fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Tips & TrikAffiliateBusiness

Tips Berjualan Di Shopee Agar Dagangan Laku Keras

Yanti puspita

Apakah kamu ingin memulai bisnis online di aplikasi shopee? Atau mungkin sudah lama berbisnis dan ingin meningkatkan penjualan di Shopee?

Nah, bagi kamu yang masih bingung bagaimana tips berjualan di shopee agar laris itu artinya kamu saat ini berada si situasi yang tepat. Di bawah ini akan kami jabarkan beberapa tips berjualan di shopee yang bisa kamu coba.

Daftar Tips Berjualan Di Shopee Agar Laku Keras

Memiliki toko online tidak hanya sebatas membuat akun toko saja, namun kamu juga perlu membuat strategi untuk bisnis yang kamu kelola. Bagi kamu yang baru ingin berjualan di shopee, atau mungkin sudah mempunyai toko namun ingin berjualan bagus, kamu bisa mengikuti tips berjualan di shopee.

Mungkin ada beberapa hal yang kamu lewatkan saat mengelola toko online di pasar tunggal ini sehingga toko online mu tidak menarik perhatian para pelanggan. Berikut beberapa tips berjualan di Shopee yang bisa kamu terapkan pada toko online yang kamu kelola.

Tetapkan SKU Produk

Hal pertama yang perlu kamu persiapkan adalah mengatur SKU produknya. Karena dengan SKU ini diharapkan dapat mempermudah pengelolaan bisnis sehingga dapat dilakukan dengan semudah mungkin.

Misalnya kamu menjual sepatu Adidas yang tersedia dalam berbagai warna dan ukuran, kamu bisa menulis SKU seperti ADIDASBLACK-39. Sehingga nantinya bisa membantu kelancaran usaha mulai dari gudang hingga ke tangan pelanggan.

Lakukan Riset Kata Kunci Produk

Selanjutnya kamu perlu melakukan riset kata kunci produk. Semakin besar produk muncul di bagian atas pencarian, semakin tinggi kemungkinan penjualannya. Tahukah kamu bahwa di pasaran, produk yang muncul pertama kali di kolom pencarian adalah produk yang penjualannya banyak atau di iklankan.

Namun tidak hanya dua hal tersebut saja, kamu juga perku mengetahui faktor-faktor yang menentukan produkmu berada di urutan teratas pencarian pelanggan, cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menerapkan SEO Marketplace.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan riset kata kunci di Shopee terlebih dahulu atau bisa menggunakan tools gratis atau berbayar. Dengan melakukan riset kata kunci, kamu bisa mengetahui produk apa saja yang sedang diminati dan diinginkan pembeli. Atau kamu juga bisa melihat penggunaan nama produk dari toko kompetitor sehingga kamu bisa melakukan ATM atau amati tiru dan modifikasi.

Tambahkan Foto dan Video Produk

Tips berjualan di shopee selanjutnya adalah menambahkan foto dan video produk agar calon konsumen dapat memahami seperti apa produk yang kamu jual. Terlebih lagi, pelanggan yang membeli barang secara online tidak dapat melihat tampilan asli dari produk yang ingin dibelinya.

Oleh karena itu, penting untuk menyertakan gambar produk di toko onlinemu untuk meyakinkan mereka agar membeli produkmu. Namun seringkali para pengusaha menghadapi kendala saat mengunggah produknya ke marketplace dan toko online lainnya, apalagi jika jumlah produknya banyak.

Oleh karena itu, bermunculan berbagai platform yang bisa digunakan untuk mengunggah produk secara massal ke seluruh saluran penjualan online. Karena sebelumnya kamu harus memasukkan foto produk satu per satu dengan membuka setiap toko pasar, kini kamu hanya membutuhkan satu dashboard dan kamu bisa mengunggah semua produk sekaligus dan salah satu platformnya ada di sini.

Tambahkan Deskripsi Produk

Tips berjualan di shopee ini tidak lepas dari upload produk yaitu menambahkan deskripsi produk. Terkadang masih ada toko online yang melewatkan komponen ini, padahal deskripsi produk sangatlah penting. Pada bagian deskripsi produk, kamu harus memastikan bahwa kamu telah menuliskan seluruh informasi tentang barang yang kamu jual, kelebihannya, bahan-bahannya, dan cara penggunaan produk tersebut.

