fbpx

Kekurangan Menggunakan Layanan Hosting Gratis

Kalau ditawarkan sesuatu secara gratis siapa sih yang tidak mau? Pasti semua mau dan tak akan menolaknya. Ada beberapa perusahaan yang menawarkan layanan gratis kepada para pelanggannya, termasuk salah satunya penyedia . Meski bisa digunakan secara gratis, tentunya ada beberapa kekurangan yang akan didapatkan.

Pentingnya Hosting untuk Website

Sebelum membahas beberapa kekurangan gratis, ada baiknya untuk mengulas apa saja pentingnya hosting untuk keberlangsungan Anda. Ketika akan membangun blog atau website, tentu Anda harus mengetahui beberapa hal penting, seperti salah satunya hosting dan domain. Layanan hosting ini diibaratkan rumah untuk website Anda.

Hosting merupakan tempat untuk menyimpan file atau website sehingga bisa diakses melalui . Data ini bisa berupa gambar, file, email, program atau script, database, dan lain sebagainya. Dikarenakan hosting ini sangat penting, banyak penyedia layanan yang muncul dan menawarkan produk mereka. Banyak diantara perusahaan yang menawarkan layanan gratis untuk memperoleh lebih banyak, khususnya untuk anda yang pemula dan baru merintis website.

Kekurangan Menggunakan Layanan Hosting Gratis

Meskipun mendapatkan layanan gratis, Anda mungkin akan terhambat jika terus menerus menggunakan versi tidak berbayar ini. Ada banyak kekurangan yang mungkin anda dapatkan selama menggunakanya. Apa saja kekurangannya? Berikut ini informasinya:

1. Kapasitas Hosting yang Terbatas

Adanya space hosting yang jumlahnya terbatas membuat Anda sebagai pemilik website tidak bisa membuat banyak konten. Padahal, konten ini menjadi komponen terpenting dari sebuah website untuk meningkatkan traffic. Seperti contohnya, Anda mendapatkan disk space sebar 500 mb, maka jika space tersebut telah terisi penuh, maka Bizzie tidak bisa lagi melakukan penginputan data di website.

Baca Juga :  9 Istilah dalam Web Hosting yang Wajib Diketahui

Terlebih jika blog yang dimiliki memiliki yang tinggi dengan komentar rata-rata jumlahnya banyak. Pasti dibutuhkan kapasitas yang lebih besar agar loading website bisa lebih cepat dan membuat respon dari pelanggan tidak memburuk.

2. Keamanan Data Tidak Begitu Terjamin

Selain kapasitas hosting yang terbatas, keamanan data Anda sebagai pemilik website yang menggunakan layanan hosting gratis tidak begitu terjamin. Meskipun Bizzie sudah membuat website sedemikian rupa menariknya, memiliki file website dan visitor  yang lumayan, data hilang bisa saja terjadi tiba-tiba. Ini adalah pengalaman banyak orang yang sudah lebih dulu menggunakan layanan gratis hosting ini.

3. Support yang Minim dari Penyedia Layanan

Sebagai penyedia layanan tentu akan mengerahkan segala sumber dayanya pada pelanggan yang membayar produk mereka dengan semestinya. Jika Anda menggunakan layanan hosting secara gratis, selain kapasitas kecil dan kemana data yang tak terjaim, support yang diberikan juga sangatlah minim.

Meskipun semua layanan memiliki customer service, namun untuk layanan gratis biasanya memakan waktu yang lama untuk bisa mendapatkan respon. Berbeda dengan paket premium di mana CS akan cepat dalam merespon dan membantu pengguna menyelesaikan permasalahan yang dialaminya selama layanan ini berlangsung.

Baca Juga : Perbedaan Shared Hosting dan Dedicated Server, Pemula Wajib Tahu

4. Ada Fitur yang Dihilangkan

Kekurangan lain layanan hosting gratis adalah adanya fitur yang sangat mungkin untuk dihilangkan. Jika fitur yang ditawarkan dari layanan berbayar dan gratisan sama, maka semua orang pasti akan memilih yang gratisan saja. Namun, pada kenyataannya tidaklah demikian. Paket layanan berbayar tentu lebih premium dari segi pelayanan dan fitur yang diberikan.

5. Server Cenderung Labil

Sebagai layanan dengan gratis pasti banyak diakses oleh banyak orang secara bersamaan. Jika sudah begitu, server akan menjadi labil bahkan sering mengalami down. Ini akan sangat berdampak pada kelancaran website anda, terlebih lagi jika website bisnis , pasti akan sangat merugikan Anda sebagai pengguna.

Baca Juga :  Perbedaan VPS dan Hosting, Mana yang Lebih Unggul?

Meskipun layanan premium pun terkadang mengalami down, apa kabar dengan layanan gratis? Untuk itu, disarankan  tidak secara berkelanjutan menggunakan layanan gratis karena akan sangat berdampak pada jumlah pengunjung website. Apalagi jika website yang dikelola berkaitan dengan bisnis. Istilahnya, membayar lebih untuk mendapatkan keuntungan lebih baik.

6. Munculnya Iklan di Website

Selain keamanan yang kurang, iklan bisa muncul tiba-tiba dan tentu ini akan sangat mengganggu aktivitas visitor yang mencari informasi pada website Anda. Seperti contohnya, pemilik website memasang 4 iklan lalu penyedia hosting gratisan menyisipkan lagi 3 iklan, maka bisa dipastikan website layaknya sarang iklan. Sangat mengganggu bukan jika demikian?

Pengguna layanan hosting gratis pada umumnya tidak memiliki kendali penuh terhadap website. Penyedia layanan bisa bebas memasang iklan, baik milik mereka ataupun pihak ketiga sebagai imbalan dari layanan gratis yang mereka sediakan. Hal ini cukup mengganggu sebenarnya, terlebih lagi jika iklan yang muncul tidak sepantasnya ada dalam website Anda.

7. Kualitas Nama Domain Berbeda

Dibandingkan yang berbayar, Anda yang menggunakan layanan hosting gratis tidak bisa mendapat ekstensi domain seperti com dan co.id. sebab kedua domain ini bisa didapatkan jika membayar paket layanan berbayar. Visitor juga akan mudah mendeteksi website yang anda gunakan merupakan gratisan. Tentu ini bisa menurunkan impression mereka terhadap konten juga blog Anda.

Itulah mengapa, layanan hosting gratis kurang cocok digunakan untuk website bisnis Keren bisa menurunkan citra perusahaan dan bisa menurunkan benefit. Terlebih lagi, akan ragu terhadap Anda karena websitenya saja sudah meragukan, apa kabar produk yang diperdagangkan?

Itulah 7 kekurangan menggunakan layanan  hosting garis. Ada banyak lagi kekurangan yang Anda dapatkan jika menggunakannya. Jika ingin website dengan performa yang prima, memang dibutuhkan pengorbanan dari segi materi agar bisa memberikan pelayanan yang baik.

Baca Juga : Cara Kerja Web Hosting untuk Optimalkan Website Bisnis Anda