Apakah Website Membutuhkan SSL? Temukan Jawabannya Disini!

Apakah Website Membutuhkan SSL? Temukan Jawabannya Disini!

Apakah website membutuhkan SSL? Nah Bizzie, kali ini DewaBiz akan membahas lebih jauh mengenai SSL. Apakah SSL ini benar-benar dibutuhkan website atau tidak? Bagaimana jika website tidak dipasangi SSL? Semua jawabannya akan Anda temukan di sini!

Saat pertama kali membuat website, Anda berusaha semaksimalkan mungkin membuat website agar terlihat sempurna. Awalnya Anda sudah sangat optimis. Namun tiba-tiba, ada teman Anda bilang “bro kok website-nya gak pakai SSL?”

Lalu Anda mulai Googling dan menemukan bahwa website yang tidak menggunakan SSL terindikasi sebagai website yang tidak aman. Akhirnya Anda mengetahui pula bahwa jika tidak terdapat ikon gembok berwarna hijau disamping URL, maka website terindikasi tidak memiliki SSL. Jadi apa sih SSL itu? Apakah website benar-benar membutuhkan SSL? Bagaimana kita bisa tahu bahwa SSL itu berfungsi? Temukan jawabannya di bawah ini ya!

 

Apa Itu SSL dan Apakah Website Membutuhkan SSL?

Jadi entitas pertama yang mesti Anda ketahui yaitu SSL, betul? Nah terlepas apakah website membutuhkan SSL atau tidak, Anda tentunya mesti paham dulu apa itu SSL. SSL pada dasarnya merupakan akronim dari Secure Sockets Layer. Jadi SSL ini merupakan sistem keamanan untuk file-file privat, baik itu informasi, produk, akses, maupun layanan.

Nah SSL ini tak hanya berguna untuk pemilik website, namun juga visitor. Ya, dengan adanya ikon gembok hijau, maka visitor jadi yakin bahwa website tersebut aman untuk diakses.

Baca juga: Cara Pasang SSL Certificate Gratis

Jadi pendek kata, dengan menambahkan SSL, maka website jadi lebih aman dari sisi pemilik maupun visitor. Ilustrasinya seperti ini, bayangkan pada malam hari Anda naik motor tanpa helm. Maka penglihatan Anda jadi terganggu karena terkena debu, serangga, atau bahkan ranting pohon.

Nah helm ini tak ubahnya SSL. SSL ini dapat memproteksi website Anda (beserta visitor Anda) dari berbagai bug dan gangguan yang ada di internet.

Perlu Bizzie ketahui pula, sistem keamanan itu levelnya setara dengan desain website. Mengapa? Karena jika sudah diretas, maka Anda pasti gigit jari dibuatnya. Selain itu, hacker tidak pernah pandang bulu. Mau itu website kecil ataupun besar, keduanya bisa jadi sasaran.

Malahan bagi Anda yang punya website e-commerce, kemungkinan website diretas sangatlah besar. Hal tersebut karena hacker menyasar berbagai info kartu kredit dan data penjualan didalamnya.

Para hacker atau spammer cuma punya satu tujuan yaitu menemukan celah sistem keamanan website. Jadi jika SSL saja tidak dipasang, maka ya sudah jangan sedih kalau tiba-tiba website Anda dibombardir oleh hacker dan spammer.

 

Apa Yang Bisa Dilakukan SSL?

Apakah website membutuhkan SSL dan bagaimana cara kerjanya? Nah perlu Bizzie ketahui nih, fungsi SSL ini yaitu menciptakan dan mengenkripsi koneksi antara server dengan visitor. Saat visitor mengakses website Anda, maka server dan browser akan saling terkoneksi berdasarkan protokol.

Baca juga: SSL Certificate

Sistem ini disebut juga dengan ‘handshake’. Ya sistem ping-pong antara server dan browser ini ibarat berjabat tangan. Umumnya koneksi antara browser dan server ini berjalan sebanyak 5 kali dalam sekali akses website. Nah proses handshake ini berjalan dibalik layar, jadi tidak mengganggu pengalaman browsing ataupun shopping pengguna.

 

Apakah Website Membutuhkan SSL?

Jika Anda masih ragu untuk memasang SSL di website, maka ketahuilah bahwa Google menandai website yang tidak menggunakan sertifikat SSL sebagai website yang tidak aman untuk diakses. SSL merupakan bagian tak terpisahkan dari sistem keamanan website global. Namun jika Anda masih ragu, coba cek beberapa kegunaan SSL berikut ini!

  • Memproteksi Akses Login

Alasan utama mengapa Bizzie mesti meng-install SSL yaitu agar halaman-halaman website yang paling privat bisa terproteksi. Apapun CMS yang Anda pasang, baik itu WordPress, Joomla, atau Drupal, mesti diberi akses login khusus. Selain itu, SSL memberikan beberapa layer akses login untuk halaman-halaman yang paling privat, bahkan jika itu merupakan halaman membership.

Proteksi halaman-halaman website ini sangatlah penting karena banyaknya bot-bot yang digunakan untuk menyerang akses halaman-halaman website. Jangan sampai ketika Anda log in, ternyata Anda menemukan halaman yang ter-deface atau terhapus.

  • Menerima Pembayaran Dengan Aman

Apakah Anda ingin membuat website e-commerce dengan sistem pembayaran kartu kredit? Jika iya, maka website e-commerce wajib memasang SSL. Mengapa? Karena kebanyakan penjual (untuk marketplace) hanya mau apply toko di website yang sudah terpasang SSL. Selain itu pembeli juga berpikir beribu-ribu kali sebelum  membeli barang di website tanpa ikon SSL. Jadi selain meningkatkan keamanan, sertifikat SSL ini juga dapat meningkatkan trust publik.

  • Mengamankan Informasi-informasi Penting

Tak hanya kartu kredit, website juga menyimpan informasi-informasi penting. Misalnya seperti database konsumen, database penjualan, akses password dan username, dan lainnya. Tanpa SSL, semua informasi penting tersebut dapat dengan mudah diakses, bahkan jika Anda menyembunyikan halaman-halaman tersebut. Jadi jika Anda tidak ingin info-info penting dicuri hacker, maka segeralah memasang SSL di website Anda.

 

Kesimpulan

Jadi jika Anda bertanya apakah website membutuhkan SSL? Sesuai dengan pembahasan di atas, jawabannya sudah pasti sangat dibutuhkan. Tanpa SSL, maka tamatlah riwayat website Anda! Website Anda jadi rentan diserang hacker dan spammer. Belum lagi, Anda sudah pasti kehilangan visitor karena visitor malas masuk kedalam website yang tidak dipasangi SSL.

Jadi sudah yakin membeli sertifikat SSL? Jika ya, maka segera hubungi DewaBiz! DewaBiz menjual sertifikat SSL valid. SSL yang ditawarkan DewaBiz merupakan SSL yang paling kuat di pasaran. Ya betul sekali, Anda bisa mendapatkan SSL enkripsi SHA-2 dan 2048-bit

 

 

Related Posts