Kemudian, jika produkmu menawarkan beberapa variasi warna atau ukuran, kamu bisa menambahkannya ke deskripsi barang agar calon pembeli memiliki gambaran tentang produk dari bisnismu.

Atur Kesediaan Stok Barang

Ketersediaan stok merupakan hal yang penting bagi bisnis, baik untuk penjualan online maupun toko offline. Bayangkan saja, jika ada pelanggan yang ingin membeli produkmu namun ternyata stoknya habis, pasti mereka akan memilih toko lain bukan?

Oleh karena itu, tips berjualan di Shopee yang patut kamu perhatikan adalah mengelola inventaris. Tentu saja masalah stok ini penting, apalagi jika kamu memiliki banyak toko di hampir semua pasar.

Ketika ada penjualan di salah satu toko pasar, kamu harus pergi ke toko lain secara manual untuk menghindari kelebihan dan jumlah barang fisik sama dengan online. Jika kamu mengubahnya secara manual akan sulit dan memakan waktu, apalagi jika kamu salah memasukkan data stok.

Oleh karena itu diperlukan suatu sistem yang menyediakan fitur sinkronisasi stok agar ketika ada penjualan di satu toko otomatis berkurang di toko lainnya. Tujuannya adalah untuk menjaga inventaris kamu dan menjadikan pengelolaan operasional bisnis lebih praktis dan efisien.

Proses Pemesanan Cepat

Pernahkah kamu bertanya, “Kapan produk akan dikirimkan?” Tahukah kamu, bahwa kecepatan proses pemesanan juga menjadi salah satu faktor penting agar pelanggan merasa nyaman dan membeli secara berulang di tokomu. Jika bisnis kamu memproses pesanan dengan lambat, mereka mungkin akan memilih toko online lain untuk membeli produk, karena pengalaman berbelanja yang diberikan buruk.

Jadi kedepannya akan mempengaruhi tingkat penjualan kamu lho. Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu bisa memproses pesanan dengan cepat agar mereka mau membeli barang di tokomu lagi.

Bergabunglah dengan Kampanye Shopee Sebagai Promosi

Tips berjualan di shopee yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan mengikuti kampanye shopee. Cara mempromosikan tokomu adalah dengan menawarkan diskon atau mengikuti program gratis ongkir dari Shopee.

Tak hanya itu, untuk menarik pelanggan agar membeli produk, sebaiknya kamu juga menawarkan promosi lain, misalnya menjual product bundle. Kamu juga bisa menggabungkan produk yang paling banyak dibeli dengan item yang kurang diminati pelanggan sebagai bonus tambahan.

Metode Pengiriman yang Berbeda

Jika seorang pelanggan ingin membeli sesuatu, umumnya tidak ada faktor produk dan harga. Mereka juga melihat toko online menyediakan banyak cara untuk mengirimkan barangnya. Jadi, mereka bisa bebas memilih jika ingin menggunakan jasa pengiriman ini. Selain itu, kini ada pengiriman reguler, instan atau kurir. Jadi jika kamu membutuhkan sesuatu yang cepat, kamu bisa menggunakan pengiriman same day atau express.

Pastikan Kamu Segera Membalas Chat Pelanggan

Tahukah kamu bahwa pelanggan hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk memutuskan apakah akan membeli suatu produk atau tidak? Nah, ternyata 5 menit pertama yang dihabiskan pelanggan untuk berbicara denganmu itulah yang membuat mereka memutuskan untuk membeli produk.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu membalas percakapan tersebut secepatnya agar tidak perlu menunggu lama. Apalagi jika mereka bertanya tentang produk. Sayangnya masih banyak orang yang kurang memperhatikan, mungkin karena lupa menjawab atau tidak menjawab secara urut.

Nah, jika hal ini masih terjadi, tandanya kamu memerlukan aplikasi untuk membalas chat pelanggan atau bertukar chat. Dengan menggunakan chat trading kamu bisa menjawab semua chat pelanggan dari pasar yang berbeda melalui satu dashboard.

Nah itulah beberapa tips berjualan di shopee yang bisa kamu ikuti agar produk dari bisnis yang kamu jalankan laku keras dan banyak di minati oleh para pelanggan.

Baca Juga