sebuah Niche

Tentunya Anda tidak ingin dikenal sebagai pemasar yang tidak kredibel karena menawarkan banyak barang sekaligus. Oleh karena itu, Anda perlu menentukan niche kemudian fokus mengembangkan konten pada satu bahasan khusus saja. Anda bisa memilih niche berdasarkan hal yang Anda sukai, hal yang Anda pahami atau lainnya.

2. Membangun Website

Memang pemasaran afiliasi bisa dijalankan melalui akun media sosial. Namun jika tidak didukung website, maka Anda melewatkan sesuatu yang sangat powerful. Website menjadi tempat khusus bagi audiens yang sekaligus meningkatkan peluang penjualan. Pastikan Anda menggunakan terpercaya untuk memiliki website dengan kinerja maksimal.

Baca Juga :  Membuat Server untuk Ujian Online Dengan VPS

3. Bergabung dengan Program Afiliasi

Ada banyak jenis program afiliasi yang bisa Anda ikuti sekaligus sesuai niche dan preferensi. Sebelum mulai mengumpulkan informasi dan mempelajari setiap program relevan yang ada, Anda bisa membuat daftar perhatian tentang:

  • Kredibilitas Anda akan dinilai oleh pemilik program
  • Komisi afiliasi bisa berbeda antar program, yang sejenis sekalipun
  • Penghasilan Anda bergantung pada pencapaian promosi Anda yang berujung pada penjualan

4. Temukan dan tingkatkan audiens

Tanpa audiens atau pengunjung website dan sosial media, maka program afiliasi yang Anda ikuti bisa berujung sia-sia. Oleh karena itu, Anda harus bisa menemukan dimana target Anda berada, menarik perhatian mereka dan menjaga mereka tetap bersama Anda dari waktu ke waktu.

Baca Juga : Langkah – Langkah Affiliate Marketing

Dengan kata lain, Anda pun harus lebih eksist di media sosial, di blog maupun di website untuk membuktikan kehadiran Anda.

Hal yang bisa Anda lakukan antara lain:

  • Anda bisa menemukan dan meningkatkan pengikut dari media sosial seperti dan TikTok.
  • Mengunggah postingan relevan dan bermanfaat secara konsisten sesuai kalender editorial
  • Konten yang berkualitas yang menarik, disukai dan memang dibutuhkan oleh audiens

Seiring waktu, penjualan afiliasi Anda akan terus bertambah. Hal ini karena jumlah audiens yang terus bertambah dari koleksi konten berkualitas tinggi. Anda akan berubah menjadi pemasar profesional yang bahkan dicari oleh -brand terkemuka untuk membantu memasarkan produk dan layanan mereka.

Kesimpulan

Harus diakui bahwa karir affiliate marketing tidak bisa dibangun secara instan. Setiap orang harus melalui tahapan-tahapan yang kemudian membuktikan kualitas mereka. Keempat tahapan di atas, mungkin terkesan begitu sederhana saja. Namun tanpa niat kuat dan konsistensi, menjadi pemasar afiliasi pun jadi lebih sulit untuk dicapai dibanding kelihatannya.

Baca Juga :  Inilah Jenis Layanan Hosting yang Wajib Kalian Tahu!